Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Mengenal Kualitas Kayu Manglid untuk Kusen, Begini Sifat Fisiknya

Kayu manglid memiliki sifat yang mengkilat, halus, ringan, padat, awet, dan jug…

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Mengenal Kualitas Kayu Manglid untuk Kusen, Begini Sifat Fisiknya

Jumat, 22 Mei 2020
Kualitas kayu manglid untuk kusen memang sudah populer sejak dulu. Kusen merupakan suatu elemen yang harus ada dalam sebuah konstruksi bangunan, seperti rumah, sekolah, kantor, dan lain sebagainya. Kusen digunakan sebagai rangka yang menghubungkan antara dinding dengan pintu atau jendela.
kayu manglid


Secara umum, kusen bisa dibuat dari rangka kayu, besi, aluminium, dan sebagainya. Namun yang paling sering digunakan untuk pembuatan kusen adalah kayu. Jika Anda ingin membuat kusen, baik itu kusen pintu maupun jendela, sebaiknya menggunakan kayu manglid karena sudah terbukti kualitasnya.

Kayu manglid sendiri dikenal memiliki sifat yang padat, ringan, namun juga kuat. Itulah mengapa kualitas kayu manglid untuk kusen sudah tak perlu diragukan lagi. Bahkan, selain kusen, kayu manglid juga banyak digunakan untuk pembuatan daun pintu atau daun jendela. Itulah mengapa permintaan kayu manglid selalu ramai.

Kayu manglid memang merupakan salah satu jenis kayu asli Indonesia yang serba guna. Artinya, manglid tak hanya digunakan untuk membuat kusen maupun daun pintu dan jendela. Lebih jauh lagi, kayu manglid juga banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan konstruksi yang tak kalah penting, yakni jembatan.

Serba Serbi Kayu Manglid

Tanaman manglid memiliki nama latin atau nama ilmiah Manglietica glauca Bl. Sedangkan nama botani untuk penyebutan manglid yaitu Magnolia Blumei PRANTL. Penelitian terhadap kayu manglid telah banyak dilakukan oleh para tim peneliti. Hal ini dikarenakan kayu manglid memiliki berbagai manfaat untuk aspek konstruksi bangunan.

Manglid ternyata banyak memiliki nama lain yang berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Di wilayah Sunda, kayu manglid dikenal dengan nama manglid baros. Sedangkan masyarakat di wilayah Jawa memiliki julukan lain untuk kayu manglid yaitu cempaka bulus. Meski julukannya beda namun sama-sama berupa manglid.

Kualitas kayu manglid untuk kusen dan elemen konstruksi bangunan lainnya tak hanya dikenal oleh masyarakat Sunda dan Jawa saja. Orang-orang di luar Pulau Jawa seperti Bali hingga Sumatra juga sudah mengenali kayu manglid. Masyarakt Bali mengenal manglid dengan sebutan cempaka atau kepelan.

Sedangkan di Sumatra, khususnya masyarakat Karo, memiliki nama khusus untuk menyebut kayu manglid yaitu jatuh. Sementara orang-orang Minangkabau menyebut manglid dengan nama madang limpaung atau sitibai. Nama-nama untuk kayu manglid yang berbeda-beda disesuaikan dengan daerah masing-masing.

Namun hakikatnya kayu manglid memiliki kualitas yang terkenal bagus. Akan tetapi berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2002, menunjukkan bahwa tanaman manglid di kawasan Gunung Salak sempat dikhawatirkan mengalami kelangkaan.

Akan tetapi karena kualitas kayu manglid untuk kusen terkenal sangat baik, makan banyak dilakukan perbanyakan tanaman secara berkala. Hal ini dilakukan agar kayu manglid tetap bisa dimanfaatkan untuk beragam konstruksi dalam waktu lama.

Sifat dan Kekuatan Kayu Manglid

Kayu manglid memiliki popularitas yang tinggi bagi masyarakat Sunda atau Jawa Barat. Sedangkan di wilayah Jawa Tengah atau Jawa Timur kualitas kayu manglid tidak begitu dikenal banyak orang. Hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki pengetahuan lebih tentang kayu yang memiliki nama lain cempaka dan baros ini.

Kayu manglid umumnya memiliki warna agak kekuningan. Di samping itu, karakteristik lain yang juga menarik adalah kayu manglid memiliki bau harum. Tanaman manglid biasanya banyak tumbuh di daerah dataran rendah sampai tinggi yang memiliki ketinggian antara 1000 hingga 1500 di atas permukaan air laut.

