Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Begini Cara Menata Dekorasi Kamar Cowok Minimalis yang Kekinian Banget

 

Dekorasi Kamar Tidur Cowok Minimalis

Mungkin semua orang bisa memiliki kamar tidur pribadi. Namun, tidak semua orang memiliki keahlian dalam mendekorasi kamar tidur tersebut. Pada umumnya, kamar para cowok itu selalu di identikan dengan nuansa yang berantakan, beraroma tidak sedap, kusam, dan kesan negative lainnya.

Padahal, tidak semua kamar cowok itu selalu identik dengan nuansa-nuansa negative lho! Buktinya sekarang ini banyak diantara mereka yang mengusung kamar tidur minimalis dengan desain rapih, tertata, dan bersih.

Akan tetapi, adakalanya kita mentok di ide karena keterbatasan ruang kamar yang tersedia. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan ide dekorasi kamar cowok minimalis yang kekinian.  

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis

1. Singkirkan Barang-barang yang Dirasa Tidak Penting

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - singkirkan barang yang tidak penting

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa tema minimalis selalu mengedepankan efektivitas dalam pemanfaatan ruang kamar. Maka dari itu, kamu harus memastikan bahwa semua barang-barang yang ada di dalam kamar itu sering digunakan.

Dengan kata lain, coba singkirkan dulu barang-barang yang dirasa kurang penting atau yang jarang digunakan. Hal itu bukan tanpa alasan, karena keberadaan barang-barang tersebut pastinya akan memakan banyak kapasitas ruang yang justru bisa membuat kamar tampak terlihat sumpek lho!

2. Pilih Warna yang Netral

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - gunakan warna netral

Dekorasi kamar cowok minimalis dapat kamu apalikasikan pada warna netral, mulai dari sprei, selimut, bantal, dan lain sebagainya. Jika terlalu banyak warna mencolok dan motif yang nyentrik, justru hal tersebut akan menghilangkan konsep minimalis.

Adapun mengenai berbagai jenis warna netral yang bisa kamu pilih seperti krem, putih, abu-abu, dan hitam. Saat skema warna secara keseluruhan kamar minimalis telah tercipta, bahkan sedikit percikan warna lain pun akan berpengaruh terhadap nuansa kamarnya.

Seandainya ingin menggunakan warna-warna yang cerah, kamu bisa mengaplikasikan warna tersebut pada karpet atau selimut sehingga dapat menghidupkan suasana tanpa mengurangi kesan minimalisnya.

3. Pemilihan Barang

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - gunakan furniture yang sesuai kebutuhan

Seperti yang sudah disebutkan pada poin pertama tadi, bahwa konsep minimalis harus mengedepankan efektivitas. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk menempatkan barang-barang secukupnya saja yang sesuai dengan kebutuhan.

Pada intinya, pilihlah barang-barang yang sekiranya sering dipergunakan di dalam kamar seperti meja lampu, jam dinding, dan lain sebagainya.

4. Gunakan Tempat Tidur yang Tanpa Bingkai

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - gunakan kasur tanpa bingkai

Perlu kalian ketahui, sebuah tempat tidur sederhana akan sangat membantu dalam menonjolkan kesan minimalis pada kamar. Terdapat beberapa pilihan tempat tidur yang direkomendasikan, seperti tempat tidur yang terbuat dari bahan logam atau kayu.

Disamping itu, tempat tidur juga bisa menjadi titik fokus terbesar dala kamar. Ketika dibuat dengan desain konsep minimalis, kamu pun tidak perlu lagi menambahkan ukiran pada headboard tempat tidurnya.

Artikel Populer Lainnya : Rahasia Mempercantik Tampilan Dapur Minimalis

5. Memaksimalkan Pencahayaan Alami

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - memaksimalkan pencahayaan alami

Semakin sedikit furniture dan perlengkapan yang ada di kamar tidur, maka akan semakin penting pula untuk mengatur pencahayaan alami. Oleh karena itu, manfaatkanlah pencahayaan alami dengan semaksimal mungkin untuk membantu mengurangi penggunaan lampu di siang hari.

Selain itu, jangan lupa juga soal pencahayaan buatan yang berasal dari lampu untuk digunakan pada malam hari. Agar tidak terlalu memakan banyak daya listrik, sebaiknya kamu menggunakan dimmer yang berupa alat peredup dan penerang lampu.

