Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Penting Untuk Menciptakan Rumah Sehat di Masa Pandemi

cara menata dekorasi rumah sehat

Orang mana sih di dunia ini yang tidak ingin hidup sehat..??? Tentu saja kondisi sehat menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya, jelas demikian, sebab kesehatan tubuh merupakan aset yang paling penting dalam menunjang kehidupan.

Terlebih di masa pandemic seperti sekarang ini, yang mana kita dituntut untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Pasalnya, kebanyakan korban meninggal dunia akibat virus covid-19 itu adalah mereka yang imun tubuhnya lemah.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kita akan melakukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Berbicara soal menjaga kesehatan tubuh, biasanya kita akan melakukan kegiatan olahraga dan mengonsumsi makanan-makanan sehat.

Padahal, kondisi rumah juga memiliki peranan yang cukup penting dalam menjaga kesehatan tubuh kita lho. Oleh karena itu, kita harus memahami tentang bagaimana cara menciptakan rumah yang sehat.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai cara menciptakan rumah yang sehat, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Menata Dekorasi Rumah yang Sehat

1. Harus Ada Sistem Air Bersih

cara menata dekorasi rumah sehat - harus ada sistem air bersih

Sebenarnya kebanyakan air ledeng yang ada dirumah sudah mengandung krolin. Lantas, apa yang dimaksud dengan klorin..??

Perlu kamu ketahui, klorin merupakan sebuah kandungan atau zat yang bertugas untuk membunuh jamur dan parasite lainnya di dalam air. Namun, penggunaan klorin yang berlebihan bisa memicu pertumbuhan sel kanker pada tubuh!

Sedari itu, usahakan setiap saluran air bersih di rumah sudah dilengkapi dengan sistem penyaringan yang baik. Adapun mengenai saluran air bersih untuk dikonsumsi, sebaiknya kamu menambahkan penyaring air dengan karbon aktif untuk membunuh semua zat-zat yang bersifat racun.

2. Harus Ada Pencahayaan Alami

cara menata dekorasi rumah sehat - harus ada pencahayaan alami

Selain menyediakan system air bersih, tentu saja pencahayaan alami juga memiliki peranan yang tak kalah penting dalam menciptakan sebuah rumah yang sehat.

Seperti yang dilansir dari beberapa situs kesehatan ternama, yang menyebutkan bahwa pencahayaan alami mampu mengurangi tingkat kelembapan berlebihan serta membunuh bakteri di dalam ruangan. Bukan hanya itu, pastinya pencahayaan alami juga sangat membantu dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Akan tetapi, kamar tidur yang terlalu banyak terpapar sinar matahari juga tentunya tidak bagus karena dapat mengganggu istirahat.

Oleh karena itu, kamu harus mengatur pencahayaan alami secukup yang sesuai dengan kebutuhan kamar. Untuk faktor pencahayaan buatan seperti lampu, sebaiknya kamu menggunakan jenis lampu yang terang tapi lembut.

3. Benarkah Lantai Kayu Bagus Untuk Kesehatan?

cara menata dekorasi rumah sehat - menggunakan lantai kayu

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa lantai kayu atau parket memiliki kemampuan untuk mengeluarkan ion negatif dalam ruangan. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai kayu juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap energy panas, dan kemudian akan dialirkan ke dalam ruangan.

Secara otomatis, suhu di dalam ruangan akan tetap terasa hangat meski berada di tengah musim dingin. Tentu saja hal tersebut sangat bagus untuk kesehatan tubuh, terlebih bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit rematik.

Dari segi materialnya produk lantai kayu tersebut akan dibedakan lagi kedalam dua jenis, yaitu lantai kayu solid dan lantai kayu sintetis. Lantai kayu solid terbuat dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan apapun, sedangkan lantai kayu sintetis terbuat dari serbuk kayu yang dicampur dengan berbagai bahan kimia lainnya.

Untuk memaksimalkan kesehatan dalam rumah, tentu saja lantai kayu solid ini sangat direkomendasikan karena bahannya yang terbuat dari kayu asli. Berbeda dengan lantai kayu sintetis yang materialnya terdiri dari berbagai campuran bahan kimia, sehingga kurang bagus untuk kesehatan tubuh (terutama untuk pernafasan).

