Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Mengintip Karakter Jenis-jenis Besi Hollow

Jenis-jenis besi hollow dan masing-masing karakternya

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Mengintip Karakter Jenis-jenis Besi Hollow

Sabtu, 05 Desember 2020

Besi hollow adalah salah satu material bangunan rumah yang saat ini semakin laris dipasaran, karena daya tahannya yang sangat tinggi sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang. Itu sebabnya, mengapa besi hollow sangat populer bagi mereka yang hendak membangun sebuah hunian rumah.

Berkat kekuatannya yang hampir mirip dengan baja ringan, besi hollow pun menjadi pilihan paling tepat untuk beberapa bagian rumah, terutama dari sisi furniture maupun aksesoris rumah. Terdapat beberapa jenis besi hollow yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang jenis-jenis besi hollow, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Beragam Jenis Besi Hollow

1. Hollow Galvanis

Hollow Galvanis

Jenis besi hollow pertama yang akan dibahas, yakni bernama hollow galvanis. Jenis besi yang satu ini bergantung pada lapisan coating yang digunakan guna menahan karat, serta perubahan cuaca ekstrim. Material komposisinya terdiri dari 75% zinc, 1% alumunium, dan 2% bahan lainnya. Hasilnya, besi hollow memiliki kualitas yang sangat mumpuni sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang.


Selain dilapisi dengan serat coating, besi hollow ini juga telah dilengkapi dengan lapisan anti karat lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika jenis besi hollow galvanis kerap dipilih untuk dijadikan pagar rumah tipe sedang maupun minimalis.

2. Hollow Galvalum

Hollow Galvalum

Jika dibandingan dengan jenis besi yang pertama tadi, Hollow Galvalum ini merupakan yang paling kokoh dan tahan lama untuk kebutuhan bangunan rumah. Mengapa demikian? Pasalnya, komposisi Hollow Galvalum terdiri dari 43% besi, 55% alumunium, dan 1,5% silicon.


Walaupun Hollow Galvalum jauh lebih kokoh dibanding hollow galvanis, namun bukan berarti juga bahwa ia tidak memiliki kekurangan. Ya, salah satu kekurangan dari Hollow Galvalum ini akan keropos ketika bersentuhan langsung dengan semen. Maka dari itu, proses pengerjaan bangunan rumah dengan menggunakan Hollow Galvalum memang harus dilakukan secara hati-hati dan professional.

3. Besi Hollow Hitam

Hollow Hitam

Sesuai dengan namanya, tampilan permukaan pada jenis besi hollow yang satu ini mengusung warna hitam keabu-abuan. Hal itu dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan dasar hot-rolled steel, sehingga permukaannya berwarna hitam keabu-abuan. Ukuran besi hollow hitam jauh lebih lengkap ketimbang jenis lainnya, yang sering digunakan untuk pembuatan pagar, ralling tangga, dan kanopi.


Tak hanya itu, besi hollow hitam pun kerap dipakai untuk industry karoseri seperti pembuatan ban truk. Dikarenakan sifatnya yang mudah berkarat, besi hollow hitam tersebut akan dilapisi cat sebagai finishingnya.

4. Hollow Gypsum

Hollow Gypsum

Jenis besi hollow berikutnya yang akan dibahas, yaitu Hollow Gypsum. Dari semua jenis besi hollow yang ada dipasaran, Hollow Gypsum inilah yang paling banyak diminati untuk kebutuhan bangunan rumah. Tak hanya daya tahannya yang kuat, ia juga memiliki bobot yang lebih ringan sehingga dapat memudahkan proses pengerjaan.


Adapun mengenai berbagai ukuran Hollow Gypsum yang tersedia, mulai dari 0,3 mm hingga 0,4 mm. Bahkan yang lebih menariknya lagi, harga yang ditawarkan dari besi Hollow Gypsum cukup bersahabat dengan isi dompet anda lho.

Keunggulan Menggunakan Besi Hollow

·         Material yang Cukup Kuat

Tak berbeda jauh dengan bahan besi baja pada umumnya, besi hollow juga mengusung material yang terbilang cukup kuat. Mengingat akan hal itu, tak mengherankan jika besi hollow dapat menunjang berbagai aktivitas maupun kebutuhan bangunan. 

Tak hanya itu, besi hollow juga sudah diberi lapisan anti karat sehingga permukaannya akan terhindar dari masalah korosi akibat perubahan cuaca ekstrim.

·         Proses Pengerjaan yang Simple

Dengan ukurannya yang cukup panjang, tentu saja membuat besi hollow ini bisa dirancang atau dipasang secara simple dan cepat. Disamping proses pengerjaannya yang simple, ternyata besi hollow juga bisa dibentuk dalam rangkaian yang sudah disesuaikan. Itu sebabnya, mengapa besi hollow sangat ideal untuk diaplikasikan pada konstruksi bangunan rumah maupun renovasi.

·         Perawatan yang Tidak Ribet

Mengingat besi hollow sudah dilapisi dengan lapisan anti karat, pastinya hal tersebut dapat menghasilkan kualitas yang sangat mumpuni. Mengenai cara perawatannya, anda cukup melakukan perwatan berkala setidaknya dalam kurun waktu 3 – 4 bulan, guna membersihkan beberapa bagiannya.

·         Tahan Terhadap Api

Keunggulan selanjutnya dari besi hollow yang harus anda ketahui, yakni tahan terhadap api. Alhasil, besi hollow mampu meredam berbagai terpaan perubahan cuaca yang ekstrim. Ya, hal itu juga berkat lapisan anti karat dan serat coating yang dimilikinya.

Kekurangan Besi Hollow

·         Harga yang Cenderung Lebih Mahal

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa harga tidak akan pernah membohongi kualitas. Setiap produk yang dibanderol dengan harga mahal, tentu saja sudah menjamin soal kualitasnya yang begitu baik. Bagitupun pada besi hollow, dimana harga mahalnya sangat sebanding dengan kualitas yang dimilikinya sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu panjang.

·         Tidak Mampu Menahan Beban yang Berat

Selain harganya yang cenderung mahal, kekurangan lain dari besi hollow ini adalah ketidakmampuannya dalam menahan beban yang berat. Itu sebabnya, besi hollow tidak ideal digunakan untuk rangka maupun plafon rumah. Dengan kata lain, besi hollow hanyak cocok dijadikan beberapa bagian seperti sekat atau wardrobe dapur.

Silahkan cek tautan ini : https://www.prorumah.com/2020/03/kenali-jenis-plafon-kayu-dan-tips.html

·         Tidak Tahan Terhadap Semen (Jenis Hollow Galvalum)

Dari ketiga jenis besi hollow, jenis hollow galvalum inilah yang tidak memiliki ketahanan terhadap semen. Dikarenakan hal itu, jenis hollow galvalum tidak direkomendasikan untuk digunakan langsung dengan semen. Mengapa demikian? Pasalnya, hal tersebut dapat membuat besi hollow galvalum menjadi lebih mudah korosi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Dalam Membeli Besi Hollow

1. Memilih Distributor yang Terpercaya

Tips memilih besi hollow

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam membeli besi hollow, yakni memilih distributor yang terpercaya. Mengapa demikian? Dengan memilih distributor yang sudah terpercaya, tentu saja mereka akan memberikan saran seputar jenis-jenis besi hollow yang memang anda butuhkan. Alhasil, anda pun akan mendapatkan besi hollow yang sesuai dengan fungsinya.

2. Perhatikan Produknya Secara Detail

Tips memilih besi hollow

Dalam hal ini, disarankan bagi anda untuk memperhatikan produk besi hollow secara detail. Singkatnya, pilihlah produk besi hollow yang memang banyak dicari oleh konsumen. Selain itu, carilah harga yang kompetitif agar anda bisa menghemat pengeluaran sehingga dapat dipergunakan untuk kebutuhan lainnya.

3. Memilih Besi Hollow yang Sesuai Dengan Fungsinya

Tips memilih besi hollow

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa produk besi hollow terdiri dari beberapa jenis. Tentu saja setiap jenisnya memiliki fungsi dan karakteristik yang berbeda-beda. Oleh karena itu, anda harus memilih besi hollow yang sesuai dengan fungsi dan kebutuhan.  


Seperti itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam membeli besi hollow. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, pastinya anda terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

 

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang