Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Seperti Inilah Wujud dan Karakteristik Kayu Rengas

kayu rengas

Dari sekian banyaknya material konstruksi yang ada, kayu pun menjadi salah satu material yang paling sering digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu memiliki sifat multifungsi sehingga tidak dimiliki oleh jenis material lainnya.

Mengingat akan hal itu, maka  tak heran juga jika material yang satu ini tidak sulit untuk kita jumpai dipasaran. Pada umumnya kayu kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan, entah itu bidang properti maupun konstruksi.

Lebih hebatnya lagi, kayu juga kerap dimanfaatkan untuk dijadikan produk kcantikan, obat-obatan herbal, parfum, dan masih banyak lagi.

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu itu memiliki kualitas dan karakteristik yang sama. Sehingga tak heran, jika harga material kayu akan ditentukan berdasarkan dari jenis kayu itu sendiri.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas salah satu jenisnya yang bernama kayu rengas. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Penyebaran Pohon Rengas

penyebaran pohon rengas

Pohon rengas termasuk kedalam anggota marga Gluta, yang mana ia merupakan suku Anarcafiaceae. Pohon rengas memang tumbuh subur di kawasan tropis seperti Indonesia. Menurut informasi yang di dapat, pohon rengas banyak dijumpai di daerah Pulau Kalimantan.

Selain di Indonesia, pohon yang satu ini juga tumbuh subur di beberapa negara tetangga seperti Malaysia, Thailand, Burma (Myanmar), dan China. Pohon rengas pada umumnya tumbuh dengan ukuran sedang hingga besar, karena tergantung dengan kondisi serta keadaannya.

Ukuran tinggi pohon rengas berkisar antara 40 – 50 meter, dengan batangnya yang berbentuk bulat serta terdapat lekukan di bagian pangkalnya. Adapun mengenai ukuran gemang batangnya yang mencapai 90 – 120 cm, sedangkan bagian banirnya setinggi 4 m.

Daun-daun pada pohon rengas ini tampak tersusun dalam bentuk spiral dan kerap berkelompok membentuk sebuah karangan. Bentuk daunnya tersebut berupa daun tunggal dengan tepian rata tanpa adanya penumpu.

Baca juga : Membedah Perbedaan Kayu Keruing dan Merbau

Karakteristik Kayu Rengas

karakteristik kayu rengas

Dari segi tampilannya, kayu rengas ini memang lebih gampang dikenali daripada jenis-jenis kayu lainnya lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena, kayu rengas tampil dengan fisik yang begitu cantik dan eksotik. Ya, kayu rengas memiliki warna yang lebih terang, yakni berwarna cokelat merah darah kekuning-kuningan.

Belum lagi keindahan warnanya tersebut tampak serasi dengan adanya garis-garis gelap, sehingga tampilannya benar-benar sedap dipandang. Bagian kayu gubalnya tampil dengan warna cokelat muda dan merah jambu, bahkan terkadang hampir putih.

Disamping itu, terlihat jelas juga bagas antara gubal dengan teras yang mempunyai ukuran lebar sekitar 17,5 cm. Tak hanya menonjol dari segi tampilan, kayu rengas pun memiliki perbedaan yang sangat jelas dari segi tekstur dibanding jenis kayu lainnya.

Untuk tampilan teksturnya, kayu rengas ini terasa agak kasar dan licin saat diraba. Kerapatan yang dimilikinya mencapai 560 – 590, sedangkan beratnya berada dikisaran 870 – 960 kg/m3 dengan kadar air sebesar 15%.

Dengan kadar airnya yang cukup rendah, sehingga tak heran jika kayu rengas sangat mudah diolah. Namun, tingkat keawetan pada kayu rengas ini terbilang cukup rendah. Alhasil, kayu rengas kerap diawetkan guna meningkatkan daya awetnya.

Berbagai Pemanfaat Kayu Rengas Untuk Bidang Property dan Furniture

  • Lantai Kayu Parket

pemanfaatan kayu rengas - lantai kayu parket

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu rengas tampil dengan wujud yang begitu cantik, entah itu dari segi warna maupun pola motifnya. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu rengas kerap dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk produk lantai kayu parket.

