Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Kayu Ulin: Sifat Dasar, Manfaat, Kegunaan & 5 Produk Populer dari Ulin

kayu ulin

Kayu ulin
merupakan tumbuhan hanya tumbuh di daerah Kalimantan. Dikenal dengan nama kayu Besi Borneo (Borneo Iron Wood), atau kayu Belian. 

Kita Patut Berbangga, Dunia ikut peduli terhadap kelestarian Kayu Ulin, dengan memasukannya ke dalam  CITES (Convention on International Trade of Endangered Species), karena memang Kayu Ulin masuk kedalam 10 jenis kayu terbaik di dunia. 

Dalam 10 tahun terakhir sebuah organisasi non pemerintah, World Wide Fund For Nature, bekerja sama dengan pemerinta pusat dan daerah telah telah menerbitkan PERPU untuk pelestarian , penebangan Ilegal loging, serta Regenerasi kayu Ulin. dan telah 3 generasi di hasilkan untuk melindungi kepunahan terhadap kayu ulin.

Sifat Dasar Kayu Ulin, Kelebihan serta kekurangannya

kayu ulin
tribunnews.com

Kayu ulin merupakan tumbuhan yang besar, ketinggiannya bisa mencapai 50m, dengan diameter bisa di atas 1m, memiliki usia tumbuh yang lama, hingga ratusan tahun, apabila pohon di tebang, atau roboh, selama akar masih tertanam bisa tumbuh tunas baru (coppice), tunas tersebut bisa di budidayakan ulang ke tempat baru, atau dibiarkan di tempat awal menjadi pohon yang baru. 

Pengembangbiakan kayu ulin termasuk gampang, dalam 1 biji kayu Ulin bisa tumbuh beberapa bibit pohon kayu Ulin.

Berikut ini akan kami jabarkan kelebihan serta kekurangan kayu ulin.

Kelebihan Kayu Ulin

  • Merupakan jenis kayu  yang memiliki tingkat awet dan kuat  kelas 1, Sehingga penggunaan Kayu ulin bisa seumur hidup masa pemakaiannya.
  • Kayu Ulin yang telah dewasa memiliki kerapatan yang baik, apabila ada kebakaran hutan kayu ulin tahan terhadap api, kecuali bagian daunnya.
  • Memiliki tingkat stabilitas yang sangat baik terhadap perubahan cuaca.
  • Memiliki tingkat kekerasan yang sangat tinggi, sehingga penggunaan untuk Bahan tiang rumah, bantalan kereta, kayu akan tetap kokon

Kekurangan Kayu Ulin 

  • Memiliki usia tumbuh yang lama, sehingga Penebangan dan pemanfaatan kayu Ulin harus di imbangi dengan regenerasi, agar tidak mengalami kepunahan.
  • Tidak cocok untuk di gunakan Bahan furniture, karena tingkat kekerasan kayu yang menyulitkan dalam hal produksi, kalaupun ada Furniture dari kayu Ulin Harganya sudah pasti mahal.
  • Harganya yang relatif mahal, mengingat kelangkaan terhadap kayu ulin, dan budidaya yang memakan waktu puluhan tahun.
Itulah beberapa ulasan mengenai kekuraangan dan kelebihan Kayu Ulin, Partisipasi dan keterlibatan  semua pihak yang berwenang, sangat diperlukan agar kayu Ulin keberadaannya tidak punah.

Produk Paling Populer Dari Bahan Kayu Ulin.

Di bawah ini kami sajikan beberapa produk popular yang terbuat dari Kayu Ulin, produk di bawah adalah produk dengan standar produksi masal, sehingga produk ini bisa anda dapatkan dimanapun.
Decking kayu Ulin

Decking Kayu Ulin

Decking Kayun Ulin Merupakan salah satu produk Paling popular dari Bahan kayu Ulin. Meskipun harganya terbilang Mahal, namun tetap menjadi komoditas paling diminati untuk jenis Decking kayu.




Dermaga Kayu Ulin

Dermaga Kayu Ulin

Salah satu sifat atau Kelebihan Kayu Ulin adalah dengan kondisi terendam air,bahkan air laut sekalipun dalam jangka waktu yang lama, justru kerapatan Kayu Ulin makin tinggi, tidak akan terjadi Pembusukan. Oleh Sebab itu Penggunaan Kayu Ulin baik sebagai lantai atau Konstruksi yang langsung terendam dengan air sangat di sarankan. agar kondisi dermaga bisa bertahan lama. Berbeda dengan besi yang akan terjadi korosi apabila terendam air laut.


dinding kayu Ulin

Dinding Kayu Ulin

Kayu Ulin juga banyak di gunakan untuk Dinding, baik indoor ataupun outdoor. bahakan banyak juga penggunaannya untuk Plafon Kayu . Sifat Kayu Ulin yang memiliki stabilitas baik, akan aman penggunaannya untuk di aplikasikan pada dinding atau Plafon. 





