Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ketahui Fungsi dan Jenis Plamir Untuk Kebutuhan Tembok Bangunan

 

Fungsi dan jenis plamir tembok

Fungsi dan jenis plamir tembok – Tentunya kita semua sudah tahu, bahwa tembok merupakan pondasi yang memiliki peran penting dalam sebuah bangunan. 

Pasalnya, tembok menjadi penentu terhadap tingkat ketahanan, kekokohan, dan keindahan pada bangunan. Sebelum tembok di cat, biasanya para pekerja akan mengaplikasikan plamir.

Lantas, apa itu plamir? Dan untuk apa fungsinya? Nah, biar kamu gak penasaran, yuk simak langsung penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Plamir Tembok

Pengertian Plamir Tembok

Dari segi fungsi, biasanya plamir digunakan sebagai bahan pengisi untuk melapisi tembok yang mengalami keretakan atau lubang kecil sebelum dilakukan pengecatan.

Langkah tersebut sangat penting dilakukan untuk mencegah terjadinya lagi keretakan dan kerusakan pada tembok dilain waktu.

Tak hanya itu, plamir juga kerap digunakan untuk meratakan permukaan tembok yang terasa kasar atau tidak rata.

Dengan mengaplikasikan plamir, tentu saja permukaan tembok menjadi lebih rata dan halus sehingga dapat memudahkan proses pengecatan.

Jenis-jenis Plamir Tembok

Jenis-jenis Plamir Tembok

1. Plamir Basa Air

Sesuai dengan namanya, jenis plamir ini menggunakan air sebagaibahan utama yang dicampur dengan akrilik atau vinyl.

Kabarnya, plamir basa air dianggap lebih ramah lingkungan karena kandungan VOC yang ada didalamnya terbilang cukup rendah.

Meski berbasis air, nyatanya proses pengeringan dengan plamir basa air relatih lebih cepat lho. Bukan hanya itu, bahkan plamir basa air lebih mudah dibersihkan.

Sehingga hal ini dapat membuat waktu pengerjaan menjadi lebih efisien. Penggunaan pamir basa air pun sama sekali tidak akan meninggalkan bau sehingga cocok digunakan di dalam ruangan.

Baca juga: Seperti Inilah Fungsi Nat Pada Pemasangan Lantai Keramik dan Dinding

2. Plamir Basa Minyak

Jenis plamir yang kedua ini terbuat dari campuran minyak dan minyak alkyd. Dari segi daya tahan, Plamir Basa Minyak memang lebih bagus ketimbang jenis plamir yang berbasis air.

Dikarenakan daya tahan dan kekuatannya yang lebih bagus, tentu saja Plamir Basa Minyak sangat cocok diguanakn untuk diaplikasikan di area dengan tingkat kelembaban yang tinggi, seperti dapur dan kamar mandi.

Selain itu, Plamir Basa Minyak juga memiliki tekstur yang lebih kental sehingga membuatnya mudah diaplikasikan pada permukaan tembok yang kasar maupun tidak rata.

Ketika penggunaan Plamir Basa Minyak sudah kering, maka permukaan tembok menjadi lebih keras dan tahan terhadap benturan serta goresan.

Akan tetapi, salah satu kekurangan dari Plamir Basa Minyak adalah aromanya yang menyengat sehingga tidak cocok diaplikasikan di dalam ruangan. .

3. Plamir Serat

Untuk menutupi lubang yang lebih besar pada permukaan tembok, maka penggunaan Plamir Serat merupakan pilihan yang paling tepat.

Pasalnya, plamir ini memiliki kandungan serat-serat kecil yang mampu meningkatkan kekuatan dan ketahanan daya rekatnya.

Itu sebabnya, mengapa Plamir Serat selalu diandalkan untuk pengerjaan tembok yang membutuhkan kekuatan dan ketahanan tambahan terhadap keretakan.

Bagaimana tidak? Sebab serat-serat yang dimilikinya dapat mencegah retakan baru setelah proses pengeringan, sehingga membuahkan hasil akhir yang lebih tahan lama.

Dengan keunggulannya yang seperti demikian, maka tak heran jika harga Plamir Serat lebih mahal dari jenis plamir air maupun plamir minyak.

4. Plamir Sekali Pakai

Bagi kamu yang lebih suka dengan hal-hal berbau praktis, maka jenis plamir sekali pakai ini adalah jawabannya.

Produk plamir sekali pakai dikemas dalam ukuran kecil yang membuatnya siap digunakan dimana saja dan kapan saja.

Jenis palmir ini sangat cocok digunakan untuk melapisi lubang kecil, retakan, hingga menutupi bekas paku pada permukaan tembok.

Cara penggunannya pun terbilang cukup mudah, yang mana kamu hanya tinggal memencet kemasannya saat hendak mengisi area tembok yang mengalami retak atau berlubang.

Setelah itu, ratakan dan diamkan beberapa saat hingga mengering. Jika sudah selesai digunakan, sisa plamirnya dapat langsung kamu buangtanpa harus menyimpannya kembali.

Nah, karena keunggulannya inilah yang membuat plamir sekali pakai selalu diandalkan untuk pekerjaan kecil di rumah, atau pada pekerjaan yang hanya membutuhkan sedikit plamir dengan durasi cepat.

Baca juga: Fungsi dan Jenis Resin Untuk Berbagai Kebutuhan

Teknik Aplikasi Plamir Tembok

Teknik Aplikasi Plamir Tembok

Meski terlihat sederhana, ternyata penggunaan plamir tembok membutuhkan teknik agar hasil akhirnya lebih maksimal.

Adapun mengenai beberapa tahapan umum pada penggunaan plamir tembok yang harus kamu tahu seperti berikut:

1. Kondisi Tembok Harus Bersih

Sebelum memulai pengaplikasian plamir, kamu harus pastikan bahwa permukaan temboknya dalam kondisi bersih dari debu, kotoran, maupun cat yang mengelupas.

Pasalnya, kondisi tembok yang tidak bersih dapat mengganggu proses pengaplikasian plamir. Kamu bisa membersihkan temboknya dengan menggunakan sikat atau lap kain yang sudah dibasahi dengan air sabun.

2. Mulai Mengaplikasikan Plamir

Setelah permukaan tembok benar-benar bersih, aplikasikan plamir dengan menggunakan spatula khusus atau sendok semen.

Kamu harus mengisi lubang atau keretakan pada tembok dengan plamir secara menyeluruh, kemudian lakukan gerakan yang halus dalam meratakan permukaannya.

3. Lakukan Pengamplasan

Apabila plamirnya sdah kering sempurna, haluskan permukaan tembok dengan menggunakan kertas amplas halus.

Langkah ini penting dilakukan untuk membuat tekstur permukaan temboknya menjadi lebih halus, sehingga dapat memudahkan proses pengecatan.

Artikel serupa: Harga Amplas Halus di Bandung Dari Berbagai Merk Ternama

4. Tahap Pengecatan

Tahap berikut setelah plamir kering dan permukaan temboknya halus, kamu pun sudah bisa memulai proses pengecatan.

Namun, saat pengecatan harus dilakukan secara hati-hati dan perlahan agar hasil akhirnya lebih mulus dan merata.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan? Itu dia ulasan singkat mengenai fungsi dan jenis plamir untuk kebutuhan tembok.

Nah, bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)