Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Manfaat Luar Biasa Dari Daun Cincau yang Harus Kamu Ketahui

 

manfaat tanaman cincau

Sejak dari dulu daun cincau kerap dijadikan bahan alami sebagai obat herbal, yang umumnya dibuat seperti agar-agar. Hal itu terbukti, dimana banyak sekali pedagang-pedagang es cincau yang bertebaran di jalanan.

manfaat tanaman cincau

Tak hanya diolah menjadi sebuah minuman yang menyegarkan, cincau juga memiliki potensi yang cukup menjanjikan dalam dunia medis lho. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa cincau mempunyai beragam kandungan positif seperti :

  • Karbohidrat
  • Lemak
  • Protein
  • Polifenol
  • Flavonoid

Bukan hanya itu saja, bahkan daun cincau juga kaya akan berbagai kandungan vitamin yang diantaranya berupa kalsium, fosfor, vitamin A, dan vitamin B. Mengingat kandungan yang dimilikinya sedemikian rupa, lantas bagaimana dengan manfaatnya..???

Nah, biar kalian gak penasaran dengan manfaat tanaman cincau, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh

1. Dapat Mencegah Penyakit Kanker

manfaat tanaman cincau - mencegah kanker

Manfaat pertama dari tanaman cincau yang harus kalian ketahui, yakni dapat mencegah penyakit kanker. Ya, hal itu dikarenakan kandungan alkoloid dan isokondrodendrin pada cincau, yang bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh.

2. Mengobati Penyakit Malaria

manfaat tanaman cincau - mengobati malaria

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa malaria merupakan salah satu jenis penyakit paling menakutkan setelah penyakit jantung. Hal itu terbukti, yang mana angka kematian di Indonesia akibat penyakit malaria selalu mengalami peningkatan pada setiap tahunnya.

Pada dasarnya, penyakit malaria memang cukup sulit untuk diobati. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena tanaman cincau sudah terbukti dapat meringankan gejalanya lho.

3. Dapat Mengobati Perut Kembung

manfaat tanaman cincau - mengobati perut kembung

Apakah diantara kamu ada yang sering mengalami masalah pencernaan seperti perut kembung?
Jika iya, maka kamu wajib mengonsumsi daun cincau. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun cincau memiliki peran untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan dalam usus.

Tentu saja hal tersebut sangat membantu dalam mencegah gangguan kesehatan pada sistem pencernaan, termasuk masalah perut kembung.

Baca Juga : Manfaat yang Luar Biasa Dari Daun Bidara

4. Meminimalisir Risiko Penyakit Diabetes

manfaat tanaman cincau - mengurangi diabetes

Kuliner-kuliner yang manis tentunya menjadi musuh terberat bagi penderita diabetes. Ya,  terang saja demikian, sebab faktor utama yang menjadi pemicu timbulnya penyakit diabetes ini karena mengonsumsi kuliner-kuliner manis secara berlebihan.

Kabar baik untuk para penderita diabetes, karena olahan daun cincau sudah terbukti dapat mengendalikan kadar gula darah dalam aliran darah.

Hal tersebut dikarenakan gula sederhana yang terkandung pada cincau, sehingga tidak akan menyebaban lonjakan beberapa senyawa ketika dikonsumsi.

5. Mampu Mengobati Penyakit Diare

manfaat tanaman cincau - mengobati diare

Selain dapat meminimalisir risiko penyakit diabetes, ternyata daun cincau juga dapat mengobati penyait diare lho. Dengan mengonsumsi olahan daun cincau secara rutin dan teratur, maka hal itu dapat membantu dalam menghilangkan sakit perut serta membersihkan bakteri pada sistem pencernaan.

Artikel Populer Lainnya : Kenali Jenis-jenis Tanaman Begonia

6. Dapat Memelihara Kesehatan Mata

manfaat tanaman cincau - memelihara kesehatan mata

Manfaat dari daun cincau berikutnya yang akan dibahas, yakni dapat memelihara kesehatan mata. Ya, terlebih untuk mengatasi masalah penglihatan yang mulai kabur, dimana masalah tersebut disebabkan oleh kondisi de-generasi macula.

Daun cincau pun menjadi pilihan paling tepat, karena ia memiliki beberapa kandungan senyawa tertentu yang bertugas untuk membantu melawan de-generasi macula, serta membuat tubuh senantiasa sehat di usia lanjut.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat tanaman cincau - meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ada banyak sekali cara alami yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang salah satunya dengan mengonsumsi olahan daun cincau. Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun cincau kaya akan kandungan antioksidan.