Lantai Kayu Kapal

Kayu Ulin Untuk Lantai Kapal Pesiar

Kalau anda lihat di Film atau poto poto kapal pesiar, rata rata untuk lantai luarnya menggunakan kayu. kayu tersebut tidak lain adalah kayu Ulin. Meskipun terpaan cuaca Extreem, exixtensi kayu Ulin tidak terganggu oleh cuaca, baik dalam kondisi panas extreem atau hujan. Untuk Pemasangan Pada kapal pesiar agar tampilan selalu indah, hendaknya di lakukan recoating 6 bulan sekali, mengingat cuaca panas, menyebabkan lapisan Coating mudah belel.


Pagar Kayu Ulin

Penggunaan Kayu Ulin Untuk Pagar Rumah

Ingin pagar anda terlihat berbeda dengan Pagar rumah Kebanyakan? Anda bisa mengkombinasikan besi dengan Kayu ulin. Model variasi, selain tampilan mewah, mengedepankan kesan natural juga. Penggunaan Kayu Ulin untuk pagar jarang di gunakan untuk rumah rumah biasa, rata rata penggunaannya untuk di aplikasikan untuk rumah mewah, mengingat budget yang di keluarkan untuk menggunakan kayu ulin cukup menguras kantong.
 

Poto poto yang kami tampilkan di atas adalah poto real pekerjaan kayu Ulin yang telah Kami kerjakan, Untuk Informasi produk Produk Kami abisa di akses pada halaman di bawah ini. 

Pemanfaat Kayu Ulin untuk berbagai Produk 

jembatan kayu ulin
Sejak ratusan tahun, Kayu Ulin banyak di manfaatkan Khususnya oleh Suku dayak, untuk berbagai keperluan Seperti untuk bahan bangunan rumah, atap rumah atau di sebut atap sirap, Ukiran, ornamen, patung, sebagai turap untuk pinggiran sungai, bangunan untuk dermaga, dan masih banyak lagi produk produk yang di hasilkan dari bahan dasar kayu Ulin.

Seiring perkembangan jaman, dan tekhnologi makin canggih Kayu Ulin di buat produk yang lebih modern lagi, sehingga saat ini rumah rumah Modern nbanyak mengaplikasikan kayu Ulin sebagai hiasan untuk memperindah Hunian.

Berikut beberapa contoh Produk Modern yang di hasilkan dari bahan kayu Ulin.


sirap ulin
atap sirap

decking kayu ulin
Decking kayu
00
pagar kayu ulin
Bahan pagar kayu

Plafon kayu
Itulah beberapa Produk yang di hasilkan dari bahan kayu Ulin, produk tersebut bisa di tempatkan untuk berbagai area untuk mempercantik hunian rumah, seperti yang kita ketahui, popularitas kayu makin hari makin booming, saat ini  kayu merupakan icon terhadap kemewahan rumah, berbeda pada waktu dulu, icon kemewahan rumah bisa di lihat dari penggunaan marmer, untuk lantai atau dinding, sekarang hal tersebut telah beralih.

wa lantai kayuBagi anda yang membutuhkan ragam produk kayu yang terbuat dari kayu ulin bisa menghubungi Ogie di no  0811212031 atau langsung klik untuk chat via wa

Contoh aplikasi kayu ulin untuk hunian

Untuk Hunian rumah, pengaflikasian kayu Ulin bisa di tempatkan untuk berbagai area atau berbagai produk kebutuhan, diantaranya sebagai pelapis dinding, sebagai Lantai Kayu outdoor, Pagar Kayu, decking kayu. dan produk lainnya. Memang bahan yang terbuat dari kayu Ulin memiliki harga yang tidak murah, tapi tingkat kepuasan akan di dapatkan dengan menggunakan kayu Ulin sebagai kayu terbaik saat ini.
pagar kayu ulin
pagar kayu ulin

plapfon kayu ulin
plafon kayu ulin

decking kayu ulin
decking kayu ulin

oo
tangga kayu ulin
tangga kayu ulin

plapfon kayu ulin

decking kayu ulin
decking kayu ulin
Itulah beberapa contoh penempatan kayu Ulin, dengan di produksi secara apik dan modern, tampilan kayu ulin terlihat sangat indah dan mewah, penempatan kayu Ulin untuk area samping kolam renang, area plafon, area taman, dan area lainnya,  memberikan kesejukan tersendiri, suasana natural akan terpancar ketika anda memasuki hunian dengan dominasi kayu sebagai pelapis.

Referensi penjual kayu ulin

PT. Rajawali Parquet Indonesia memiliki salah satu vendor yang sudah memiliki  ijin untuk  HPH/IUPHHK untuk jenis kayu Ulin diantaranya , Untuk pembelian produk kayu Ulin bisa datang langsung ke Kantor Pusat Jl.Rajawali Barat no.39 Bandung Ph.022-6078505, atau melalui no marketing yang tercantum di atas. Melayani untuk Custom berbagai Produk dari bahan kayu Ulin diantaranya, papan tangga, Plafon kayu, pagar kayu, dan produk lainnya.

kartu nama penjual kayu ulin