Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Basmi Rayap Kayu Parket dengan Cara Ini!

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Basmi Rayap Kayu Parket dengan Cara Ini!

Jumat, 08 Mei 2020
Bagi pengguna furniture yang terbuat dari kayu parket tentunya tidak akan asing dengan masalah rayap. Rayap kayu adalah salah satu permasalahan umum yang sangat menjengkelkan bagi sebagian besar orang. Karena bila tidak segera ditangani dengan tepat akan membuat semua perabotan kayu di rumah rusak oleh hama rayap yang satu ini.

kayu parket

Beruntungnya saat ini sudah banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rayap kayu. Asalkan Anda merawat perabotan di rumah dengan baik, maka tidak akan ada rayap yang muncul. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah harus melakukan perlindungan ekstra terhadap parket di rumah.

Baik itu parket dinding, lantai, plafon, dan lainnya semuanya harus dilindungi. Cara perlindungannya bisa menggunakan cat atau cairan khusus anti rayap. Sebelum dioleskan pada parket tersebut, sebaiknya campur dulu cairannya dengan minyak tanah. Dengan begitu furniture di rumah yang terbuat dari parket menjadi lebih kuat dan tahan dari serangan rayap.

Bagaimanapun juga, semahal apa pun jenis kayu yang Anda beli tetap saja tidak akan bertahan lama jika tidak dijaga sejak dini. Sayangnya banyak orang mengira bahwa dengan menggunakan parket, maka mereka tidak perlu merawatnya. Padahal itu salah besar! Sebaiknya lakukan beberapa cara di bawah ini untuk membasmi rayap kayu parket.

Jaga Sirkulasi Udara dengan Baik

Menjaga sirkulasi udara di rumah dengan baik dengan cara mengurangi kelembaban yang berlebihan adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah hama. Karena rayap kayu mudah sekali berkembang biak di ruangan yang memiliki kelembaban udara tinggi. Maka dari itu pastikan kelembaban udara di rumah selalu terkontrol dengan cara menghadirkan ventilasi yang baik.
Tidak hanya itu saja, sebaiknya hindari air yang menggenang di kayu parket tersebut supaya terhindar dari kelembaban udara. Selain itu, jangan lupa berikan pencahayaan alami yang baik supaya kelembaban udara dalam rumah selalu terjaga. Otomatis cara ini efektif membuat rayap kayu tidak mau datang lagi ke rumah Anda.

Perbaiki Langsung saat Ada Kerusakan

Meskipun hanya sebuah kerusakan kecil, namun Anda harus segera memperbaikinya bila ingin mengatasi masalah rayap kayu. Ini mungkin terlihat sederhana, namun ternyata sedikit kerusakan kecil saja dapat memicu kemunculan rayap di rumah. Misalnya saja bila ada celah parket yang keropos akan menimbulkan uap air sehingga udara menjadi lembab.
Selain itu, retakan dinding juga dapat menimbulkan kemunculan rayap kayu karena ada celah disana. Maka dari itu selalu lakukan pengecekan secara berkala terhadap kondisi rumah Anda secara menyeluruh supaya rayap kayu tidak menyerang.  Cara ini efektif mencegah sekaligus mengatasi kemunculan hama rayap pengganggu rumah.

Gunakan Kapur Barus

Untuk mengatasi masalah rayap yang muncul di kayu parket rumah, Anda bisa menggunakan kapur barus. Caranya taruh kapur barus pada ruangan yang lembab karena didalamnya mengandung naftalena. Sehingga kapur barus akan menimbulkan aroma yang dibenci rayap agar mereka menjauh dari rumah Anda.

Jaga Kebersihan Rumah

Cara terakhir untuk membasmi rayap pada parket adalah selalu menjaga kebersihan lingkungan. Jadi cobalah untuk lebih rutin membersihkan perabotan parket di rumah dan jangan membuang sampai hingga menumpuk. Tapi segera bersihkan sampai saat ada kotoran di tempat sampah. Selain itu, saat lantai/ dinding parket terkena air, sebaiknya lap dan keringkan.
Dengan penanganan yang baik seperti tips di atas, maka Anda bisa membuat furniture parket di rumah lebih awet dan tahan lama. Setidaknya dinding, plafon, dan lantai yang terbuat dari kayu parket di rumah akan terbebas dari hama rayap bila Anda selalu menjaga kebersihannya dengan baik.
BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang