Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Jual Lantai Kayu Tahan Air Untuk Kamar Mandi dan Dapur

 

Jual Lantai Kayu Tahan Air Untuk Kamar Mandi dan Dapur

Pada setiap ruangan rumah tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Sebagai contohnya adalah ruang dapur yang dikhususkan untuk kegiatan masak memasak, dan ruang kamar mandi yang kerap digunakan untuk kegiatan mandi maupun mencuci pakaian.

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kamar mandi dan dapur merupakan area yang paling sering terkena air. Itu sebabnya, mengapa penggunaan lantai kayu pada kamar mandi dan dapur tidaklah cocok.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena air dan kelembapan memang menjadi musuh terberatnya bagi material kayu. Apabila terkena air secara terus-terusan, maka jangan harap jika produk lantai kayu tersebut akan berumur panjang.

Soalnya, kondisi tersebut akan memicu pelapukan sehingga lantai kayunya akan berjamur dan mengalami keropos. Sebagai solusinya, maka hadirlah produk lantai kayu anti air yang memang tahan terhadap air maupun kelembapan.

Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai produk-produk lantai kayu tahan air tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Lantai Kayu Tahan Air Berbahan Kayu Solid untuk Kamar Mandi

1. Decking Kayu Merbau

Jenis-jenis Lantai Kayu Tahan Air Berbahan Kayu Solid untuk Kamar Mandi - decking kayu merbau

Sesuai dengan namanya, dimana produk lantai kayu tahan air yang satu ini terbuat dari kayu merbau. Dilihat dari segi tampilannya, lantai kayu merbau ini tampil dengan warna merah kecokelatan yang memiliki pola serat lurus.

Sehingga tak heran, jika penggunaan Decking Kayu Merbau ini akan menonjolkan kesan elegan, mewah dan natural. Untuk tingkat kekuatan dan kekerasannya, kayu khas Papua ini termasuk ke dalam kelas I dan kelas II.

Decking Kayu Merbau sudah terbukti tahan terhadap air dan kelembapan, yang tentu saja ideal diaplikasikan pada area kamar mandi dan dapur. Bahkan, Decking Kayu Merbau juga sering diaplikasikan pada area outdoor lainnya, seperti tepian kolam renang, rooftop, halaman, taman dan sebagainya.

Akan tetapi, Decking Kayu Merbau ini biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air sehingga permukaan lantainya menjadi lengket. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena getah tersebut biasanya akan hilang dalam waktu 2 minggu saja, atau paling lamanya sekitar 2 bulan.

2. Decking Kayu Ulin

Jenis-jenis Lantai Kayu Tahan Air Berbahan Kayu Solid untuk Kamar Mandi - decking kayu ulin

Selain Decking Kayu Merbau, Decking Kayu ulin juga merupakan salah satu jenis lantai kayu tahan air yang sering diaplikasikan pada area kamar mandi dan dapur. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Decking Kayu Ulin sudah terbukti tahan terhadap air dan kelembapan.

Bukan hanya itu, Decking Kayu Ulin juga memiliki tekstur yang kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset lho. Mengenai tampilannya, Decking Kayu Ulin mengusung warna kuning cerah yang tentu saja akan menghadirkan nuansa mewah, elegan, namun masih tetap natural.

3. Decking Kayu Bengkirai

Jenis-jenis Lantai Kayu Tahan Air Berbahan Kayu Solid untuk Kamar Mandi - decking kayu bengkirai

Sekilas memang tidak ada yang berbeda antara tampilan Decking Kayu Bengkirai dengan decking kayu ulin. Ya, kedua jenis decking kayu tersebut sama-sama tampil dengan warna kuning. Bahkan tingkat kekerasan pada Decking Kayu Bengkirai ini juga hampir sama dengan decking ulin lho.

Karena hal tersebutlah yang membuat Decking Kayu Bengkirai sangat ideal diaplikasikan pada area-area yang basah seperti kamar mandi maupun tepian kolam renang.

4. Decking Kayu Keruing

Jenis-jenis Lantai Kayu Tahan Air Berbahan Kayu Solid untuk Kamar Mandi - decking kayu keruing

Dilihat dari segi tampilannya, Decking Kayu keruing ini memang cukup berbeda dengan ketiga jenis decking diatas tadi. Hal itu bisa kita lihat, yang mana Decking Kayu Keruing tampil dengan warna cokelat agak kemerahan.