Kualitas kayu manglid untuk kusen dan konstruksi lain sangat dianjurkan karena ciri fisiknya yang mendukung. Sifat fisik yang khas pada kayu manglid yaitu kayu ini mengkilat sehingga banyak disukai di Jawa Barat dan Bali. Selain itu, kayu manglid atau baros juga memiliki struktur yang padat, halus, dan ringan.

Tak hanya itu, kayu manglid banyak disukai untuk bangunan karena memiliki sifat yang mudah dikerjakan. Ini dikarenakan sifat kayu manglid yang ringan dengan berat jenis 0.41. Sehingga proses pengerjaan konstruksi bangunan menggunakan kayu manglid relatif mudah. Keuntungan lainnya yaitu kayu manglid bersifat kuat dan awet.

Kekuatan kayu manglid memang sudah banyak dikenal. Menurut penelitian, kayu manglid digolongkan ke dalam kelas III berdasarkan kekuatannya. Sedangkan untuk keawetannya, kayu manglid masuk dalam golongan kelas II. Sifatnya yang awet dan juga kuat membuat kualitas kayu manglid untuk kusen dan barang lain banyak diminati.

Penggunaan Kayu Manglid

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kayu manglid atau kayu baros banyak digunakan untuk kusen pintu dan jendela. Bila Anda memerlukan kusen dengan kualitas tinggi, maka kayu manglid adalah jawabannya. Akan tetapi, penggunaan kayu manglid tidak hanya terbatas untuk kusen pintu dan jendela saja.

Kekuatan dan keawetannya membuat kayu manglid juga banyak dipakai sebagai bahan baku pembuatan konstruksi jembatan. Di samping jembatan, kayu jenis ini juga banyak ditemukan untuk penggunaan berbagai perkakas rumah, kayu bangunan, furniture atau mebel, dan lain sebagainya. Ini membuktikan bahwa kayu manglid memang memiliki kualitasnya.

Tak hanya kualitas kayu manglid untuk kusen pintu dan jendela saja, kayu jenis ini juga berkualitas untuk pembuatan daun pintu, daun jendela, kursi, meja, tempat tidur, lemari, maupun furniture lainnya untuk keperluan rumah tangga. Bahan kayu manglid juga cocok melengkapi kebutuhan furniture kantor atau sekolah.

Sebelum digunakan untuk berbagai keperluan, kayu manglid perlu dikeringkan terlebih dahulu. Proses pengeringan membutuhkan waktu sekitar 4 bulan melalui metode pengeringan angin untuk papan kayu setebal 40 m dan mencapai 320 hingga 580 kg/m2. Sementara kadar airnya sendiri pada angka 15%.

Harga Kusen Kayu Manglid

Setelah mengetahui kualitas kayu manglid untuk kusen, selanjutnya tentu Anda akan mencari tahu harganya. Harga kusen kayu manglid sendiri biasanya dihitung per meter. Sehingga Anda bisa memperkirakan jumlah uang yang harus dikeluarkan untuk memenuhi kusen di rumah. Selain ukurannya, Anda juga perlu memperhatikan jumlah kusen.

Harga kusen berbahan kayu manglid di pasaran berkisar Rp65.000 per meter. Untuk mengetahui jumlah biaya, tinggal kalikan saja ukuran kusen dengan jumlah kusen yang diperlukan. Harga tersebut berlaku untuk kusen pintu maupun kusen jendela. Namun untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas bisa hubungi penjual langsung.

Sementara untuk daun pintu kayu manglid dipatok dengan harga Rp650.000. Sedangkan harga daun jendela dari kayu manglid yaitu Rp175.000. Penjual kusen kayu manglid khususnya di Jawa Barat sendiri sudah banyak. Ini karena kualitas kayu manglid untuk kusen memang sudah dibanjiri permintaan.

Sebelum membeli kusen kayu manglid, Anda perlu memperhatikan perusahaan penjualnya. Hal ini sebagai langkah kehati-hatian atau antisipasi terhadap berbagai modus penipuan yang semakin marak. Pilihlah penjual terpercaya seperti CV. Rajawali Decoration yang memberikan kusen pintu dan jendela dengan kayu manglid kualitas terbaik.

Sifatnya yang kuat, awet, ringan, mudah dikerjakan, serta halus dan mengkilat menjadikan kayu manglid sebagai pilihan favorit untuk kusen. Anda bisa mengunjungi website perusahaan CV. Rajawali Decoration yang memberikan garansi resmi di prorumah.com untuk melihat kualitas kayu manglid untuk kusen dan produk-produk yang lain.
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang