Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Pengertian Genteng Metal Beserta Keunggulan dan Kekurangannya

Seperti inilah keunggulan dari jenis-jenis genteng metal

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Pengertian Genteng Metal Beserta Keunggulan dan Kekurangannya

Jumat, 04 Desember 2020

 

Genteng metal merupakan salah satu jenis atap bangunan yang materialnya terbuat dari bahan logam. Dewasa ini, genteng metal kerap dipilih untuk diaplikasikan pada beragam jenis bangunan seperti hunian rumah, perkantoran, pabrik, dan lain sebagainya. Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan logam, maka tak heran jika genteng metal ini memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding jenis genteng lainnya.

Menurut informasi yang di dapat, kekuatan pada genteng metal ini mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya. Namun, kekuatannya sendiri juga tergantung pada jenis bahan logam yang digunakannya. Bukan hanya itu, risiko kemungkinan gentengnya bergeser juga lebih kecil karena desainnya yang menciptakan rangkaian stabil. Selain fungsi utamanya sebagai atap rumah, penggunaan genteng metal ini juga tentunya akan mempermanis tampilan rumah kita.

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa genteng metal belakangan ini banyak diaplikasikan pada hunian rumah. Itu artinya, genteng yang berbahan logam tersebut memang sudah terbukti lebih kuat dibanding jenis genteng lainnya. Ya, seperti halnya jenis genteng berbahan tanah liat yang rawan terhadap kerusakan, karena daya tahannya memang terbatas. Ketika musim penghujan tiba, tentu saja kerusakan di bagian atap rumah akan membuat kita menjadi tidak tenang.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai jenis-jenis genteng metal, mari kita simak saja langsung ulasan dibawah ini.

Jenis-jenis Genteng Metal

1. Genteng Metal Standing Steam

genteng metal - standing steam

Jenis genteng metal yang pertama ini memiliki ciri khas berupa garis lurus yang berjajar di bagian atasnya. Tak hanya itu, genteng metal standing steam juga mengusung warna yang cenderung mengkilap dan mulus sehingga dapat membuat tampilan rumah menjadi lebih menarik. Itu sebabnya, mengapa jenis genteng metal standing steam kerap dipasang pada rumah-rumah komersil. Standing steam menghadirkan system interlock, dimana bagian rangka atapnya sudah menyatu langsung dengan genteng. Tentu saja hal tersebut akan membuat gentengnya tahan terhadap goncangan dan tidak mudah merosot.

2. Genteng Metal Stainless Steel

genteng metal - stainless steel

Material dari Genteng Metal Stainless Steel ini terbuat dari bahan ultra permanen sehingga menjadi perlindungan paling sempurna untuk sebuah bangunan. Bobot dari jenis genteng metal stainless steel memang lebih berat dari bahan alumunium. Dengan demikian, maka tak jeran jika Genteng Metal Stainless Steel ini sangat populer bagi rumah-rumah yang tinggal di wilayah dengan cuaca ekstrim. Bahkan, Genteng Metal Stainless Steel kerap diaplikasikan pada bangunan-bangunan besar untuk fasilitas umum seperti stadion sepak bola. Belakangan ini pun Genteng Metal Stainless Steel kerap dipilih untuk perhotelan, pabrik, dan perkantoran.

3. Genteng Metal Tembaga

genteng metal tembaga

Sesuai dengan namanya, dimana jenis genteng metal yang satu ini terbuat dari bahan tembaga yang memang dapat memberikan kesan lebih nyentrik. Tak hanya itu, material tembaga pada genteng metal juga memiliki daya tahan yang begitu mumpuni. Bagaimana tidak, sebab genteng metal berbahan tembaga ini mampu bertahan hingga 100 tahun lamanya lho. Berkat kekokohannya, genteng metal tembaga pun kerap dipakai pada bangunan-bangunan kuno bersejarah yang masih eksis hingga sekarang ini. Akan tetapi, harga genteng metal berbahan tembaga lebih mahal ketimbang jenis lainnya.

