Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Berbagai Inspirasi Desain Rumah Terpopuler 2021

 

Inspirasi Desain Rumah Terpopuler 2021

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa gaya arsitektur rumah selalu mengalami perkembangan dari masa ke masanya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena sebuah hunian bukan hanya sekedar sebagai tempat untuk berlindung saja, melainkan juga mencakup beberapa aspek seperti visual dan keindahan fasad rumah tersebut.

Sehingga tak heran, jika desain rumah pada setiap masanya memiliki ciri khas tersendiri karena dipengarui oleh perubahan zaman.

Nah, untuk mempersingkat waktu, mari kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai berbagai inspirasi desain rumah terpopuler 2021. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Desain Eksterior Rumah Terbaik 2021

1. Desain Rumah Bergaya Mid Century

Desain Eksterior Rumah Terbaik 2021 - gaya mid century

Menurut informasi yang didapat, gaya arsitektur rumah Mid Century ini mulai populer di tahun 1945 hingga 1980an. Pada mulanya, arsitektur Mid Century ini diyakini sebagai solusi untuk menciptakan perubahan sosial yang berdampak pada lingkungan masyarakat menjadi lebih baik.

Adapun mengenai ciri khas dari desain rumah bergaya Mid Century, seperti jendela kaca berukuran besar, ruang terbuka, dan dibangun pada bidang datar dengan model bangunan yang datar juga. Alhasil, desain rumah Mid Century ini dapat menghadirkan kesan simplisitas yang terintegrasi dengan alam.

Baca juga : Ide Dekorasi Akad Nikah di Rumah yang Wajib Dicoba

2. Desain Rumah Bergaya Mediteranian

Desain Eksterior Rumah Terbaik 2021 - gaya mediteranian

Desain bangunan rumah Mediteranian ini terinpirasi dari gaya arsitektur khas Spanyol, Italia, dan Portugal yang mulai populer di tahun 1940an. Elemen utama pada rumah bergaya Mediteranian berupa atap keramik berwarna merah, sehingga dapat menciptakan nuansa yang lebih elegan.

Jenis atap yang digunakannya berupa genteng tanah liat dengan bentuk seperti setengah tabung, yang bertujuan untuk memudahkan air turun serta memastikan sirkulasi udara berjalan lancar. Bukan hanya itu, rumah khas Mediteranian juga kerap menggunakan dinding plester agar tahan terhadap perubahan cuaca.

3. Desain Kontemporer

Desain Eksterior Rumah Terbaik 2021 - gaya kontemporer

Berikutnya ada desain rumah bergaya Kontemporer yang memang kental dengan nuansa modern. Hal itu bukan tanpa alasan, karena desain interior rumah yang satu ini kerap fokus pada kekontrasan antara warna dinding maupun furniture sehingga dapat menciptakan ilusi seolah-olah ruangan terlihat lebih penuh.

Dalam desain Kontemporer, biasanya terdapat beberapa elemen yang akan menghiasi ruangan seperti wol, sutera, hingga beludru. Itu sebabnya, mengapa desain interior rumah Kontemporer sering diterapkan pada daerah-daerah dengan iklim sejuk.

4. Desain Minimalis

Desain Eksterior Rumah Terbaik 2021 - gaya minimalis

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa tipe-tipe rumah minimalis itu kerap dijumpai di daerah perkotaan besar. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan lahan tanah di daerah perkotaan memang cukup terbatas.

Biasanya desain rumah bergaya minimalis selalu tampil dengan warna-warna netral, entah itu pada cat dinding maupun warna furniturenya. Adapun mengenai contoh warna-warna netral yang dimaksud seperti putih, abu-abu, cokelat, dan hitam.

Menariknya lagi, warna antara cat dinding dengan furniture selalu dibuat serasi. Dengan warna cat dinding dan furniture yang serasi, tentu akan membuat rumah minimalis terlihat tampak lebih luas. 

