Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Bagaimana Sih Cara Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar?

cara mengusir kelabang

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kelabang merupakan salah satu jenis hewan berukuran kecil yang banyak ditakuti oleh orang-orang. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat kelabang tampil dengan wujud yang begitu menyeramkan.

Disamping wujudnya yang menyeramkan, ternyata gigitan kelabang  juga bisa memicu infeksi dan berbagai gejala lainnya lho. Pada umunya, kelabang itu sendiri kerap muncul di area-area rumah yang tampak kotor dan tidak terawat.

Terlebih jika kelabang tersebut sering mondar-mandir di atas langit-langit kamarmu, yang tentu saja akan sangat membahayakan keselamatanmu. Sebab, kelabang memiliki kandungan racun yang dapat menimbulkan efek samping.

Sejatinya kelabang ini bukanlah termasuk jenis serangga yang agresif terhadap manusia. Kendati demikian, ia akan menggigit ketika dirinya merasa terancam.

Efek Samping / Gejala Setelah Digigit Kelabang

Tingkat rasa sakit yang akan kita alami dari seekor kelabang itu tergantug dari seberapa besar ukuran tubuhnya. Ya, semakin besar ukuran tubuh si kelabang tersebut, maka akan semakin sakit pula gigitan darinya.

Tak hanya dari segi ukuran kelabangnya saja, tingkat rasa sakitnya juga sangat bervariasi dan tergantung pada seberapa banyak jumlah yang masuk pada tubuh kita. Menurut kabar yang beredar, kelabang dengan ukuran kecil biasanya hanya mengeluarkan sedikit racun.

Baca Juga : Cara Alami Basmi Rayap Pada Kayu Parket

Lain halnya dengan kelabang yang berukuran besar, dimana ia mampu memproduksi racun dalam jumlah besar. Alhasil, gigitannya akan terasa lebih sakit dan intens. Selain rasa sakit, gigitan kelabang juga akan menimbulkan beberapa gejala lainnya seperti berikut :

  • Demam
  • Mual
  • Terjadi pembengkakan pada area gigitan
  • Terjadi pembengkakan kelenjar getah bening
  • Jantung berdebar
  • Gatal-gatal

Jika kamu tergigit oleh kelabang, maka segera kompres hangat area tubuh yang digigit. Ya, hal ini bertujuan untuk mematikan racun kelabang yang masuk di dalam tubuh. Selain kompres hangat, kamu juga bisa meletakkan kompres dingin pada area tubuh yang digigit kelabang, untuk mencegah terjadinya pembengkakan.

Atau, cara pengobatannya bisa dengan mengonsumsi obat-obatan untuk meredakan rasa nyeri, reaksi alergi hingga peradangan. Terlepas dari tindakan pengobatan, tentunya kamu juga harus mengetahui bagaimana cara mengusir kelabang tersebut dari rumah.

Tips Mengusir Kelabang di Langit-langi Kamar Secara Alami

1. Menggunakan Daun Pandan

menggunakan daun pandan

Cara alami pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang di langit-langit kamar, yakni dengan menggunakan daun pandan. Biasanya daun pandan kerap digunakan sebagai bahan pelengkap untuk berbagai jenis kuliner manis seperti bolu, cake, kolak, dan lain sebagainya.

Pasalya daun pandan memiliki aroma harum yang begitu menggugah selera makan. Namun, aroma harum daun pandan ini sangat tidak disukai oleh kelabang.

Mengenai cara mengusirnya, siapkan beberapa helai daun pandan, tumbuk sampai halus, lalu oleskan pada area langit-langit kamarmu. Hasilnya, kamu tidak akan menemukan lagi satu ekor pun kelabang yang jalan-jalan di langit-langit kamar.

Baca Juga : Inilah 4 Keunggulan Plafon Kayu yang Jarang Diketahui

2. Menggunakan Air Cabai Rawit

menggunakan air cabai

Cabai rawit mempunyai aroma menyengat yang tidak disukai oleh kelabang. Disamping itu, bahkan cabai rawit juga bisa menimbulkan sensasi panas yang dijamin akan membuat si kelabang tersungkur.

Kita langsung saja ke cara pengerjaannya, siapkan beberapa buah cabai rawit kemudian tumbuk sampai hancur. Setelah itu masukan kedalam botol spray, beri air secukupnya, lalu semprotkan langsung pada si kelabang.

