Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Rahasia Mempercantik Tampilan Dapur Minimalis

 

Rahasia Mempercantik Tampilan Dapur Minimalis

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tingkat kebersihan di dalam dapur itu dapat mempengaruhi suasana. Ya, terlebih bagi yang hobi dengan kegiatan masak-memasak, sehingga dapurnya harus dibuat senyaman mungkin.

Namun, tingkat kenyamanan di area dapur itu tidak selalu bergantung pada tingkat kebersihannya saja lho. Pasalnya, penataan dan penggunaan interior juga dapat mempengaruhi suasana selama kita beraktivitas di dapur.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan rahasia untuk mempercantik tampilan dapur minimalis.

Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Dekorasi Dapur Minimalis

1. Buat Daftar Peralatan yang Dibutuhkan

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - buat daftar peralatan yang dibutuhkan

Dalam urusan memasak, tentu saja tidak bisa lepas dari peran peralatan memasak yang digunakan. Pada dapur minimalis, maka kamu harus memprioritaskan peralatan memasak, dari yang sering digunakan hingga yang jarang digunakan.

Misalkan seperti garpu, sendok, pisau, spatula, piring, gelas, dan lain sebagainya. Khusus untuk pisau, yang mana ia terdiri dari beberapa jenis berbeda. Tentu saja masing-masing jenis pisau tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda pula.

Maka dari itu, kamu juga harus menggunakan tempat penyimpanan pisau yang sesuai dengan jenisnya, mulai dari pisau yang berukuran besar hingga yang kecil.

Mengingat konsepnya adalah dapur minimalis, sebaiknya kamu memilih kabinet yang mudah diletakkan pada kitchen island atau pada meja konter. Mengapa demikian?

Sebab, kedua elemen tersebut memiliki peranan yang sangat penting dalam kegiatan masak memasak di dapur.

Baca juga : Tips Memilih Kabinet Dapur

2. Lakukan Penataan Dengan Tepat

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - lakukan penataan dengan tepat

Ketika hendak mulai mendekorasi dapur minimalis, kamu bisa memulainya dengan penataan dan dekorasi yang tepat. Ya, pertimbangkanlah dekorasi dapur yang berbentuk huruf “L”. Umumnya desain tersebut terdiri dari dua buah counter yang tersusun seperti sudut siku-siku.

Tentu saja desainnya dapat memudahkanmu dalam memobilisasi kegiatan di dapur, serta dapat digunakan oleh lebih dari satu orang lho. Gunda mendapatkan fleksibilitas dalam aktivitas memasak yang maksimal dan menyenangkan, maka penataan ruang dapur berbentuk L ini harus tepat.

Adapun mengenai fungsi dari desain dapur berbentuk huruf L seperti berikut :

  • Pada desain dapur minimalis, di bagian kanan sisinya terdapat sink dan mesin cuci piring sebagai clean-up station
  • Sedangkan pada sisi kiri digunakan untuk penempatan kompor, atau oven sehingga akan membuat zona dapur semakin memukau
  • Lain halnya dengan area kitchen island (meja konter) yang bisa digunakan untuk menyimpan tempat minuman atau jamuan makan kasual.

3. Jenis Lantai yang Digunakan

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - jenis lantai yang digunakan

Tak hanya dapat memberikan kenyamanan, penggunaan jenis material lantai yang tepat juga tentunya akan mempercantik tampilan area dapurmu. Nah, untuk kamu yang ingin desain dapurnya berbeda dari biasa, maka penggunaan lantai vinyl dan laminate merupakan pilihan paling tepat.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai vinyl dan lantai laminated dapat menghadirkan nuansa elegan, mewah, dan natural pada area dapur. Menariknya lagi, kedua jenis parket sintetis tersebut juga tahan terhadap kelembapan tinggi sehingga membuatnya cocok diaplikasikan pada area dapur.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, baik lantai vinyl dan laminate sudah terbukti tahan terhadap air serta serangan hama rayap lho.

Produk Terkait : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi lengkapnya

4. Membuat Kohesi Untuk Desain Dapur Minimalis

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - membuat kohesi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa tumpukan barang seperti piring dapat membuat desain dapur minimalis tampak terlihat penuh. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mencoba untuk memberikan warna cat dinding seperti putih. Mengapa harus putih?

Pasalnya, cat dinding warna putih ini dapat memberikan efek atau ilusi yang membuat area dapur minimalis tampak lebih luas.

Baca juga : Tips Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

5. Memilih Furniture yang Tepat

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - pemilihan furniture yang tepat

Pada konsep dapur minimalis, tentu saja penggunaan furniture yang berukuran besar bukanlah pilihan bijak. Dengan kata lain, harus memilih furniture yang juga berukuran kecil, seperti kursi dan meja yang materialnya tidak berat.

Tak hanya itu, disarankan juga untuk menggunakan perabotan kitchen set yang berbahan stainless steel. Pasalnya, perabotan yang berbahan stainless steel ini bersifat netral, awet, dan tahan lama. Atau, kamu bisa menggunakan kabinet yang materialnya terbuat dari bahan kayu.

Artikel populer lainnya : Kenali Istilah-istilah Pada Kayu Olahan

Dengan menggunakan kabinet yang berbahan kayu ini, maka jangan heran jika kamu akan semakin betah untuk berlama-lama di area dapur.

6. Penggunaan Perabotan yang Mengkilap

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - gunakan perabotan mengkilap

Umumnya perabotan yang mengkilap itu terbuat dari bahan kaca. Selain kaca, kamu juga bisa menggunakan perabotan berbahan keramik untuk lantai dan backsplash yang dekat wastafel, atau peralatan elektronik yang berbahan stainless steel.

7. Penempatan Pencahayaan

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - pencahayaan yang tepat

Satu poin penting lagi yang jangan sampai kamu lewatkan dalam mendekorasi dapur minimalis, yakni berupa pencahayaan. Dalam hal ini, kamu tidak perlu memaksakan diri untuk memasang chandeller di area dapur.

Dengan kata lain, kamu hanya membutuhkan lampu gantung di langit-langit yang sederhana, namun dengan watt yang cukup terang. Hasilnya, pencahayaan yang tepat tentunya akan menunjang kegiatan memasak di dapur secara maksimal.

8. Gunakan Rak Terbuka

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - gunakan rak terbuka

Pada dekorasi dapur minimalis, kamu pun bisa menggunakan open shelving atau rak dinding terbuka yang dapat menyimpan berbagai peralatan dapur. Menariknya lagi, penggunaan rak terbuka tersebut juga dapat memberikan ilusi ruangan yang tampak lebih lega lho.  

9. Memberikan Sentuhan Alami

Tips Dekorasi Dapur Minimalis - hadirkan sentuhan alami

Jika kamu sudah merasa bosan dengan desain dapur minimalis yang begitu-begitu saja, maka sudah saatnya untuk memberikan sentuhan nuansa alami pada area dapur. Lantas, bagaimana caranya?

Untuk menghadirkan nuansa alami tersebut, kamu bisa membuat kitchen plants dengan menempatkan berbagai tanaman herbal, seperti lavender, parsley, oregano, dan lain sebagainya. Hasilnya, ruang dapurmu akan tempak lebih sejuk dan asri.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan dalam mendekorasi dapur minimalis, agar tampilannya lebih sedap dipandang lagi.