4. Genteng Metal Galvalume Steel

genteng metal - galvalume steel

Genteng Metal Galvalume Steel mengusung material besi sebagai bahan dasarnya, yang kemudian dilapisi dengan alumunium dan seng. Hasilnya, genteng metal yang satu ini pun tampak lebih tebal dan kokoh. Pada umumnya, Genteng Metal Galvalume Steel memiliki bentuk berupa lembaran yang ditanam pada balok rangka atau direkatkan dengan menggunakan skrup. Meski ukurannya tebal, ternyata Genteng Metal Galvalume Steel ini memiliki bobot ringan. Bahkan, teksturnya pun tergolong cukup lentur sehingga akan lebih mudah lagi saat proses pemasangannya. Menariknya lagi, Genteng Metal Galvalume Steel ini tidak mudah berkarat.

5. Genteng Metal Spandek

genteng metal - spandek

Material Genteng Metal Spandek terbuat dari bahan galvalume yang dicampur dengan bahan alumunium dan seng. Tak hanya itu, ia juga diberi tambahan silicon sehingga membuat teksturnya menjadi lentur. Meksipun bertekstur lentur, namun Genteng Metal Spandek ini sudah terbukti kuat dan tahan lama. Pada umumnya, Genteng Metal Spandek kerap dipasangkan pada bangunan-bangunan besar seperti pabrik, ruko, mall, gudang, dan lain sebagainya. Ciri khas dari genteng metal yang satu ini, yaitu bagian permukaannya yang bergelombang sehingga dapat memudahkan proses pengecatan. Namun, harga Genteng Metal Spandek dipasaran tergolong mahal serta proses pemasangannya pun tergolong cukup lama.

6. Genteng Metal Berpasir

genteng metal - pasir

Bahan dasar dari Genteng Metal Berpasir ini berupa serbuk bebatuan yang kemudian dicampur dengan berbagai jenis bahan lainnya, seperti zincalume, zinc phospat, dan campuran coralfex. Pada umumnya, jenis genteng metal yang satu ini kerap digunakan untuk rumah-rumah komersil. Pasalnya, Genteng Metal Berpasir ini memiliki sifat yang anti pecah, tahan benturan, tahan goresan, serta dapat meredam hawa panas. Hasilnya, ruangan di dalam rumah anda pun tidak akan terasa panas. Belum lagi dengan teknologi warnanya yang cukup baik, sehingga warna pada gentengnya tidak akan mudah luntur meski diterpa perubahan cuaca. Ukuran pada Genteng Metal Berpasir ini cukup bervariasi, yakni mulai dari 0,2 mm hingga 0,4 mm.

7. Genteng Metal Millenium

genteng metal - millenium

Jenis genteng metal berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Genteng Metal Millenium. Meski tergolong sebagai jenis genteng metal yang baru, namun penjualan Genteng Metal Millenium ini sudah terbukti cukup laris.dipasaran. Sebab ia memiliki tampilan dengan mengusung warna metalik, yang membuatnya lebih mengkilap dan menarik saat terkena paparan sinar matahari. Materialnya terbuat dari bahan stainless steel berkualitas premium ASTMA 240, yang sudah dilengkapi dengan interlock system (rangka menyatu dengan genteng). Meski bobotnya lebih ringan, namun Genteng Metal Millenium ini memiliki daya tahan yang sangat mumpuni. Bahkan, warnanya juga tidak akan memudar meski terkena hujan maupun panas.

Keunggulan Menggunakan Genteng Metal

Keunggulan pertama menggunakan genteng metal yang harus anda ketahui, yakni dapat memenuhi kebutuhan semua jenis arsitektur. Ya, hal tersebut juga tidak terlepas dari beberapa keunggulan yang dimilikinya, seperti tahan terhadap keretakan, penyusutan, dan pengikisan. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi memikirkan soal perawatannya. Bukan hanya itu, genteng metal pun tahan terhadap perubahan cuaca. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, genteng metal mampu menahan api saat terjadi kebakaran. Belum lagi dengan interlock system yang diusungnya, sehingga membuatnya tahan terhadap goncangan maupun terpaan angin kencang.

Kekurangan Genteng Metal

Dibalik berbagai keunggulan yang dimilikinya, ternyata ada dua kekurangan genteng metal yang harus anda ketahui. Kekurangan yang pertama, yakni bagian permukaannya yang mudah penyok saat terinjak ketika proses pemasangan. Kekurangan yang kedua, yakni dapat menimbulkan suara bising atau berisik saat terjadi hujan lebat. Apabila anda tidak ingin terganggu oleh suara berisik dari guyuran hujan, maka pilihlah jenis genteng metal berpasir.  

Silahkan cek tautan ini : Hagra Genteng Metal Pasir Murah di Bandung

BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang