Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ingin Gunakan Atap Sirap Kayu? Cek Dulu Kelebihan dan Kekurangannya

 

Atap sirap kayu

Atap sirap kayu – Sebenarnya ada banyak sekali jenis-jenis material yang bisa digunakan sebagai atap untuk hunian. Tentu saja pada masing-masing jenis material atap tersebut menghadirkan spesifikasi yang berbeda.

Seperti halnya atap sirap kayu yang memiliki ciri khas berbeda dengan jenis material atap pada umumnya. Lantas, apa yang dimaksud dengan atap sirap kayu?

Nah, untuk kamu yang ingin tahu seluk beluk seputar atap sirap kayu, simaklah baik-baik penjelasannya di bawah ini.

Pengertian Atap Sirap Kayu

Sirap merupakan variasi atap yang bahannya terbuat dari kayu berkualitas tinggi. Dengan kata lain, tidak semua jenis kayu dapat dijadikan bahan baku untuk atap sirap.

Pengertian Atap Sirap Kayu

Ada beberapa kriteria pada jenis kayu yang dinilai cocok untuk dijadikan atap sirap, seperti tahan terhadap cuaca, tidak mudah mengalami keropos, memiliki tingkat kekuatan mumpuni, hingga tahan terhadap serangan rayap.

Mengingat kayu yang digunakan haruslah berkualitas tinggi, maka tak heran jika penggunaan atap sirap kayu hanya berlaku pada hunian kalangan menengah ke atas saja.

Dari segi tampilan, genteng sirap kayu ini benar-benar dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Begitupun dalam segi pemasangannya yang berbeda dengan jenis genteng pada umumnya.

Sehingga proses pemasangan genteng sirap kayu harus dikerjakan oleh orang-orang yang memang ahli dalam bidangnya.

Kelebihan Atap Sirap Kayu

1. Dapat Mempertegas Kesan Etnik dan Artistik

atap sirap kayu Dapat Mempertegas Kesan Etnik dan Artistik

Mengingat materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, sudah pasti penggunaan atap sirap dapat menonjolkan kesan etnik dan artistic pada sebuah hunian.

Pada umumnya, atap sirap kayu berupa lembaran-lembaran kayu yang mana bagian ujungnya berbentuk lancip. Sedangkan tampilan warnanya cukup bervariasi, mulai dari cokelat, hitam, abu-abu, merah tua, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Ingin Gunakan Atap Asbes? Ketahui Dulu Keunggulan dan Kekurangannya

2. Tahan Pada Perubahan Cuaca

atap sirap kayu Tahan Pada Perubahan Cuaca

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa atap sirap menggunakan jenis kayu dengan kualitas tinggi. Alhasil, atap sirap kayu akan tahan terhadap berbagai faktor cuaca, seperti sengatan sinar matahari dan guyuran air hujan.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, atap sirap kayu juga memiliki kemampuan yang dapat menyerap panas sehingga suhu didalam rumah akan tetap terasa sejuk meski cuaca sedang panas-panasnya.

3. Proses Instalasi yang Tergolong Mudah

Proses Instalasi yang Tergolong Mudah

Tak hanya tahan terhadap berbagai faktor cuaca, proses pemasangan genteg sirap kayu juga terbilang cukup mudah. Tentu saja hal ini sangat membantu dalam menghemat biaya operasional, karena proses pemasangannya tidak akan memakan waktu yang lama.

4. Kuat dan Tahan Lama

atap sirap kayu kuat dan tahan lama

Dalam industry perkayuan, jenis kayu yang sering diandalkan sebagai bahan baku untuk atap sirap itu berupa kayu ulin. Mengapa harus kayu ulin?

Pasalnya, kayu ulin memiliki kualitas yang diatas rata-rata kayu lainnya. Hal itu terbukti, yang mana tingkat keawetan kayu ulin  mampu mencapai ratusan tahun. Sehingga tak heran jika kayu ulin sangat ideal dijadikan bahan baku untuk atap sirap.

Artikel Serupa : Perbandingan Kayu Bengkirai dan Ulin, Mana yang Lebih Baik?

5. Semakin Tua, Tampilannya Semakin Indah

Semakin Tua, Tampilannya Semakin Indah

Apakah kamu pernah mendengar sebuah peribahahasa “Tua-tua Keladi, makin tua makin menjadi”? Ya, itulah yang terjadi pada penggunaan atap sirap kayu. Semakin tua usia penggunaannya, maka atap sirap kayu tersebut akan terlihat semakin indah.

Berkat tampilannya yang semakin indah, secara otomatis hal itu dapat membuat nilai property semakin meningkat. Jadi, kamu bisa menjual rumah dengan harga yang lebih tinggi lagi.

Kekurangan Atap Sirap Kayu

Setelah mengetahui tentang kelebihannya, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai kekurangan atap sirap kayu. Adapun mengenai beberapa kekurangan dari atap sirap kayu yang harus kamu ketahui seperti dibawah ini:

  • Menawarkan harga yang lebih mahal dari bahan genteng biasa
  • Proses perawatan yang tergolong rumit, terutama ketika terjadi kebocoran karena akan sulit menemukan sumbernya
  • Tidak semua toko material bangunan menyediakan bahan kayu dengan kualitas tinggi.

Tips Merawat Atap Sirap Kayu:

Kendati material atap sirap menggunakan kayu berkualitas tinggi, namun tetap saja ia memerlukan perawatan khusus agar usia pemakaiannya bisa lebih lama lagi. Untuk cara perawatan atap sirap kayu yang harus dilakukan seperti berikut:

  • Beri Cairan Antirayap

Disarankan bagi kamu untuk menyemprotkan cairan antirayap pada genteng sirap kayu secara rutin dan teratur. Jika kamu tidak tahu soal cara menggunakannya, maka mintalah bantuan pada orang yang mengerti atau ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan obat rayapnya.

  • Lakukan Pengecatan Ulang

Umumnya kegiatan pengecatan ulang pada atap sirap kayu dilakukan minimalnya setiap 5 tahun sekali, serta memberikan zat warna setiap 3 tahun sekali. Apabila kamu tinggal di daerah dengan tingkat curah hujan yang tinggi, maka disarankan untuk menggunakan cat yang khusus kayu.

Artikel Serupa : Rekomendasi Jenis Finishing Terbaik Untuk Kayu

  • Lakukan Pemeriksaan Struktur

Hal berikutnya yang harus diperhatikan dalam merawat genteng sirap kayu, yakni dengan melakukan pemeriksaan strukturnya secara keseluruhan. Dalam hal ini kamu harus memastikan posisi atap kayunya tidak ada yang bergeser.

Tak hanya itu, perhatikan juga pada setiap lembaran kayunya untuk memastikan ada atau tidaknya kebocoran. Seandainya menemukan masalah, segera minta jasa yang ahli dalam memperbaiki atap sirap kayu.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai kelebihan dan kekurangan atap sirap kayu, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat hendak menggunakannya.