Artikel Terkait -> Harga Lantai Kayu Permeter List Terbaru

4. Optimalkan Sirkulasi Udara Dengan Ventilasi

cara menata dekorasi rumah sehat - sediakan ventilasi

Ketika kita sedang bernafas, tentu tidak hanya oksigen saja yang akan terhirup namun juga berbagai partikel kecil dan zat yang mungkin mengkontaminasi udara. Maka dari itu, keberadaan ventilasi merupakan hal yang wajib untuk menciptakan sirkulasi udara yang sehat di dalam rumah.

Pastikan kamu merancang dengan jumlah bukaan dan ventilasi yang sesuai kebutuhan. Selain itu, pastikan juga ventilasi di rumah harus bersifat cross ventilatian agar udara di dalam ruangan bisa ber-regenerasi dengan udara yang ada diluar.

Walaupun di rumah sudah terpasang air conditioner (AC), namun sirkulasi udara yang alami jauh lebih bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Perhatikan Pengaturan Limbah Dalam Rumah

cara menata dekorasi rumah sehat - perhatikan pengaturan limbah

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa limbah sampah merupakan salah satu sumber yang bisa menciptakan berbagai penyakit. Mengingat akan hal itu, pastikan dirumahmu sudah memiliki pengolahan sampah dan limbah yang baik.

Disarankan bagi kamu untuk menggunakan septic tank yang sesuai standar dan kebutuhan, sehingga tidak akan mencemari tanah maupun air yang terkandung di dalamnya. Disamping itu, pastikan juga dirumahmu terdapat pemisah antara sampah organik dan sampah anorganik yang dihasilkan dari rumah.

Agar lebih baik lagi, tempat sampah harus selalu dalam keadaan tertutup dan dikosongkan secara berkala. Mengenai jenis sampah organik, kamu bisa mengolahnya kembali untuk dijadikan pupuk kompos, sementara jenis sampah anorganik dapat didaur ulang menjadi sebuah barang seperti kerajinan tangan.

6. Jangan Menggunakan Material yang Mengandung Zat Kimia

cara menata dekorasi rumah sehat - jangan gunakan material berbahan kimia

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk menciptakan hunian yang sehat, yaitu tidak menggunakan material yang mengandung bahan kimia. Ada beberapa jenis material yang dianggap berbahaya untuk kesehatan, dimana salah satunya seperti penggunaan asbes untuk atap.

Tak hanya itu, usahakan untuk menghindari cat sintetik dan thinner. Sebab cat sintetik dan thinner memiliki kandungan kimia yang cukup tinggi sehingga tidak bagus untuk kesehatan tubuh, terutama untuk saluran penafasan.

Masih belum habis, penggunaan plafon yang berbahan PVC juga dinilai kurang bagus untuk kesehatan pernafasan. Untuk mendapatkan hunian yang sehat, sebaiknya kamu menggunakan plafon lambersering yang berbahan kayu.

Artikel Terkait : Mengenal Jenis-jenis Plafon Kayu

7. Menata Area Taman

cara menata dekorasi rumah sehat - menata area taman

Tak hanya di dalam ruangan, tentu saja rumah yang sehat juga harus diciptakan di area luar ruangan. Kamu dapat memulainya dengan cara menempatkan berbagai jenis tanaman hias. Pasalnya, kehadiran tanaman hias tersebut dapat membantu dalam mengontrol sirkulasi udara, temperatur, hingga tingkat kelembapan udara.

Bahkan tanaman hias ini dapat memberikan efek relaksasi, sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan mental dan psikologis. Adapun mengenai beberapa jenis tanaman hias yang dinilai bagus untuk kesehatan tubuh, seperti lavender, lidah mertua, lemon balm, bonsai, dan lain sebagainya.

Terlebih untuk jenis tanaman sanseviera atau lidah mertua, dimana ia memiliki kemampuan yang dapat menyerap radiasi dari perangkat eletronik lho. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan tanaman bambu yang berfungsi untuk menyerap karbon dioksida 4 x lebih banyak ketimbang tanaman umumnya.

Agar desain tamannya tampak lebih indah dan elegan, maka kamu bisa menggunakan deck wood sebagai material pinggiran lantai.

Produk Terkait -> Parket Lantai Kayu Outdoor

Nah, seperti itulah beberapa cara dalam menata dekorasi rumah sehat.