Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Begini Tata Cara Membuat Konstruksi Tangga Kayu

 

Tata Cara Membuat Konstruksi Tangga Kayu

Konstruksi tangga kayu – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dalam membuat sebuah konstruksi itu akan ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Ya, mulai dari material, desain, ukuran, fungsi, dan lain sebagainya.

Begitu juga dalam membuat konstruksi tangga untuk hunian yang harus dirancang dengan sebaik mungkin. Ada beragam jenis material yang bisa diaplikasikan untuk membuat konstruksi tangga. Beda material yang digunakan, tentu akan beda pula proses pengerjaan konstruksi tangganya.

Seperti halnya cara membuat konstruksi tangga kayu yang berbeda dengan jenis material lainnya. Sebelum membuat konstruksi tangga kayu, pastinya ada berbagai persiapan yang harus dilakukan. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, mending kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

4 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Tangga Kayu

1. Pertimbangkan Jenis Kayu yang Akan Digunakan

Hal pertam yang harus kamu perhatikan sebelum membuat tangga kayu, yakni jenis kayu yang akan digunakan sebagai bahan bakunya. Dalam hal ini, pastinya kamu membutuhkan jenis kayu yang memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang mumpuni.

Pertimbangkan Jenis Kayu yang Akan Digunakan

Adapun mengenai beberapa jenis kayu terbaik yang direkomendasikan seperti kayu jati, Kayu merbau, Kayu ulin, Kayu ebony dan jenis kayu keras lainnya.

2. Menghitung Ukuran Papan Kayu

Selain dari jenisnya, kita juga harus mempertimbangkan ukuran kayu yang akan digunakan. Pada dasarnya, ukuran lebar dan ketebalan kayu memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kekuatan struktur tangga.

Menghitung Ukuran Papan Kayu

Untuk bagian anak tangga, disarankan bagi kamu untuk memilih papan kayu yang berukuran 3 cm x 20 cm atau 4 cm x 20 cm. Sementara untuk bagian ibu tangga, sebaiknya pilih papan kayu yang berukuran 5 cm x 10 cm.

Perlu diketahui, bahwa ukuran tersebut adalah ukuran standar untuk bagian ibu tangga agar bisa menahan beban pijakan pada anak tangga.

Artikel Terkait : Beberapa Pilihan Kayu Pelapis Tangga

3. Memilih Jenis Sambugan Kayu yang Tepat

Disarankan bagi kamu untuk memilih wood joint atau sambungan kayu yang tepat. Tak cuma itu, penyambungan kayu juga harus didukung oleh media perekat berupa lem khusus untuk konstruksi tangga kayu, paku, dan sekrup.

Memilih Jenis Sambugan Kayu yang Tepat

Menurut informasi yang didapat, jenis lem tangga kayu yang terbaik dipasaran itu bernama Crossbond X3. Hal itu bukan tanpa alasan, karena produk tersebut memang dirancang khusus untuk konstruksi penyambungan material kayu.

4. Menentukan Bentuk & Desain Tangga Kayu

Terdapat beberapa bentuk model anak tangga kayu yang bisa diaplikasikan, diantaranya adalah anak tangga ditakik, anak tangga overlapping, dan bersilang. Pada model yang pertama, biasanya ukuran tinggi tangga yang digunakan mencapai 2 meter dengan tingkat kemiringan sekitar 60 derajat.

Menentukan Bentuk & Desain Tangga Kayu

Bentuk tangga tersebut termasuk model tradisional yang mana penempatannya harus ditempatkan pada permukaan tanah keras, serta bagian atasnya akan dihubungkan pada balok tepi lantai rumah panggung.

Berbeda dengan model tanga overlapping yang dapat digunakan pada tangga dengan tingkat kemiringan 24 derajat hingga 45 derajat. Biasanya bentuk tangga ini memiliki ciri khas, yakni sebagian anak tangganya akan terlihat di bawah anak tangga yang berada di atasnya.

Sedangkan untuk model tangga bersilang, maka ia bisa diaplikasikan pada tingkat kemiringan yang mencapai 60 derajat. Akan tetapi, model tangga kayu bersilang ini dinilai kurangan nyaman pada pijakan kaki.

Artikel Menarik Lainnya : Begini Cara Kerja Membuat Epoxy Lantai

Tata Cara Membuat Konstruksi Tangga Kayu

Tata Cara Membuat Konstruksi Tangga Kayu

Setelah mempersiapkan semua yang dibutuhkan, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai tata cara membuat konstruksi tangga kayu. Adapun mengenai penjelasannya seperti berikut:

  • Untuk langkah yang pertama, silahkan ukur jarak ketinggian lantai atas dan bawah yang hendak disambungkan dengan tangga kayu
  • Setelah itu siapkan 4 buah tiang kayu yang berukuran sekitar 5 x 10 cm. Kemudian pasangkan masing-masing tiangnya agar menciptakan dua tiang tangga yang ukurannya sama. Untuk ukuran panjangnya, kamu harus menyesuaikan dengan ketinggian lantai atas dan bawah
  • Mengenai cara menyambungkan kedua kayu tersebut, maka kamu bisa menggunakan lem khusus lalu oleskan pada permukaan kayu yang telah direkatkan, kemudan aplikasikan clamp
  • Agar daya rekatnya lebih kuat, lakukan pemakuan secara berkala pada permukaan kayu. Jika sudah demikian, potong setengah bagian kayunya di area ujung
  • Berikutnya tempelkan kayu pada tembok yang mana tangga akan diaplikasikan. Selain itu, pastikan kedua tangganya disambungkan di bagian yang ujungnya dipotong dengan kayu lain. Lakukan hal yang serupa pada bagian bawah, kemudian dipaku sampai masuk ke dalam lantai
  • Pada bagian tengahnya, buatlah landing support ketiga. Sedangkan untuk ibu tangga, maka potonglah dengan sudut yang sesuai keinginanmu
  • Kemudian sambungkan bagian ibu tangga dengan tiangnya menggunakan lem khusus konstruksi tangga kayu. Apabila kondisinya memungkinan, sebaiknya tempelkan pada bagian tembok yang paling dekat
  • Pada bagian ibu tangga, silahkan ukur secara berkala untuk tempat mengaplikasikan anak tangga
  • Setelah itu beri bantalan untuk anak tangga, beri lem khusus, lalu di paku lagi agar bisa menempel dengan sempurna
  • Selanjutnya potong anak tangga, kemudian tempelkan pada bagian bantalan, beri lem dan di paku
  • Selesai.

Baca juga : Rahasia Mempercantik Tampilan dapur Minimalis

Nah, seperti itulah tata cara membuat konstruksi tangga kayu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membuatnya.