Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Fungsi Rooftop dan Bahan-bahan Terbaik Untuknya

 

Fungsi Rooftop dan Bahan-bahan Terbaik Untuknya

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan istilah rooftop? Ya, objek yang satu ini kerap kita jumpai pada bangunan-bangnan komersil, seperti hotel, café, restoran, cottage, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, sebagian besar masyarakat kita justru menjadikan rooftop sebagai tempat untuk menjemur pakaian. Bahkan, ada pula sebagian dari mereka yang sama sekali tidak memanfaatkan keberadaan atap rumahnya.

Padahal, ada banyak sekali fungsi atau manfaat yang akan kita dapatkan pada rooftop tersebut lho. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi tentang rooftop, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Apa Itu Rooftop..??

Rooftop adalah sebuah atap datar berupa dek beton pada rumah bergaya modern minimalis, yang pembuatannya benar-benar dirancang dengan teliti. Di kawasan Eropa, masyarakatnya kerap memanfaatkan atap rumah untuk dijadikan garden roof (taman atap).

Selain dapat mempercantik tampilan rumah, kehadiran garden roof tersebut juga akan berpengaruh terhadap lingkungan agar tampak lebih asri dan sejuk. Lantas, seperti apakah manfaat dari rooftop?

Fungsi dan Manfaat Rooftop

1. Tempat Untuk Mengadakan Pesta Barbeque

fungsi rooftop

Ketika ada acara-acara liburan seperti malam tahun baru, kamu pun bisa memanfaatkan rooftop untuk dijadikan tempat pesta barbque sambil memandangi keindahan peluncuran kembang api di atas langit. Jika area rofftop-nya tidak terlalu besar, maka kamu bisa menggunakan pemanggang portable.

Namun jika area rooftop-nya luas, tentu saja kamu harus menggunakan pemanggang permanen yang lengkap dengan tempat penyimpanan perabotan atau peralatan lainnya.

Bukan hanya itu, jangan lupa juga untuk menyediakan set meja makan maupun tempat duduk yang nyaman. Bahkan, kamu bisa membuat dek yang ditinggikan sebagai tempat duduk lesehan.

Baca Juga : 6 Ide Desain Cafe Outdoor yang Dijamin Akan Diserbu Pengunjung

2. Sebagai Ruang Makan Outdoor

Sebagai Ruang Makan Outdoor

Disaat cuaca sedang cerah atau cuaca yang cukup sejuk, tentunya menikmati makan bersama keluarga tercinta di ruang terbuka adalah momen yang paling menyenangkan.

Oleh karenanya, persiapkan ruang yang cukup pada area rooftop untuk menempatkan set meja makan dengan sejumlah kursi. Jika kamu masih ingin ada tamannya, alokasikan area rooftop dengan demikian rupa.

3. Untuk Ruang Santai Outdoor

untuk ruang santai outdoor

Disamping menjadi tempat untuk ruang makan outdoor, keberadaan rooftop juga bisa kamu manfaatkan sebagai ruang santai outdoor. Walau tampak sama, namun perbedaannya terdapat pada pemilihan jenis perabotan.

Sedangkan untuk ruang santai outdoor, maka kamu harus memilih jenis-jenis perabotan yang fleksibel dan nyaman untuk bersantai.

Contohnya seperti duduk berselonjor sambil membaca buku, tiduran, ngemil, atau sekedar untuk berbincang-bincang sembari menikati suasana santai.

Terdapat jenis-jenis perabotan yang direkomendasikan seperti sofa dengan bantal yang nyaman, kursi malas, sofa bed, bean bags, dan lain sebagainya. Dengan begitu, maka ruang santai tersebut juga bisa kamu alokasikan bersama roof graden.

Baca Juga : Tips Dalam Memilih Kabinet Dapur Terbaik Untuk Dapur Idaman

4. Tempat Untuk Meneropong Bintang

Tempat Untuk Meneropong Bintang

Bagi yang rumahnya kebetuln berada di kawasan minim polusi dan cukup terbuka, maka keberadaan rooftop bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk meneropong benda-benda di langit.

Untuk hal ini, alokasikan ruang yang cukup luas dan bebas halangan untuk meletakkan teropong bintang portable.

Jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan tempat duduk yang nyman untuk bersantai sambil menikmati keindahan langit di malam hari.