Dengan menggunakan lantai kayu rengas, tentu saja tampilan rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, nyentrik namun tetap natural.

Artikel terkait : Harga Lantai Kayu Permeter ListTerbaru

  • Decking (Lantai Kayu Outdoor)

pemanfaatan kayu rengas - lantai kayu outdoor

Selain dijadikan bahan baku untuk pembuatan lantai kayu indoor, kayu rengas juga kerap digunakan untuk produk parket outdoor alias decking. Ya, terang saja demikian, sebab tingkat kekerasan kayu rengas yang begitu baik sehingga membuatnya tidak mudah termakan oleh rayap.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking kayu rengas juga tidak mudah mengalami pemuaian maupun penyusutan.

Artikel menarik lainnya :  Harga Parket Lantai Kayu Outdoor

  • Furniture

pemanfaatan kayu rengas - produk furniture

Meski tidak difavoritkan oleh para pengusaha kayu, namun bukan berarti juga bahwa kayu rengas tidak cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan furniture.

Adapun mengenai produk-produk furniture yang berbahan kayu rengas, seperti meja, lemari, kursi, rak, dan masih banyak lagi.

Pemanfaatan Kayu Rengas Untuk Bidang Konstruksi

  • Jembatan

Kayu rengas memang terkenal kokoh dan kuat, sehingga ia sering dimanfaatkan untuk kebutuhan konstruksi berat seperti pembuatan jembatan. Selain kokoh, bahkan sebuah jembatan yang menggunakan kayu rengas ini tampak indah dilihat lho.

  • Dermaga

Peranan kayu rengas pun tidak pernah absen dalam pembuatan sebuah dermaga, berkat kekuatan dan kekokohan yang dimilikinya.

  • Bantalan Rel Kereta

Dikarenakan tingkat penyusutan dan pemuaian pada kayu rengas tergolong cukup rendah, sehingga tak heran jika ia sangat cocok dijadikan untuk bantalan rel kereta.

  • Rangka Atap Rumah

Tak hanya dijadikan bantalan rel kereta, kayu rengas juga kerap digunakan untuk pembuatan rangka atap rumah.

Keunggulan dan Kekurangan Kayu Rengas

Perlu kamu ketahui, bahwa setiap jenis-jenis kayu itu memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Pada dasarnya, setiap jenis kayu itu memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Begitu juga dengan kayu rengas yang memiliki beragam keunggulan dan kekurangannya seperti berikut :

Keunggulan

Keunggulan pertama dari kayu rengas, yakni tampilannya yang begitu cantik dan menarik berkat warna merah darahnya. Bukan hanya itu, terkadang warna kayu rengas akan berubah menjadi agak kegelapan akibat terkena paparan sinar matahari dan perubahan cuaca.

Baca Juga : Kayu Cendana Dengan Segudang Manfaatnya

Akan tetapi, perubahan warna tersebut biasanya akan terjadi dalam kurun beberapa tahun penggunaan. Selain unggul dari segi tampilan, kayu rengas juga mudah diawetkan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat keawetan kayu rengas yang cukup rendah sehingga membutuhkan proses pengawetan. Dalam industri perkayuan, tingkat keawetan kayu rengas ini termasuk kedalam kelas II.  

Kekurangan

Dibalik beragam keunggulannya, tentu saja ada beberapa kekurangan dari kayu rengas yang harus diketahui. Meski proses pengawetan kayu rengas sangatlah mudah, namun proses pengerjaannya tergolong cukup sulit.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena tingkat kekerasan kayu rengas ini termasuk kedalam kelas sedang. Sehingga tak heran, jika kayu rengas jarang digunakan untuk kebutuhan mebel maupun furniture.

Selain itu, bahkan tingkat keretakan pada kayu rengas juga tergolong tinggi. Itu sebabnya, mengapa proses pengerjaan kayu rengas harus dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli di bidang perkayuan.

Namun permasalahannya tidak sampai disitu saja, karena kayu rengas sering mengeluarkan getah yang bisa menyebabkan gatal-gatal saat terkena kulit. Sehingga tak heran, hal tersebut akan memaksa para pengrajinnya untuk lebih berhati-hati dalam mengolah kayu rengas.

Seperti itulah seluk beluk seputar kayu rengas, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.