Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengenal Jenis-jenis Kamera CCTV

 

Jenis kamera cctv

Jenis kamera cctv – Keberadaan CCTV benar-benar sangat membantu bagi penghuninya dalam meningkatkan keamanan di berbagai area rumah.

Dengan menggunakan kamera CCTV, tentu saja kita dapat memantau situasi dan kondisi di area sekitar rumah agar terhindar dari berbagai hal-hal yang bersifat kriminal.

Terlebih bagi mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan rumah, sehingga fungsi kamera CCTV benar-benar sangat dibutuhkan.

Akan tetapi, kamera CCTV yang tersedia dipasaran terdiri dari berbagai jenis dengan karakteristik tersendiri lho.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis kamera CCTV, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Kamera CCTV yang Paling Umum

1. Kamera CCTV Analog

Ini dia salah satu jenis kamera CCTV yang memang paling umum digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia merupakan jenis kamera CCTV yang pertama kali diciptakan.

Kamera CCTV Analog

Jenis Kamera CCTV Analog akan bekerja dengan cara mentransmisikan video melalui kabel coaxial ke bagian monitor maupun rekorder.

Dari segi harga, mungkin Kamera CCTV Analog ini lebih murah jika dibandingkan dengan jenis kamera CCTV terbaru.

Selain itu, Kamera CCTV Analog juga memiliki kompabilitas yang luas dengan infrastruktur yang sudah ada.

Namun, kekurangan dari Kamera CCTV Analog ini adalah kualitas gambarnya yang tidak jernih serta sulit untuk di zoom.

Baca juga: Jasa Pasang CCTV Bandung Terbaik dan Harganya

2. Kamera CCTV IP (Internet Protocol)

Sesuai dengan namanya, jenis Kamera CCTV IP ini berbasis koneksi internet yang akan mentransmisikan data gambar.

Kamera CCTV IP (Internet Protocol)

Jika dibandingkan dengan CCTV Analog, tentu saja Kamera CCTV IP memiliki kualitas gambar yang jauh lebih bagus.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Kamera CCTV IP juga sudah dibekali dengan beragam fitur canggih, seperti kemampuan zoom digital hingga sensor pendeteksi gerakan.

Tak hanya sampai disitu saja, Kamera CCTV IP pun bisa dipantau dari jarak jauh melalui layar smartphone dengan koneksi internet.

Itu sebabnya, mengapa Kamera CCTV IP selalu menjadi pilihan utama bagi mereka yang sering beraktivitas di luar rumah agar dapat memantau kondisi rumahnya.

Dengan keunggulannya yang sedemikian rupa, maka wajar saja jika Kamera CCTV IP menawarkan harga yang lebih mahal dari kamera CCTV analog.

Selain harganya yang mahal, penggunaan bandwith internet yang tinggi juga bisa menjadi masalah terhadap kondisi tertentu.

3. Kamera CCTV Dome

Kamera CCTV Dome tampil dengan bentuk bulat atau setengah bulat, yang umumnya diaplikasikan di area plafon maupun dinding.

Kamera CCTV Dome

Sehingga Kamera CCTV Dome kerap kita temui ditempat-tempat umum, seperti mall, bandara, stasiun, rumah sakit, dan fasilitas publik lainnya.

Dengan desainnya yang lebih elegan, Kamera CCTV Dome juga memiliki kemampuan efek menonton sehingga cukup ditakuti oleh para pelaku tindak kejahatan.

Namun sayang, jangkauan sudut pandang pada Kamera CCTV Dome cukup terbatas.

Baca juga: Smart Door Lock: Pintu Rumah yang Berbasis Teknologi Canggih

4. Kamera CCTV Box

Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana jenis kamera CCTV ini tampil dengan bentuk kotak. Keunggulan Kamera CCTV Box ini terdapat pada kemapuan zoom-nya yang begitu tinggi, sehingga cocok diaplikasikan di area terbuka yang luas.

Kamera CCTV Box

Selain itu, Kamera CCTV Box juga memiliki lensa yang bisa diganti sehingga dapat kamu sesuaikan dengan jangkauan sudut pandang yang diperlukan.

Dikarenakan tampilan desainnya yang berbentuk kotak, biasanya Kamera CCTV Box kurang cocok diaplikasikan di dalam ruangan karena dinilai kurang estetis.

5. Kamera CCTV Thermal

Selanjutnya ada Kamera CCTV Thermal yang bekerja melalui infra panas untuk mendeteksi perubahan suhu yang signifikan.

Kamera CCTV Thermal

Sehingga Kamera CCTV Thermal sangat efektif untuk dipasang pada area yang minim cahaya atau gelap, karena ia tidak membutuhkan cahaya dalam menghasilkan gambar.

Melalui kemampuannya ini, Kamera CCTV Thermal kerap diaplikasikan di wilayah-wilayah yang rawan kriminal.

Namun, kekurangan Kamera CCTV Thermal adalah keterbatasannya dalam mengidentifikasi objek karena situasinya yang kurang pencahayaan.

Selain itu, kamera Kamera CCTV Thermal menawarkan harga yang lebih mahal.

Baca juga: Ketahui Fungsi dan Jenis Plamir Untuk Kebutuhan Tembok Bangunan

Tips Merawat Kamera CCTV Agar Awet

1. Bersihkan Secara Berkala

Penting bagi kamu untuk membersihkan kamera CCTV secara berkala dari berbagai hal, seperti debu, kotoran, dan residu lainnya yang dapat mengurangi peforma kamera.

Saat membersihkan kameranya, kamu bisa menggunakan kain lembut dengan gerakan perlahan untuk menghindari goresan pada kamera.

2. Cek Koneksi dan Kabel

Tak hanya cukup dibersihkan, kamu juga harus memeriksa koneksi atau bagian kabel yang rusak karena bisa menyebabkan gangguan terhadap performa kamera CCTV.

Pastikan kamu mengecek semua koneksi dan kabel terpasang dengan aman, untuk mengetahui ada atau tidaknya kerusakan yang terjadi.

Apabila menemukan kabel yang mengalami kerusakan, segera ganti dengan yang baru guna mencegah kerusakan lebih parah.

3. Lakukan Perbaruan Perangkat Lunak

Pastikan untuk memperbarui perangkat lunak sistem kamera CCTV secara teratur. Pasalnya, perangkat lunak ini memiliki peran penting dalam menunjang semua performa kamera CCTV.

Dengan adanya perbaruan perangkat lunak, maka ia dapat meningkatkan sistem keamanan sekaligus juga memperbaiki bug.

Jika kamu tidak mengerti dalam melakukan pembaruan perangkat lunak tersebut, sebaiknya panggil jasa servis kamera CCTV atau meminta tolong pada tetanggamu yang mengerti dibidang ini.

4. Lindungi Kamera CCTV Dari Paparan Cuaca Ekstrim

Tips berikutnya yang dapat kamu lakukan dalam merawat kamera CCTV agar awet, yakni lindungi dari paparan cuaca ekstrim.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena paparan cuaca ekstrim bisa mengurangi performa kamera CCTV bahkan hingga merusaknya lho!

Oleh karenanya, lengkapi kamera CCTV yang ada diarea outdoor dengan menggunakan casing, serta lakukan instalasi dengan benar untuk melindunginya dari elemen eksternal.

Itu dia beberapa tips yang paling efektif dalam merawat kamera CCTV agar awet dan tahan lama.

Nah, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)