Baca juga : Tips Simple Menciptakan Interior Rumah Sunda Modern

Bukan hanya itu, bahkan rumah bergaya minimalis juga kerap sangat selektif dalam pemilihan furniture. Umumnya kriteria furniture yang digunakan pada rumah minimalis itu tidak terlalu ramai, namun masih tetap fungsional.

Nah, setelah mengetahui desain eksterior, mari kita lanjutkan ke desain interior rumah.  

Desain Interior Rumah

1. Desain Skandinavian

Desain interior Rumah Terbaik 2021 - gaya skandinavian

Sebenarnya desain interior rumah yang satu ini cukup mirip dengan rumah bergaya minimalis. Hal itu bisa dilihat pada kedua desain interior tersebut yang sama-sama mengusung warna netral seperti putih dan cokelat.

Bukan hanya itu, desain interior Skandinavian juga tidak terlalu banyak menggunakan dekorasi, kecuali dekorasi tambahan untuk sofa seperti kain panjang. Dengan mengedepankan nuansa yang simple dan luas, tentu saja desain interior Skandinavian sangat ideal untuk mereka kaum urban yang tinggal di area pemukiman padat penduduk.

Meski terdapat beberapa kesamaan, namun ada pula perbedaan antara desan Skandinavian dengan minimalis. Ya, salah satu perbedaannya terdapat pada elemen alami yang akan dihadirkan di dalam interiornya, seperti penggunaan lantai kayu parket.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan lantai kayu memang sudah terbukti dapat menghadirkan perpaduan nuansa alami dan kemewahan.

Artikel Terkait : Daftar Harga Lantai Kayu Per Meter List Terbaru 

2. Desain Klasik

Desain interior Rumah Terbaik 2021 - gaya klasik

Ini dia salah satu desain interior rumah yang memang tidak pernah lekang oleh perkembangan zaman. Ya, meski di era modern seperti sekarang ini, ternyata masih banyak orang-orang yang sangat tertarik untuk mengusung desain vintage alias klasik pada interior rumahnya.

Pada umumnya, desain rumah bergaya klasik atau Vintage selalu bermain dengan warna lembut yang cukup bervariasi pada elemen furniture. Adapun mengenai warna lembut yang kerap diaplikasikan pada ruah bergaya Vintage seperti merah hati, kuning muda, biru langit, dan pink pastel.

Akan tetapi, penggunaan warna yang terlalu banyak pada desain rumah Vintage ini justru malah membuat ruangan tampak sempit. Belum lagi ditambah dengan banyaknya penggunaan dekorasi yang bertujuan untuk meningkatkan nilai estetik, seperti guci berukuran besar, patung, vas bunga, dan lain sebagainya. 

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika rumah yang mengusung desain Vintage ini selalu terkesan penuh dan sumpek. Kendati demikian, rumah yang bergaya Vintage lebih unggul dalam urusan estetika.

3. Desain Bohemian

Desain interior Rumah Terbaik 2021 - gaya bohemian

Ide desain interior rumah modern berikutnya yang akan dibahas, yaitu berupa desain bohemian. Pada umumnya, konsep rumah Bohemian ini sering bersumber dari penggunaan furniture maupun dekorasi yang bersifat etnik atau klasik.

Tak cuma itu, terdapat juga permainan warna yang beragam sehingga dapat menciptakan nuansa kebebasan. Ya, karpet hingga kain-kain yang tampil dengan warna menonjol pun sering digunakan untuk mempertegas nuansa Bohemian.

Akan tetapi, dengan banyaknya warna yang hadir di dalam satu ruangan malah akan membuat kesan penuh. Belum lagi ditambah dengan keberadaan beragam furniture dan dekorasi yang cukup banyak, sehingga desain rumah Bohemian ini menjadi sumpek dan sempit.

Tak berbeda jauh desain rumah bergaya vintage, yang mana desain rumah bergaya Bohemian ini juga lebih unggul dari segi estetika dan keindahannya. 

Seperti itulah berbagai inspirasi desain rumah terpopuler 2021, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi saat hendak membangun atau merenovasi rumah.