Soal spesifikasinya, Decking Kayu Keruing sudah terbukti tahan terhadap air sehingga sangat ideal dipasang pada area kamar mandi maupun area outdoor lainnya. Adapun mengenai beberapa jenis decking kayu lainnya yang paling recommended, seperti decking kayu momala, decking kayu agathis, dan lain sebagainya.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis lantai kayu tahan air untuk kamar mandi, mari kita lanjutkan ke pembahasan jenis-jenis lantai kayu sintetis untuk area dapur.

Jenis Lantai Kayu Sintetis Untuk Area Dapur

Apabila produk decking tahan terhadap air, maka produk lantai kayu sintetis ini tahan terhadap kelembapan. Ya, terang saja demikian, sebab material pada produk lantai kayu sintetis ini merupakan gabungan antara serbuk kayu dengan bahan-bahan kimia lainnya.

Itu sebabnya, mengapa produk lantai kayu sintetis ini sering dipasang pada area dapur. Terdapat beberapa jenis produk lantai kayu sintetis terbaik yang direkomendasikan bagi anda seperti di bawah ini :  

1. Lantai Vinyl

Jenis Lantai Kayu Sintetis Untuk Area Dapur - lantai vinyl

Vinyl merupakan material lantai sintetis yang berbahan PVC (Polyvinyl Chloride) yang memiliki tekstur elastis dan mudah dipasang. Tersedia berbagai varian motif vinyl yang tersedia di pasaran, mulai dari motif bebatuan, keramik, granit, sampai motif kayu.

Dari segi harga, lantai vinyl ini memang jauh lebih murah ketimbang parket solid. Nah, karena hal itulah yang membuat lantai vinyl banyak dipilih sebagai alernatif pengganti parket solid. Namun, produk lantai vinyl akan dibedakan lagi kedalam empat tipe berbeda seperti berikut :

  • Vinyl Plank

Umumnya lantai vinyl plank ini tampil dengan motif kayu yang memiliki bentuk persegi panjang, sedangkan ukurannya berada di kisaran 10 hingga 20 cm. Adapun ukuran lebarnya yang mencapai sekitar 90 cm hingga 100 cm.

Dari segi tampilan, tipe vinyl plank ini memang tampak mirip dengan produk lantai kayu solid (lantai kayu asli). Namun, yang menjadi perbedaannya terdapat pada ukuran ketebalan, dimana vinyl plank jauh lebih tipis dari lantai kayu solid.

  • Lantai Vinyl Roll

Sesuai dengan namanya, yang mana Lantai vinyl roll tampil dengan bentuk gulungan seperti sebuah tikar. Biasanya produk ini mempunyai ukuran lebar sekitar 2 meter, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 25 meter.

Untuk ketebalannya, lantai vinyl roll memiliki ketebalan berkisar dari 0,5 mm hingga 2,2 mm, dengan tekstur yang lebih lentur dibanding vinyl plank.  

  • Lantai Vinyl Tile

Tipe lantai vinyl tile tampil dengan bentuk persegi yang ukurannya berada dikisaran 30 cm sampai 50 cm. Adapun ketebalannya mulai dari 1,5 mm hingga 3 mm, yang tergantung jenis merk lantai vinyl tile itu sendiri.

  • Vinyl Click

Dari segi pemasangan, mungkin lantai vinyl click ini memang lebih mudah daripada tipe-tipe lantai vinyl diatas tadi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia sudah dilengkapi dengan fitur sistem penguncian khusus pada pinggirannya.

2. Lantai SPC

Jenis Lantai Kayu Sintetis Untuk Area Dapur - lantai spc

Belakangan ini lantai SPC kian diminati oleh berbagai kalangan konsumen, karena kualitasnya yang memang lebih baik dibanding lantai vinyl.

Istilah SPC merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia adalah produk lantai yang menggabungkan senyawa kalsium karbonat dengan serbuk PVC dan stabilizer. Dengan kata lain, lantai SPC adalah bentuk pengembangan dari lantai vinyl.

Sehingga tak heran, jika kualitas lantai SPC ini lebih unggul dari lantai vinyl. Hal itu pun terbukti, dimana lantai SPC memiliki sifat tidak mudah rusak dan tidak mudah penyok. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai SPC mempunyai sifat 100% anti air.

3. Lantai Laminate

Jenis Lantai Kayu Sintetis Untuk Area Dapur - lantai laminate

Parket laminate terbuat dari bahan serbuk kayu yang dicampur dengan resin. Biasanya lantai laminate tampil dengan ketebalan sekitar 8 mm hingga 12 mm, sedangkan ukuran panjangnya mencapai 1,28 m – 1,3 m.  

Nah, itulah beberapa jenis produk lantai kayu tahan air yang cocok diaplikasikan pada kamar mandi dan ruang dapur. Bagaimana, tertarik untuk membeli salah satunya...???