Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tips Mendesain Apartemen Studio yang Nyaman

Tips Mendesain Studio Apartemen yang Nyaman

Untuk kamu yang masih single dan ingin mendapatkan hunian super nyaman, maka tinggal di sebuah apartemen tipe studio merupakan pilihan yang paling tepat. Ya, disamping harganya yang cukup terjangkau, apartemen studio juga menghadirkan kenyamanan yang tidak kalah dengan tipe lainnya lho.

Pada umumnya, apartemen tipe studio memiliki unit dengan ukuran mini sekitar 20 – 30 meter persegi saja. Dengan keterbatasan ruang yang ada, namun sudah dibekali dengan fasilitas yang cukup lengkap seperti area duduk, kamar mandi, kamar tidur, ruang tv, ruang kerja, ruang makan, dapur, dan lain sebagainya.

Baca juga : Mengenal jenis-jenis plafon rumah

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang cara mendesain studio apartemen yang nyaman. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Desain Studio Apartemen yang Nyaman

1. Sofa yang Sekaligus Menjadi Tempat Tidur

Sofa yang Sekaligus Menjadi Tempat Tidur

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa menggunakan furniture yang multifungsi pada apartemen studio merupakan pilihan paling bijak. Salah satunya, kamu dapat menggunakan tempat tidur lipat jenis sofa bed.

Pasalnya, sofa bed tersebut bisa kamu atur dengan mudah untuk dijadikan tempat tidur sekaligus juga sebagai tempat duduk. Misalkan pada siang hari kamu membutuhkan banyak space untuk saudara atau teman yang sedang tandang, maka kamu bisa langsung melipat kasur dan menjadikannya sebagai sofa.

Begitu pun sebaliknya saat malam tiba, yang mana sofa bed tersebut bisa kamu gunakan sebagai tempat tidur untuk beristirahat.

2. Desain Apartemen Studio Setengah Lantai

Dengan memanfaatkan ruang kosong secara vertikal, tentu saja bisa menjadi sebuah solusi desain apartemen studio yang efektif dan fungsional. Untuk mendapatkan desain tersebut, kamu harus menggunakan tangga, sedangkan bagian atas dari apartemen studionya disulap menjadi kamar tidur yang nyaman.

Bukan hanya itu, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan partisi kaca bening. Nah, untuk bagian bawahnya bisa kamu gunakan sebagai ruang tv, dapur, atau menempatkan meja makan. Dengan mengusung elemen mezanin, maka apartemen studiomu akan tampak terdiri dari dua lantai yang berbeda lho.

Baca Juga : 9 Langkah Cara Menghitung Biaya Renovasi Rumah

3. Manfaatkan Area Jendela

Manfaatkan Area Jendela

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, dimana ketersediaan jendela di apartemen studio itu sangat terbatas. Maka dari itu, kamu harus memanfaatkan area jendela dengan sebaik mungkin.

Dalam hal ini, bagian sudut jendela apartemen studio bisa kamu jadikan sebagai area santai. Sedangkan pada bagian depan, kamu dapat menempatkan sofa bed sebagai tempat duduknya. Agar tampilannya tampak indah dan nyaman saat diduduki, silahkan tambahkan beberapa cushion dengan warna yang serasi di atasnya.

Dengan kehadiran area duduk, pastinya ruang di apartemen studiomu bisa menampung lebih banyak lagi orang.

4. Aplikasikan Banyak Pencahayaan

Berbeda saat tinggal di rumah pribadi, yang mana tinggal di apartemen studio memang memiliki pencahayaan minim akibat jendela yang terbatas. Nah, untuk mensiasati masalah tersebut, kamu bisa meggunakan direct lamp pada beberapa titik tertentu seperti kamar dan sebagian dapur.

Dengan demikian, maka cahaya yang dihasilkannya aan membuat apartemen studiomu tampak lebih luas dan lega.

5. Menggunakan Furniture yang Berdesain Simple

Keberadaan furniture pada sebuah apartemen studio tentunya akan mempersepit kapasitas ruang. Ya, terlebih jika desain furniture yang digunakan itu memiliki ukuran besar dan berat. Maka dari itu, sangat disarankan bagi kamu untuk menggunakan furniture yang simple, seperti furniture berkaki ramping.

Selain faktor desain, kamu juga harus memperhatikan warna pada furniture tersebut. Dengan kata lain, pilihlan furniture yang mengusung warna alami dan serasi dengan keseluruhan warna di apartemen studiomu. Mengapa demikian?