Nah, kandungan antioksidan tersebutlah yang berperan untuk menangkal radikal-radikal bebas, sehingga tubuh kita tidak akan mudah terserang atau terinfeksi oleh berbagai jenis virus.

Baca juga : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

8. Mengatasi Masalah Hipertensi

manfaat tanaman cincau - mengatasi masalah hipertensi

Menurut para pakar kesehatan, yang menyebutkan bahwa senyawa tetandrin sudah terbukti ampuh dalam mengobati masalah hipertensi (tekanan darah tinggi). Pasalnya, kandungan senyawa tersebut bekerja dengan cara melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lancar.

Dengan lancarnya sirkulasi darah, tentu saja dapat mengatasi tekanan darah tinggi agar kembali normal. Daun cincau memiliki kandungan senyawa tetandrin, yang tentunya wajib dikonsumsi oleh para penderita hipertensi.

9. Mengobati Keracunan Makanan Laut

manfaat tanaman cincau - mengobati keracunan makanan laut

Sebenarnya makanan-makanan laut kaya akan kandungan protein hewani yang bagus untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, tidak semua orang bisa dengan leluasa mengonsumsi makanan-makanan laut tersebut.

Dengan kata lain, ada sebagian orang yang justru alergi terhadap makanan laut (seafood). Ketika si penderita alergi tidak sengaja mengonsumsi seafood, biasanya mereka akan keracunan yang ditandai dengan beragam gejala.

Untuk kamu yang keracunan oleh makanan-makanan laut, maka olahan daun cincau ini wajib dikonsumsi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena olahan daun cincau mempunyai kandungan senyawa antioksidan yang bertugas untuk menangkal radikal dan racun dalam tubuh.

10. Mengobati Demam

manfaat tanaman cincau - mengobati demam

Manfaat selanjutnya dari tanaman cincau yang akan dibahas, yakni dapat mengobati demam. Seperti yang sudah disebutkan pada poin diatas tadi, bahwa tanaman cincau memiliki kandungan senyawa antioksidan.

Tak hanya itu, bahkan daun cincau juga memiliki kandungan sopanin yang bertugas untuk meredakan intensitas demam. Lantas, bagaimana cara mengobati demam dengan daun cincau...???

Siapkan beberapa lembar daun cincau, kemudian cuci sampai bersih, lalu rebus hingga airnya matang. Angkat daun cincau tersebut lalu peras airnya kedalam gelas. Minumlah air perasan daun cincau tersebut sampai habis, agar demamnya berangsur-angsur mereda.

Nah, setelah mengetahui manfaat dari tanaman cincau, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai asal-usul cincau.

Seluk Beluk Cincau

Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini kan? Ya, cincau kerap dijadikan sebagai pelengkap untuk berbagai jenis minuman segar, seperti sirup, es campur, es cincau, es kopi, dan lain sebagainya.

Perlu kalian ketahui, istilah cincau itu berasal dari dialek bahasa Hokian, yakni Sienchau / Xianciao. Istilah cincau tersebut memang sudah lazim di beberapa kawasan Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Vietnam, dan sebagainya.

Ada dua jenis cincau yang bisa kita jumpai di pasaran, yakni cincau hijau dan cincau hitam. Tanaman cincau hitam merupakan jenis tanaman keluarga Labiatae, yang mana ia memiliki batang berukuran kecil dan ramping.

Sedangkan tanaman cincau hijau termasuk kedalam keluarga Menispermaceae. Daun cincau kerap diolah berbentuk gel, karena ia memang kaya akan kandungan karbohidrat yang dapat mengikat molekul-molekul air.

Awal Mula Kuliner Cincau Masuk Ke Indonesia

Menurut informasi yang didapat, bahwa kuliner cincau masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan, yakni jalur Teh Chama, Sutra, dan Keramik. Nah, para pedangan asal China yang berdatangan ke Indonesia membawa tanaman cincau untuk di budidayakan.

Seiring dengan berjalannya waktu, warga setempat pun mulai tertarik untuk membudidayakan tanaman cincau berkat segudang manfaat yang dimilikinya.

Demikianlah ulasan singkat seputar manfaat tanaman cincau, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.