Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Kenali Tanaman Begonia

 

mengenal tanaman begonia

Layaknya memelihara hewan peliharaan, memelihara tanaman hias juga menjadi salah satu hobi yang menyenangkan. Begitu pun dalam urusan perawatannya, yang mana tanaman hias tersebut membutuhkan perlakuan khusus guna keberlangsungan hidupnya.

Adapun mengenai perawatan umum pada tanaman hias mulai dari menyiraminya di pagi dan sore hari, memberinya pupuk, menempatkannya di area yang terkena sinar matahari, dan lain sebagainya

Akan tetapi, cara perawatan tanaman hias juga harus disesuaikan dengan jenisnya lho. Ya, terang saja demikian, sebab tanaman hias terdiri dari beberapa jenis, mulai dari tanaman hias daun, tanaman hias batang, dan tanaman hias bunga.

Sesuai dengan namanya, yang mana tanaman hias tersebut berfungsi untuk memperindah area indoor maupun outdoor. Bukan hanya itu, bahkan keberadaan tanaman hias juga dapat menetralisir polutan sehingga udara disekitarnya menjadi lebih bersih dan segar.

Dari sekian banyaknya jenis tanaman hias yang ada, begonia pun menjadi salah satu yang paling populer. Nah, untuk mengenal lebih jauh lagi seputar tanaman begonia, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Seluk Beluk Tanaman Begonia

Begonia merupakan genus yang termasuk kedalam kelompok tanaman berbunga, dan menjadi satu-satunya anggota keluarga dari Hillebrandia.

Nama Begonia itu sendiri pertama kali dicetuskan oleh Charles Plumier, untuk menghormati mantan gubernur koloni Perancis Haiti yang bernama Michel Begon. Setidaknya ada lebih dari 1.500 spesies, yang mana begonia tersebut menjadi salah satu sari sepuluh genera angiosperma terbesar.

Tanaman begonia tumbuh subur di daerah yang beriklim lembap subtropis dan tropis, seperti Amerika Selatan dan Tengah Afrika, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Adapun mengenai spesies darat di alam liar yang biasanya tampil dengan tegak bertangkai, rhizomatous, atau tuberous.

Baca juga : Khasiat Daun Bidara yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Tanaman begonia memiliki kelamin jantan dan betina, yang terjadi secara terpisah pada tanaman yang sama. Untuk begonia berkelamin jantan, biasanya ia memiliki kandungan benang sari yang lebih banyak. Sedangkan begonia betina mempunyai ovarium rendah besar, serta 2-4 stigma bercabang atau bengkok.

Pada sebagian besar tanaman begonia terdapat buah berupa biji-bijian, serta memiliki daun berukuran cukup besar dengan bentuknya yang sangat beragam.

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tanaman begonia ini terdiri dari ratusan bahkan ribuan jenis. Namun, pada kesempatan kali ini hanya akan membahas beberapa jenisnya saja.

Jenis-jenis Tanaman Begonia

1. Double Begonia

Double Begonia

Jenis tanaman begonia pertama yang akan dibahas, yakni bernama Double Begonia. Ciri khas dari jenis begonia ini adalah kelopak bunganya yang tampak lebat dan besar, sehingga bentuknya terlihat seperti bunga mawar.

Dikarenakan ia bisa tumbuh tegak, tentunya Double Begonia tersebut sangat ideal ditempatkan pada hamparan bunga. Tak hanya memiliki kelopak bunga yang indah, Double Begonia juga mempunyai bentuk daun yang begitu sedap dipandang.

2. Wax Begonia

wax Begonia

Di Negara Indonesia, Wax Begonia ini sering disebut dengan nama Begonia Lilin. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Wax Begonia memiliki daun mengkilap yang seolah-olah dilapisi lilin.

Umumnya daun Wax Begonia berbentuk bulat yang terdiri dari beragam warna seperti merah, putih, hingga merah muda. Akan tetapi, kebanyakan Wax Begonia yang ada di Indonesia ini berwarna hijau dan ungu.

3. Rex Begonia

Rex Begonia

Selanjutnya ada Rex Begonia, atau yang lebih populer dengan nama Leaf Begonia. Ciri khas darinya yakni memiliki daun berwarna cantik antara perpaduan ungu dan silver, serta bagian batangnya yang mengusung warna agak kemerahan.

Menariknya lagi, cara perawatan Rex Begonia ini terbilang cukup muda lho. Itu sebabnya, mengapa Rex Begonia kerap menjadi pilihan utama bagi para pemula pecinta tanaman hias. Rex Begonia pun dapat tumbuh dengan baik di bawah lampu neon, karena ia tidak membutuhkan banyak cahaya langsung.

Nah, karena hal itulah yang membuat Rex Begonia lebih cocok dijadikan sebagai tanaman hias indoor.

4. Cane Begonia

Cane Begonia

Indah, cantik dan eksotik, itulah kesan-kesan yang tergambar pada jenis tanaman Cane Begonia. Tak hanya itu, ia juga memiliki batang yang mirip dengan pohon bamboo. Namun, hanya ukurannya saja yang jauh lebih kecil dan tipis.

Ciri khas dari Cane Begonia yang tidak dimiliki oleh jenis begonia lainnya, yakni ketika sedang mekar maka akan menghasilkan bunga berwarna kemerahan.

Artikel Populer Lainnya : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

5. Rieger Begonia

Rieger Begonia

Pada umumnya Rieger Begonia memiliki bunga yang tampil dengan warna merah cerah, orange, merah muda, putih, hingga kuning. Rieger Begonia lebih cocok dijadikan sebagai tanaman hias outdoor, karena ia membutuhkan banyak paparan sinar matahari.

Namun, kamu tidak boleh menempatkan Rieger Begonia di bawah sinar matahari secara langsung. Mengenai cara perawatannya, daun Rieger Begonia ini tidak boleh disiram, melainkan cukup siram bagian tanahnya saja.

6. Dragon Wing Begonia

Dragon Wing Begonia

Dikarenakan Dragon Wing Begonia mempunyai tandan bunga gantung, tentu saja ia lebih cocok dijadikan sebagai tanaman hias gantung. Menariknya lagi, Dragon Wing Begonia akan mekar terus menerus dari musim semi ke musim gugur, serta memiliki warna yang cenderung merah muda, merah, dan putih.

Ketika memasuki musim dingin, kamu pun bisa memotongnya kembali dan membawanya ke dalam ruangan dengan tempat yang terang benderang.

7. Solenia Begonia

Solenia Begonia

Sebenarnya Solenia Begonia ini merupakan salah satu campuran jenis begonia, yang memiliki bunga indah berwarna merah seperti mawar. Sehingga tak heran, jika Solenia Begonia sering dianggap sebagai bunga mawar.

Dilihat dari tampilan bentuk bunganya, sekilas Solenia Begonia ini memang mirip dengan jenis Double Begonia. Namun, Solenia Begonia membutuhkan lebih banyak cahaya agar bisa tumbuh subur dan memiliki daun yang berwarna hijau cerah.

8. Hardy Begonia

Hardy Begonia

Jenis Hardy Begonia lebih mudah untuk dikenali, karena tampilan bentuk daunnya yang berbeda dari jenis begonia lainnya. Ya, Hardy Begonia memiliki daun dengan bentuk menyerupai hati yang menggantung keluar dari dahannya.

Pada umumnya, Hardy Begonia akan mengeluarkan bunga-bunga indahnya pada pertengahan sampai akhir musim kemarau. Adapun mengenai bunganya yang berwarna pink keunguan, sehingga tampilan Hardy Begonia ini begitu cantik.

9. Shrubs Begonia

Shrubs Begonia

Jenis tanaman begonia berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Shrubs Begonia. Menurut informasi yang didapat, Shrubs Begonia ini terdiri dari beberapa varietas mulai dari yang kecil hingga besar dengan ukurannya mencapai 4 meter.

Begitupun dengan tampilan bentuknya yang bervariasi, mulai dari yang berkilau, berbulu halus seperti kain beludru, hingga bunga yang sebagian besarnya berwarna merah, pink, dan putih.  

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk dari tanaman begonia.

Nah, setelah mengetahui seluk beluknya, bagaimana, apakah kamu berminat untuk memelihara tanaman begonia...???