Pasalnya, perbedaan warna apartemen dan furniture  akan menimbulkan kontras yang menonjol sehingga dapat menghadirkan kesan terlalu ramai. Lain halnya ketika menggunakan furniture yang senada, maka apartemen studiomu akan tampak simple namun masih tetap elegan.

6. Sediakan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan barang kerap kali menjadi masalah utama yang dialami oleh sebagian besar penghuni apartemen studio. Ya, alih-alih ingin bisa menyimpan barang agar apartemen studio terlihat rapi, namun saat hendak menyediakan ruang penyimpanan, sering kali mengambil banyak space sehingga membuat ruangan semakin sempit.

Dalam menyediakan ruang penyimpanan di apartemen studio, maka kamu haru mengkolaborasikan dua jenis penyimpanan, yakni penyimpanan yang terbuka dan tertutup. Sebaiknya kamu menyimpan barang-barang yang berukuran besar di penyimpanan tertutup, sedangkan barang-barang yang berukuran kecil bisa kamu simpan pada ruang penyimpanan terbuka.

7. Ciptakan Nuansa Natural

Meski terkesan modern, namun bukan berarti juga bahwa kamu tidak bisa mendapakan kesan yang natural pada apartemen studio. Nah, untuk mendapatkan nuansa natural dalam apartemen studio, kamu bisa meggunakan lantai kayu solid.

Artikel Terkait : Harga Lantai Kayu Permeter List Terbaru 2021

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat lantai kayu parket solid memang menyuguhkan nuansa natural, mewah, hangat, dan elegan. Tak Cuma itu, bahkan lantai kayu parket solid juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Akan tetapi, penggunaan lantai kayu parket dinilai kurang cocok untuk hunian apartemen. Pasalnya, apartemen itu merupakan sebuah hunian yang bersifat sementara. Ketika kamu hendak pindah, tentu saja lantai kayu tersebut harus dibongkar terlebih dahulu sehingga bisa memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

Jika pun harus ditinggalkan begitu saja, maka kamu akan mengalami kerugian besar karena harga lantai kayu parket yang tidak murah. Sebagai pengganti lantai kayu parket solid, kamu bisa menggunakan lantai vinyl yang bermotif kayu.

Produk Terkait : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

Sebab lantai vinyl ini sangat mudah dibongkar pasang, sehingga kamu tidak akan mengalami kendala saat akan pindahan. Belum lagi harga lantai vinyl yang jauh lebih murah ketimbang parket solid, sehingga sangat cocok untuk kamu yang tinggal di apartemen studio.

Kelebihan dan Kekurangan Tinggal di Apartemen Studio

Kelebihan

  • Hemat Biaya Maintenance

Mendiami sebuah aprtemen pada umumnya bisa membebanimu terhadap sejumlah biaya maintenance, yang mana besaran biaya tersebut tergantung lagi pada kebijakan pihak pengelolanya. Biasanya, biaya maintenance ini akan ditetapkan berdasarkan luas unit apartemen itu sendiri.

Namun, masalah tersebut tidak akan kamu temui pada apartemen tipe studio. Mengapa demikian? Pasalnya, biaya di apartemen studio ini sudah terbukti lebih hemat.

  • Simple dan Praktis

Tak hanya hemat biaya maintenance, bahkan tinggal di apartemen tipe studio pun dinilai lebih praktis dan simple. Ya, meski hanya terdiri dari satu ruangan saja, namun apartemen studio sudah dibekali dengan berbagai fasilitas yang cukup lengkap.

  • Penataan Ruang yang Mudah Dengan Budjet Minim

Dengan ukuran ruang yang tidak terlalu luas, tentu saja akan lebih memudahkanmu dalam menata ruangannya. Meski berbekal budget minim, bahkan kamu pun bisa dengan leluasa untuk menata pada setiap bagian ruangan tersebut.

  • Mudah Dibersihkan

Tak hanya mudah di tata, ruang apartemen tipe studio juga sangat mudah dibersihkan lho. Bahkan, kamu tidak membutuhkan waktu yang banyak untuk membersihkan seluruh ruangan apartemen studio.  

Kekurangannya

  • Ruangan yang Sempit

Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa apartemen tipe studio tidak memiliki ukuran ruang yang luas. Dengan demikian, maka tak heran jika ruangan pada apartemen studio tersebut akan terasa sempit.

  • Terkesan Monoton

Minimnya ruang gerak yang ada, tentu saja akan membuatmu kesulitan untuk melakukan berbagai aktivitas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka kamu harus mendesain senyaman mungkin seperti yang sudah diebutkn pada tips diatas tadi.

Nah, seperti itulah tips dan cara mendesain studio yang nyaman, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.

Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?