6. Pertimbangkan Jenis-jenis Lampu

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - pertimbangkan jenis lampu

Pencahayaan buatan memang memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan tingkat kenyamanan dan keindahan pada kamar minimalis. Adapun mengenai dua hal yang harus kamu pertimbangkan dalam memilih jenis lampu seperti berikut :

  • Tingkat Kecerahan

Ketika akan menentukan cahaya dalam kamar minimalis, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan jenis lampu yang hendak digunakan. Apabila bergantung pada intensitas pencahayaan bohlam dan warna yang dipancarkannya, tentu bohlam tersebut berpotensi akan mempengaruhi secara positif maupun negatif suasana dalam aktivitas tertentu.

Maka dari itu, kamu harus menyesuaikan tingkat keterangan lampu berdasarkan jenis suasana yang diinginkan untuk kamar tidur.

  • Warna

Untuk urusan warna, disarankan bagi kamu menggunakan lampu yang cahayanya berwarna putih dan biru. Mengapa harus warna putih dan biru...???

Pasalnya lampu yang berwarna putih dan biru sudah terbukti dapat menciptakan ilusi, sehingga kamar tidur tampak terlihat luas lho. Bukan hanya itu, kedua warna tersebut juga sangat ideal dalam menunjang kegiatan yang memerlukan fokus seperti belajar dan bekerja.

Jika ingin menghadirkan nuansa hangat, maka kamu bisa menggunakan lampu bohlam yang berwarna orange dan kuning. Dengan begitu, lampu berwarna kuning dan orange tersebut sangat ideal digunakan untuk kegiatan menonton tv, membaca, dan kegiatan santai lainnya.

7. Tidak Ada Salahnya Mengganti Material Lantai

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - mengganti material lantai

Apakah kamu sudah merasa bosan dengan desain lantai keramik yang begitu-begitu saja..??? Jika iya, maka sudah saatnya bagi kamu untuk mengganti lantai keramik tersebut dengan material lantai lainnya.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali jenis-jenis material lantai yang tersedia dipasaran. Tentu saja pada masing-masing material lantai tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari tingkat kekuatan, tingkat keindahan, hingga harganya.

Dengan banyaknya pilihan material lantai, secara otomatis bisa kamu pilih yang sesuai konsep kamar tidur minimalis.

Artikel Terkait : Jenis-jenis Lantai Beserta Pengertiannya

8. Hadirkan Sentuhan Alami

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - hadirkan sentuhan alami

Siapa bilang bahwa tanaman indoor itu hanya cocok ditempatkan di area ruang tamu saja..?? Buktinya, tanaman hias indoor juga sangat cocok ditempatkan di area kamar tidur minimalis lho. Dalam hal ini, disarankan bagi kamu untuk memilih tanaman hias indoor yang mudah dirawat.

Selain itu, posisi tanaman juga harus tergantung pada penempatan jendela. Apabila kondisi jendelanya tidak memungkinan, kamu pun bisa memilih jenis tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak paparan sinar matahari.

Agar tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruang, sebaiknya kamu tidak memilih jenis tanaman yang bisa tumbuh dengan ukuran besar. Adapun jenis tanaman hias seperti yang cocok untuk ditempatkan pada kamar tidur minimalis, seperti lidah mertua, lidah buaya, kaktus, spider plant, dan sebagainya. 

Atikel Menarik Lainnya : Mengenal Tanaman Begonia

9. Selalu Menjaga Kebersihan dan Kerapihan Kamar

Tips Mendekorasi Kamar Cowok Minimalis - selalu menjaga kebersihan

Sebagus apapun dekorasi yang kamu buat, maka hasilnya akan percuma jika kondisi kamarmu selalu dalam keadaan kotor dan berantakan. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban bagi kamu untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kerapihan kamar.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu harus membersihkan kamar tidur secara rutin dalam seminggu sekali, atau minimalnya 2 minggu sekali. Sementara untuk tingkat kerapihannya harus dilakukan setiap kondisi kamar mulai terlihat berantakan.

Nah, seperti itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan dalam mendekorasi kamar cowok minimalis.