Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Berapakah Harga Pasir Beton di Bandung 2021? Yuk, Kita Cari Tahu

Pasir Beton Penunjang Konstruksi Bangunan



Pada proses pembuatan konstruksi bangunan, tentu saja pasir menjadi salah satu bahan material yang wajib ada. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pasir memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun sebuah konstruksi. Ya, fungsi pasir itu sendiri sangat beragam, mulai dari perekat batu bata, pembuatan spesi mortar, pembuatan keramik, pengaspalan jalan, plester dinding, dan masih banyak lagi.

Ada banyak sekali jenis-jenis pasir yang tersedia di pasaran, sehingga sangat penting bagi kita untuk mengenali karakteristiknya. Pasalnya, masing-masing jenis pasir tersebut mempunyai karakteristik dan wujud fisik yang berbeda-beda lho. Seperti halnya pasir beton, yang memang menjadi salah satu jenis pasir yang paling banyak digunakan dalam konstruksi bangunan.

Nah, ngomong-ngomong soal pasir beton, pada kesempatan kali ini juga akan memberikan informasi seputar daftar harga pasir beton di Bandung yang terbarunya. Untuk mempersingkat waktu, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Harga Pasir Beton di Bandung 2021

No

Jenis Pasir

Jumlah Pesanan

Harga

1

Pasir Beton Galunggung

1 Truk

Rp 7.800.000

2

Pasir Beton Cimalaka

1 Mobil Colt

Rp 1.400.000

3

Pasir Beton

1 karung (25 kg)

Rp 15.000

4

Pasir Beton / Batu Split

1 Mobil Colt

Rp 1.850.000

 

Perbandingan Pasir Beton Vs Pasir Pasang



Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa pasir untuk konstruksi bangunan itu terdiri dari beragam jenis. Namun, jenis pasir beton dan pasir pasang inilah yang memang paling banyak digunakan. Lantas, seperti apakah perbedaannya? Adapun mengenai perbedaan pasir beton dengan pasir pasang seperti dibawah ini.

1. Karakteristik & Ciri Khas Pasir Beton



Dari sisi wujudnya, jenis pasir beton ini mengusung warna abu-abu gelap hingga kehitaman. Sedangkan dari sisi tekstur, pasir beton memiliki tekstur yang sangat halus saat dipegang. Bukn hanya itu, ketika kamu menggemgamnya, maka pasir beton ini tidak membentuk gumpalan dan akan langsung membuyar.

Manfaat Pasir Beton



Mengingat jenis pasir yang satu ini memiliki tekstur yang sangat halus, maka tak heran juga jika ia sering digunakan untuk menguatkan serta merekatkan material lainnya seperti batu bata dan batako. Adapun mengenai manfaat lainnya seperti untuk merekatkan batu pondasi, plester dinding rumah, dan pengecoran dinding.



Selain daya tahannya yang begitu kuat, penggunaan pasir beton juga akan membuat hasil akhir plesteran dinding menjadi lebih mulus lagi. Bukan hanya itu, bahkan pasir beton juga sering dipakai untuk material agregat halus dalam proses pembuatan beton precast.

Persyaratan Pasir Beton yang Berkualitas

  • Kondisi pasir beton harus bersih. Saat diuji dengan menggunakan larutan pencuci khusus, maka tinggi endapan pasir yang terlihat dibanding dengan tinggi semua endapan tidak kurang dari 70%
  • Kadar butiran pasir beton yang melalui proses pengayakan adalah 0,063 mm, dan tidak boleh lebih dari 5% berat
  • Tingkat angka kehalusan butir pasir (FM) berada di kisaran 2,2 sampai 3,2. Ketika diuji dengan rangkaian ayakan, maka angkanya terdiri dari 0,16 : 0,315, 0,63 : 1,25, 2,50, 0,5 dan 10 mm. Sedangkan fraksi yang melalui ayakan berkisar 0,3 mm atau minimalnya 15% berat
  • Pasir beton tidak boleh mampunyai kandungan zat organic karena bisa mengurangi kualitas beton. Maka dari itu, pasirnya akan direndam dalam cairan 3% NaOH sehingga cairan diatas endapannya tidak boleh lebih gelap dari warna larutan pembanding
  • Sifat kekelan pasir terhadap Na4SO4 merupakan fraksi yang hancur dan tidak boleh lebih dari 12% berat. Sedangkan kekelan terhadap larutan MgSO4 adalah fraksi yang hancur dan tidak boleh lebih dari 10% berat
  • Untuk beton dengan tingkat keawetan yang tinggi, maka reaksi filternya terhadap zat alkali harus berstatus negatif

