Ada noda di lantai kayu, inilah cara membersihkan lantai kayu

Cara membersihkan lantai kayu


Ada beberapa tips yang akan saya sampaikan cara membersihkan noda pada lantai kayu, karena hal ini sangat penting untuk menjaga kebersihan dan keawetan lantai kayu.
jangan sampai anda membiarkan kotoran atau noda sisa makanan. apabila anda membiarkannya begitu saja, saya yakin lantai kayu akan cepat rusak.

Sangat sayang jika anda tidak peduli terhadap kebersihan, melihat harga lantai kayu yang lumayan mahal. setiap tahunnya lantai kayu selalu mengalami kenaikan harga, disebabkan karena semakin tingginya permintaan namun semakin berkurangnya bahan kayu yang menjadi bahan utama.

Cara membersihkan lantai kayu memang sedikit berbeda dari cara membersihkan noda pada lantai keramik, diperlukan perlakuan khusus. sehingga setelah anda tahu cara membersihkannya diharapkan agar anda mau melaksanakannya.

Bersihkan lantai kayu dengan vacum cleaner


Jika anda memiliki alat penghisap debu, otomatis cara membersihkan debu sangat cepat. dan anda akan sangat menghemat waktu.
karena membersihkan debu pada lantai kayu bagusnya sampai tiga kali dalam sehari, kalau anda menggunakan alat sapu. rasanya anda akan sangat males, karena dengan disapu membutuhkan waktu dan akan membuat anda cape.

Tujuan membersihkan debu tiga kali sehari, agar kotoran atau debu benar-benar bersih. sehingga debu tersebut tidak menjadi noda yang membandel.

Bahan-bahan yang bisa dijadikan untuk membersihkan lantai kayu

  • Cuka
Cuka atau acid yang biasa di jual di warung-warung bisa anda gunakan untuk membersihkan noda pada lantai. cuka memiliki jat asam yang kuat sehingga mampu membersihkan noda membandel.
caranya siapkan wadah yang telah di isi dengan air, kemudian campurkan cuka ke dalam ait tersebut. namun takarannya harus lebih banyak air dibandingkan dengan air cuka, apabila cuka yang berlebihan mampu merusak permukaan lantai
  • Baking soda
Baking soda yang biasa digunakan untuk mengembangkan adonan kue seperti martabak, mampu juga membersihkan noda membandel. caranya cukup taburkan baking soda pada lantai yang ada nodanya, kemudian lap dengan lap yang sedikit lembab.
baking soda mampu membersihkan noda yang berminyak dan bergaris pada permukaan lantai
  • Teh
Teh yang biasa kita minum mampu juga membersihkan debu yang telah menempel lama pada permukaan lantai. teh memiliki jat yang agak keset sehingga bisa anda gunakan untk membersihkan lantai kayu. caranya sangat mudah sekali, anda cukup menyeduh teh  tersebut dengan air panas, kemudian biarkan dulu agar dingin, kemudian celupkanlah lap kering. lalu gosokan pada lantai.
  • Olive oil
Sebagian orang menyangka, bahwa membersihkan noda berminyak atau debu yang membandel dengan olive oil akan membuat noda semakin parah. padahal jika olive oil ini digunakan hasilnya akan sangat bagus dan mengkilap seperti baru lagi.
caranya olive oil harus dicampurkan dengan air cuka terlebih dahulu, sebelum digosok pada permukaan lantai.

Hal-hal yang harus di hindari, agar lantai kayu tetap bersih dan mengkilap


Lantai kayu perawatannya memang harus diperhatikan, agar lantai tersebut selalu bersih dari garis-garis dan tetap mengkilap. cara merawatnya harus dengan penuh kesabaran dan ketelitian.
berikut cara perawatannya.

  1. Jangan disiram dengan air atau di pel dengan lap yang basah
  2. Jangan menggeser furniture
  3. Harus di jauhkan dari benda-benda tajam
Lantai kayu terbuat dari kayu asli, sehingga sangat sensitif terhadap air. jika anda mau membersikannya gunakanlah kain pel yang lembap saja. jangan sampai anda menyiramnya seperti perlakuan pada lantai keramik.

Disaat memindahkan furniture seperti sofa, meja, atau lemari. sebaiknya di angkat atau di gotong saja, jangan sampai di tarik. karena akan merusak permukaan lantai. bahkan akan menimbulkan garis bekas benturan furniture dengan lantai kayu.

Ketika benda-benda tajam seperti pisau, garpu, dll. harus di jauhkan dari permukaan lantai. hal ini dapat merusak warna dan kayu tersebut. jangan sampai benda tajam ini menggoreskan pada permukaan lantai seperti penggoresan menarik furniture.

Mungkin hanya ini saja yang bisa saya jelaskan seputar lantai kayu, untuk informasi jual lantai kayu dan cara perawatannya secara lengkap. anda bisa hubungi marketing kami

samudra
0811 244 042

Berlangganan via Email