Saat proses penyemprotan, sebaiknya kamu juga menggunakan kaca mata agar percikan air cabai tersebut tidak terkena mata.

3. Menggunakan Merica Bubuk

menggunakan merica bubuk

Tak berbeda jauh dengan cabai rawit, merica bubuk juga sangat ditakuti oleh kelabang dan jenis hama serangga lainnya karena bisa menimbulkan sensasi panas. Untuk caranya, siapkan merica bubuk secukupnya, masukan kedalam botol spray, lalu beri air.

Setelah itu, kamu hanya tinggal menyemprotkannya langsung ke arah si kelabang. Agar lebih efektif lagi, semprokan juga cairan merica bubuk tersebut pada area-area yang memang menjadi sarangnya kelabang. Apabila si kelabang sering muncul di area lantai, kamu hanya tinggal menaburkan merica bubuk tersebut tanpa tambahan air.

4. Menggunakan Perangkap Lem

menggunakan perangkap lem

Sama seperti menjebak seekor tikus, yang mana kamu juga bisa menjebak seekor kelabang di langit-langit kamar dengan menggunakan perangkap lem. Terdapat berbagai jenis lem perangkap yang tersedia dipasaran, mulai dari bentuk lembaran kertas, pasta, gel, dan lain sebagainya.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih jenis lem yang berupa gel atau pasta. Mengenai caranya, siapkan beberapa lembar kertas yang telah diberi lem perangkap, lalu tempatkan pada area langit-langit kamar. Jika sudah ada beberapa ekor kelabang yang terjebak, segera buang dan buat lagi perangkap yang baru.

5. Menyiram Kelabang Dengan Air Panas

menggunakan air panas

Tips alami berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang dari langit-langit kamar, yakni dengan menyiraminya menggunakan air panas. Cara pun sangatlah simple, yang mana kamu hanya tinggal memasukan air panas secukupnya ke dalam botol spray.

Jika sudah demikian, silahkan semprotkan air panas tersebut tepat ke arah kelabang tersebut. Namun perlu diingat, posisi kamu tidak boleh sejajar dengan kelabangnya saat proses penyemprotan.

Pasalnya, si kelabang akan langsung jatuh saat kamu semprot dengan air panas tadi. Jika posisimu sejajar dengannya, secara otomatis kelabang ini akan menimpa kepala atau wajahmu!

Artikel Menarik Lainnya : Referensi Dekorasi Kamar Tidur Sederhana dan Minimalis

6. Gunakan Kapur Anti Serangga

menggunakan kapur anti serangga

Tentunya sangat mudah bagi kamu untuk menjumpai produk yang satu ini dipasaran, baik di warung, minimarket, bahkan di toko online. Harga yang ditawarkannya pun relatif terjangkau, yang tentu saja dapat dijangkau oleh isi dompetmu.

Setelah kamu membeli kapur anti serangga tersebut, silahkan coretkan pada area langit-langit yang memang sering dilalui oleh si kelabang. Dengan begitu, maka si kelabang tidak akan langsung tepar saat melintasi area-area yang telah diberi garis-garis kapur tersebut.

Dengan begitu, maka ia tidak akan berani lagi untuk hinggap di area langit-langit kamarmu. Setelah selesai menggunakan kapurnya, kamu jangan sampai lupa untuk mencuci tangan dengan air dan sabun sampai bersih.

7. Gunakan Kapur Barus

menggunakan kapur barus

Selain kapur anti serangga, kamu juga bisa menggunakan kapur barus untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar. Bahkan, penggunaan kapur barus ini dinilai lebih aman ketimbang menggunakan kapur serangga tadi lho.

Mengingat posisi si kelabangnya berada di langit-langit, maka dalam hal ini kamu harus lebih kreatif lagi. Mengenai caranya, siapkan beberapa butir kapur barus, tumbuk sampai hancur, lalu masukkan kedalam botol spray. Setelah itu beri air secukupnya, kemudian semprotkan langsung pada si kelabang.

Sebelum proses penyemprotan, sebaiknya kamu menggunakan kacamata agar cipratan atau percikan airnya tidak mengenai matamu.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengusir kelabang di area langit-langit kamar.