5. Dijadikan Kolam Renang Atau Jacuzzi

Dijadikan Kolam Renang Atau Jacuzzi

Umumnya kolam renang di atas itu kerap kita jumpai di perhotelan. Namun, kini kamu juga bisa mendapatkan sebuah kolam renang di atap pada rumah pribadi.

Akan tetapi, dalam pembuatan kolam renang di area rooftop rumah harus ada perencanaan yang matang dan perhitungan struktur yang lebih teliti oleh ahlinya.

Dengan demikian, maka tidak akan ada risiko kebocoran, rembes, atau kegagalan struktur. Sebab, sedikit kesalahan dalam pembuatannya bisa berakibat fatal bagi semua penghuni rumah. Sebagai alternatif lain, kamu bisa menempatkan hot tub atau portable jacuzzi.

6. Untuk Ruang Pertemuan

Untuk Ruang Pertemuan

Fungsi berikutnya dari keberadaan rooftop di rumah, yakni bisa dijadikan sebagai tempat atau ruang pertemuan. Guna mengakomodir kebutuhan ini, kamu hanya perlu mengalokasikan ruang untuk menempatkan set meja kursi yang sesuai.

Jika intensitas pertemuannya cukup sering, maka harus dibuat ruang yang lebih permanen.

Selain itu, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan pantry minimalis untuk menyiapkan berbagai menu jamuan kepada para tamu.

Apabila area rooftop-nya cenderung luas, maka kamu bisa mengkombinasikannya dengan beragam fungsi agar lebih efektif. Perhatikan Juga bahwa setiap fungsinya sudah dilengkapi dengan fasilitas dan perabotan yang mumpuni.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membuat Rooftop

  • Pastikan rooftop mempunyai struktur cukup kuat untuk menahan fungsi yang diterapkan
  • Pastikan bidang atap tidak mengalami bocor atau rembes, terlebih jika pada rooftop terdapat fungsi-fungsi lain seperti roof garden, kolam renang, dan lain sebagainya
  • Apabila hendak menempatkan roof garden (taman atap), maka pilihlah jenis tanaman yang tahan terhadap perubahan cuaca dan mudah dirawat.  Pilihlah jenis furniture yang tahan terhadap perubaan cuaca dan tidak mudah berkarat, agar bisa digunakan dala jangka waktu yang lama
  • Untuk mendapatkan kenyamanan yang maksimal, berikan atap pelindung dalam mengantisipasi paparan sinar matahari secara langsung maupun guyuran hujan.

Jenis-jenis Bahan Terbaik Untuk Pembuatan Rooftop

1. Bahan Untuk Atapnya

atap pvc

Untuk bagian atap rooftop, sebaiknya amu memilih jenis atap UPVC. Mengapa harus UPVC? Pasalnya, jenis atap UPVC memiliki kualitas yang bagus sehingga sangat ideal dijadikan bahan atap untuk rooftop.

Bukan hanya itu, bahkan harga yang ditawarkannya pun lebih murah dibandingkan dengan jenis-jenis material atap lainnya lho.

Atap UPVC juga sudah terbukti dapat meredam panas dengan baik, sehingga kamu tidak akan merasa kepanasan meski berada di bawah paparan sinar matahari. Lebih hebatnya lagi, atap UPVC ini mampu meredam suara berisik dari guyuran air hujan yang deras.

Keunggulan berikutnya dari atap UPVC yang harus kamu ketahui, yakni kokoh dan kuat sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Bahan Untuk Lantai Rooftop

Bahan Untuk Lantai Rooftop - lantai kayu

Jika bahan atapnya cocok menggunakan bahan UPVC, maka bahan lantai terbaik yang cocok untuk rooftop adalah wood decking alias lantai kayu outdoor. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat decking kayu sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Itu artinya, tingkat pemuaian dan penyusutan pada decking kayu sangat rendah. Bukan hanya itu, decking kayu juga tahan terhadap serangan rayap maupun jenis hama serangga pemakan kayu lainnya lho.

Dengan menggunakan decking kayu, maka tampilan rooftop akan terkesan lebih mewah, elegan, nyaman, dan natural. Terdapat jenis-jenis decking kayu terbaik yang direkomendasikan seperti :

  • Decking kayu bengkirai
  • Decking kayu ulin
  • Decking kayu merbau
  • Decking kayu keruing

Untuk kelengkapan informasi seputar decking 

silahkan klik -> Parket Lantai Kayu Outdoor

Nah, itulah beberapa bahan-bahan terbaik yang direkomendasikan untuk pembuatan rooftop, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.