2. Karakteristik & Ciri Khas Pasir Pasang

Pada tingkat kehalusannya, pasir pasang ini memang lebih halus dari jenis pasir beton. Tak hanya karakteristik butiran dengan ukuran agregat yang lebih kecil dan halus, namun pasir pasang ini juga memiliki elemen yang lebih padat. Saat kamu menggenggam dan mengepalkan pasir beton, maka pasirnya tidak akan membuyar dan masih tetap menggumpal. Disamping itu, pasir pasang juga terbagi lagi kedalam dua jenis berbeda yakni pasir pasang gunung dan pasir pasang sungai.

Penelusuran terkait -> Harga Pasir Pasang di Bandung 2021

Pasir Pasang Gunung



Pasir pasang gunung adalah jenis pasir yang didapat dari hasil galian di dataran tinggi atau pegunungan. Ciri khas dan karakteristik dari pasir pasang gunung, yakni memiliki butiran dengan tekstur yang kasar dan tidak terlalu keras. Selain itu, ia juga memiliki kandungan pozolan yang dapat mengeras dan menggumpal saat dicampurkan dengan air dan kapur padam.

Pasir Pasang Sungai



Seperti namanya, jenis pasir yang satu ini memang berasal dari sungai yang ukuran butirannya tidak terlalu besar. Hal itu bisa kita ilhat, dimana ukuran pasir pasang gunung ini hanya mencapai 0,63 mm hingga 5 mm saja.

Adapun mengenai manfaat dari pasir pasang gunung yang sering dijadikan sebagai salah satu bahan dalam proses pengecoran, yang nantinya akan dicampur dengan jenis pasir pantai. Pasalnya, penggabungan pasir pasang sungai dengan pasir pantai ini akan membuat daya tahan cor menjadi lebih kuat dan tahan lama.

Manfaat Pasir Pasang Secara Umum

Mengingat karakteristiknya yang mudah menggumpal, lebih padat, dan bertekstur halus, maka tak heran jika pasir pasang ini sangat cocok digabungkan dengan jenis pasir beton. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggabungan kedua jenis pasir tersebut akan membuat hasil akhir pada pondasi plesteran dinding menjadi lebih kuat, halus, dan rapi.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Pasir

1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Dikarenakan jenis pasir yang tersedia dipasaran terdiri dari beberapa macam, tentu saja kita harus memilih pasirnya yang sesuai dengan kebutuhan. Tak hanya itu, kita juga harus menyesuaikan dengan budget. Pasalnya, pasir dijual dalam jumlah yang bervariasi, mulai dari per kilogram, per karung, per satu mobil colt, dan per truk.

2. Pastikan Kondisinya Harus Bersih

Perlu kalian ketahui, bahwa pasir yang berkualitas bagus itu tidak memiliki kandungan kotoran organic seperti ranting lapuk, lumpur, daun kering, dan bahan-bahan asing lainnya. Itu sebabnya, mengapa pasir yang bersih kerap dibanderol dengan harga yang lumayan mahal.

3. Mengecek Pasir Dengan Menggenggamnya

Untuk mengetahui kualitas pasir, kita bisa melakukan dengan cara menggenggamnya. Ya, coba genggam pasir tersebut dengan kedua telapak tanganmu, lalu buka lagi genggamannya lalu jatuhkan pasir dengan menepukkan tangan.

Apabila pasirnya jatuh dengan mudah dan tidak meninggalkan bekas pada kedua telapak tanganmu, maka pasir tersebut benar-benar berkualitas bagus. Jika sebaliknya pasir meninggalkan bekas di telapak tangan, maka ia memiliki kualitas rendah.