Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ayo Kita Berkenalan Dengan Kayu Kempas

 

berkenalan dengan kayu kempas

Dalam dunia mebel maupun konstruksi, tentu saja kayu menjadi salah satu jenis material yang tidak dapat dipisahkan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material kayu memiliki sifat yang multifungsi alias serbaguna.

Mulai dari pembuatan meja, kursi, kaso-kaso, jendela, pintu, lantai kayu, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, maka tak heran juga jika material kayu begitu mudah kita jumpai di pasaran.

Akan tetapi, setiap jenis kayu yang ada di Indonesia ini memiliki ciri khas berbeda-beda. Ya, salah satunya adalah kayu kempas yang mempunyai karakteristik tersendiri. Nah, secara kebetulan juga ada kesempatan kali ini akan mengupas tuntas seputar kayu kempas.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tentang Pohon Kempas

pohon kempas

Menurut informasi yang didapat, pohon kempas tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia, seperti pulau Kalimantan, Sumatera, dan kepulauan Bangka Belitung. Namun, keberadaan pohon kempas di pulau Jawa dan Sulawesi masih terbilang langka.

Nah, karena hal itulah yang membuat kayu kempas kerap disebut dengan istilah “Kayu Kalimantan dan Sumatera“.

Tak hanya di Indonesia, pohon kempas juga bisa kita jumpai di negara tetangga seperti Malaysia dan Brunai Darussalam. Pohon kempas pada umumnya tumbuh dengan ketinggian mencapai 30 – 40 meter, sedangkan ukuran diameternya mencapai 120 cm atau bahkan bisa lebih.

Dikarenakan spesifikasinya yang cukup mumpuni, kayu kempas pun sering dilibatkan dalam menunjang konstruksi, seperti pembuatan bantalan rel kereta, jembatan, dermaga, lantai kayu dan lain sebagainya.

Baca juga : Membedah Perbedaan Kayu Keruing dan Kayu Merbau

Ciri Khas Kayu Kempas

ciri khas kayu kempas

Bagian kulit luar kayu kempas ini tampil dengan warna kelabu atau putih kekuningan. Namun, terkadang juga ia tampil dengan warna merah kecokelatan yang mirip dengan kayu merbau. Adapun mengenai tingkat kekerasan kayu kempas yang sangat tinggi, serta strukturnya yang sangat terpadu.

Itu sebabnya, mengapa proses pengolahan kayu kempas tergolong cukup sulit, sehingga membutuhkan beberapa alat khusus seperti gergaji pita. Meski masih bisa menggunakan gergaji bundar, namun waktu pengerjaannya bisa memakan waktu lama serta hasilnya yang kurang maksimal.

Setelah dipotong-potong, barulah kayu kempas ini akan melewati tahap penyerutan. Ya, tahap penyerutan ini bertujuan untuk menghaluskan tekstur permukaannya agar tidak kasar. Tak hanya diserut, proses penghalusan kayu kempas juga akan dimaksimalkan dengan tahap peng-amplasan.

Setelah selesai diamplas, maka kayu kempas akan di dempul terlebih dulu sebelum di plitur. Meski demikian, kayu kempas ini begitu mudah saat di bor sehinga dapat membuat lubang persegi sempurna, yang kemudian dilanjutkan proses peng-amplasan dengan hasil menakjubkan.

Untuk tingkat keawetan dan kekerasannya, kayu kempas ini termasuk kayu kuat kelas I – II, sedangkan tingkat keawetannya termasuk kelas III. Itu artinya, tingkat keawetan kayu kempas masih tergolong rendah.

Walaupun tingkat keawetannya rendah, namun bukan berarti juga bahwa kayu kempas ini sama sekali tidak berkualias lho. Buktinya, kayu kempas kerap digunakan untuk menunjang berbagai kebutuhan konstruksi berat maupun interior.

Adapun mengenai beragam pemanfaatan kayu seperti berikut :

Pemanfaatan Kayu Kempas

1. Rangka Atap Rumah

pemanfaatan kayu kempas - rangka atap rumah

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat keawetan pada kayu kempas ini tidaklah terlalu istimewa. Namun dari segi kekuatan dan kekerasan, maka kayu kempas yang menjadi juaranya.  

Tak hanya teksturnya yang keras dan padat, kayu kempas juga tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho. Disamping itu, ternyata tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu bengkirai ini tergolong minim.

Nah, karena keunggulan tersebutlah yang membuat kayu kempas sangat cocok dijadikan bahan untuk pembuatan rangka atap rumah.

2. Lantai Kayu

pemanfaatan kayu kempas - lantai kayu

Dari sekian banyaknya jenis produk property interior, kayu kempas ini sering digunakan untuk bahan pembuatan lantai kayu alias parket. Dengan menggunakan lantai kayu kempas, pastinya tampilan rumah kita akan terkesan lebih mewah, elegan, dan natural.

Baca Juga : Daftar Harga Lantai Kayu Permeter ListTerbaru

Tak hanya unggul dari segi tampilan, ternyata penggunaan lantai kayu kempas juga memiliki dampak bagus bagi kesehatan tubuh lho. Mengapa demikian?

Pasalnya, lantai kayu mempunyai kemampuan yang dapat menyerap energy panas untuk kemudian dialirkan ke dalam ruangan. Hasilnya, ruangan di dalam rumah akan tetap terasa hangat meski ditengah-tengah musim dingin.

Tentu saja hal tersebut sangat bagus bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti penyakit rematik. Itu sebabnya, mengapa lantai kayu banyak di aplikasikan pada hunian-hunian yang berada di dataran tinggi seperti puncak.

3. Produk Furniture

pemanfaatan kayu kempas - produk furniture

Industri futniture memang tidak bisa lepas dari peranan material kayu. Ya, terang saja demikian, sebab material kayu memiliki banyak keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis material lainnya.

Kayu kempas tak hanya terkenal dengan tingkat kekerasan dan kekuatannya yang begitu baik, namun juga memiliki pola serat dan warna yang benar-benar indah. Sehingga tak heran jika jenis kayu yang satu ini selalu menjadi andalan bagi para pengusaha furniture.

Adapun mengenai berbagai produk furniture yang berbahan kayu kempas seperti :

  • kursi
  • rak
  • meja
  • lemari dan lain sebagainya.

4. Pembuatan Bantalan Rel Kereta

pemanfaatan kayu kempas - bantalan rel kereta

Guna meningkatkan kestabilan, tentu saja rel kereta membutuhkan sebuah bantalan yang kuat dan kokoh. Kayu kempas pun kerap dipilih sebagai salah satu jenis kayu untuk dijadikan bantalan rel kereta.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu kempas ini tergolong cukup minim. Lebih hebatnya lagi, kayu kempas sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca maupun serangan rayap.

5. Pembuatan Jembatan

pemanfaatan kayu kempas - pembuatan jembatan

Tak hanya dijadikan bantalan rel kereta, kayu kempas juga sering dilibatkan dalam pembuatan konstruksi jembatan. Menurut informasi yang di dapat, daya tahan kayu kempas ini bisa mencapai puluhan tahun lamanya.

Apalagi jika diberi perawatan yang tepat dan intens, dimana daya tahan kayu kempas mampu mencapai ratusan tahun lho. Selain kuat dan kokoh, jembatan yang berbahan kayu kempas juga begitu indah untuk dipandang.

Artikel Menarik Lainnya : Referensi Dekorasi Kamar Tidur Sederhana dan Minimalis

6. Pembuatan Kusen Jendela & Pintu

pemanfaatan kayu kempas - pembuatan kusen jendela & pintu

Pemanfaatan kayu kempas berikutnya yang akan dibahas, yakni untuk pembuatan kusen jendela dan pintu. Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan di atas tadi, bahwa kayu kempas memiliki sifat yang tahan terhadap perubahan cuaca dan serangan rayap.

Sehingga tak heran, jika jenis kayu yang satu ini sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan kusen jendela dan pintu.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk dari kayu kempas, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.

Nah, agar tidak ketinggalan informasi seputar dunia property interior dan eksterior, jangan lupa untuk selalu nongkrong di website Prorumah ya!