Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Khasiat Daun Bidara yang Jarang Diketahui Banyak Orang

 

khasiat daun bidara

Apakah diantara kamu ada yang pernah atau sering mendengar nama tanaman bidara? Ya, untuk para pecinta tanaman, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan jenis tanaman yang satu ini.

Selain fungsinya sebagai tanaman hias, tanaman bidara pun kerap dimanfaatkan daunnya untuk berbaga kebutuhan, terutama untuk kesehatan tubuh. Dengan segudang manfaatnya, tanaman bidara semakin banyak diminati oleh masyarakat.

Tak hanya banyak manfaat, bahkan tanaman bidara ini sama sekali tidak membutuhkan perawatan khusus. Itu sebabnya, mengapa tanaman bidara sangat cocok bagi para pemula.

Pada dasarnya, bidara merupakan jenis tanaman liar yang bisa kita jumpai di area pekarangan rumah atau pinggir jalan. Namun, kamu juga bisa membeli bibitnya untuk dibudidayakan dan ditanam pada pot. Lantas, seperti apakah manfaat daun bidara untuk kehidupan manusia…???

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar manfaat daun bidara. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

Deretan Manfaat Daun Bidara

1. Dapat Mencegah Penyakit Diabetes

Manfaat Daun Bidara - mengobati diabetes

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa penyakit diabetes bisa dialami oleh siapa saja, entah itu anak- muda maupun orang tua, baik itu laki-laki atau perempuan. Biasanya penyakit yang satu ini disebabkan oleh faktor pola makan tidak sehat, seperti mengonsumsi kuliner-kuliner manis secara berlebihan.

Untuk menurunkan risiko terkena penyakit diabetes, kamu pun bisa mengonsumsi daun bidara secara teratur dengan cara direbus. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun bidara memiliki kandungan zat yang dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Meskipun kamu sudah mengonsumsi daun bidara, namun pola makan yang sehat dan teratur harus tetap dijalankan ya...!!!

Baca juga : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

2. Untuk Mengobati Tumor dan Kanker

Manfaat Daun Bidara - mengobati tumor dan kanker

Tak hanya dapat mencegah penyakit diabetes, ternyata daun bidara juga sudah terbukti cukup efektif untuk mengobati tumor dan kanker lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun yang satu ini mempunyai senyawa antioksidan.

Nah, kandungan antioksidan tersebutlah yang bertugas untuk menghambat pembentukan sel-sel tumor di dalam tubuh.

3. Mengobati Masalah Pencernaan

Manfaat Daun Bidara - mengobati masalah pencernaan

Untuk kamu yang sering mengalami masalah pencernaan seperti maag, kram perut, dan sulit buang air besar (BAB), maka manfaat daun bidara ini jangan sampai disia-siakan.

Dikutip dari berbagai situs kesehatan ternama, yang mengatakan bahwa ekstrak daun bidara bisa bekerja sebagai pelindung dinding lambung dari zat asam di dalam lambung, atau dari makanan yang masuk ke lambung.

Pada masalah kram perut, ekstrak daun bidara memiliki kandungan zat antipasmodik yang berkhasiat untuk meredakan gejala sakit pada perut akibat adanya kontraksi berlebihan.

Artikel Populer Lainnya : Manfaat Biopori dan Cara Membuatnya 

4. Sebagai Perawatan Rambut Rontok

Manfaat Daun Bidara - perawatan rambut rontok

Rambut merupakan mahkotanya bagi umat manusia, karena ia memiliki peranan paling penting dalam urusan penampilan. Ya, terlebih untuk kaum wanita, dimana merekalah yang paling gesit dalam urusan rambut.

Akan tetapi, masalah kerontokan hingga menipisnya rambut itu serinh dialami oleh kaum pria. Ada beragam factor yang menyebabkan rambut menjadi rontok, seperti genetika (keturunan), masalah hormon, usia, hingga penggunaan produk-produk rambut yang tidak cocok.

Kabar baik bagi yang mengalami masalah rambut rontok, karena masalah tersebut bisa diatasi dengan menggunakan daun bidara. Mengenai cara kerjanya, siapkan beberapa lembar daun bidara kemudian rebus, lalu tumbuk sampai lembut.

Jika sudah demikian, oleskan daun bidara yang sudah dilembutkan tadi pada kepala sambil dipijat-pijat perlahan. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas kepalamu seperti biasa sampai bersih.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan cara ini setiap hari saat hendak mandi.

5. Dapat Meremajakan Kulit

Manfaat Daun Bidara - dapat meremajakan kulit

Siapa sih diantara kita yang tidak ingin memiliki kondisi kulit yang sehat? Ya, seperti halnya rambut, yang mana kondisi kulit juga memiliki pengaruh besar terhadap penampilan seseorang. Untuk merawat kondisi kulit itu tidak harus selalu dengan cara modern.

Mulai saat ini kamu bisa memanfaatkan daun bidara sebagai alternative pengganti skincare. Pasalnya, daun bidara mengandung formula polifenol dan flavonoid yang bisa menghasilkan antioksidan serta antibakteri.

Hasilnya, kandungan tersebut dapat memelihara kondisi kulit dari beragam masalah, seperti jerawat, berminyak, komedo, dan lain sebagainya. Caranya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya perlu menjadikan daun bidara ini sebagai masker wajah.

6. Untuk Meredakan Demam

Manfaat Daun Bidara - untuk meredakan demam

Dimusim pancaroba seperti sekarang ini, tak sedikit dari kita yang terkena masalah demam. Hal itu dikarenakan adanya perubahan cuaca yang tidak beraturan, sehingga tubuh dipaksa untuk beradaptasi. Alhasil, banyak diantara kita yang terserang demam, flu, bersin, dan batuk-batuk.

Untuk kamu yang mengalami demam, cobalah konsumsi air rebusan daun bidara sampai habis. Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun bidara memiliki kandungan senyawa flavonoid yang bertugas untuk menurunkan demam.

Baca juga : Fungsi Rooftop dan Bahan-bahan Terbaik Untuknya

7. Mempercepat Penyembuhan Luka

khasiat daun bidara - Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain mengobati demam, daun bidara juga diyakini dapat membantu dalam mempercepat penyembuhan luka, seperti luka bakar, luka sayatan / goresan, luka terjatuh, luka lecet, dan lain sebagainya.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena daun bidara mempunyai kandungan zat saponin dan flavonoid yang mampu menghentikan pendarahan serta menutup luka pada kulit. Mengenai caranya, siapkan beberapa lembar daun bidara, cuci sampai bersih, kemudian tumbuk hingga lembut.

Setelah itu oleskan pada tubuh yang ada lukanya, dan diamkan semalaman. Dengan demikian, maka lukanya akan cepat mengering dan berangsur-angsur sembuh.

8. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung

khasiat daun bidara - meningkatkan kesehatan jantung

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa penyakit jantung merupakan pembunuh nomor satu yang paling menakutkan didunia. Bagaimana tidak menakutkan, sebab penyakit yang satu ini tidak pandang bulu dan bisa menyerang secara mendadak.

Sejatinya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memelihara kesehatan jantung, entah itu dengan cara modern maupun yang tradisional. Untuk yang tradisional, maka penggunaan daun bidara ini merupakan pilihan paling tepat.

Pasalnya, daun bidara ini memiliki kandungan senyawa neolignan yang diyakini dapat memberikan efek baik untuk peredaran darah dan jantung. Caranya pun sangatlah mudah, yang mana kamu hanya perlu mengonsumsi daun bidara tersebut secara rutin dan teratur.

Namun, jangan lupa juga diimbangi dengan menjalankan pola hidup sehat.

9. Dapat Menghilangkan Depresi

khasiat daun bidara - menghilangkan depresi

Masalah yang satu ini bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari kalangan anak hingga orang tua, entah itu laki-laki maupun perempuan. Umumnya seseorang bisa depresi dikarenakan ada tekanan terhadap kondisi tertentu, seperti beban pekerjaan, masalah rumah tangga, bullying, rasa cemas berlebihan, dan lain sebagainya.

Menurut para peneliti, ternyata daun bidara ini memiliki zat yang berperan sebagai anti depresan. Nah, kandungan tersebutlah yang dapat meredakan atau bahkan menghilangkan depresi lho.

Akan tetapi, sebelum mengonsumsi daun bidara ini sebaiknya konsultasikan dulu ke para psikiater.

Seperti itulah beberapa khasiat dari daun bidara yang jarang diketahui banyak orang, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.