Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tips Simple Menciptakan Interior Rumah Sunda Modern

 

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern

Apabila membahas seputar interior rumah modern, tentu saja pikiran kita akan langsung tertuju pada sebuah hunian yang jauh dari nuansa tradisional. Padahal, perpaduan interior rumah modern dengan tradisional ini justru dapat meningkatkan nilai estetika pada hunian tersebut lho. Ya, salah satunya adalah tema interior rumah modern khas Sunda.

Pada dasarnya, interior khas Sunda ini merupakan interior yang serasi dan harmonis dengan alam, sehingga pengaplikasian interiornya selalu menggabungkan material-material alami seperti bamboo, kayu bilik, sampai batu-batuan.

Tak hanya ditemui di daerah Jawa Barat saja, bahkan interior rumah khas Sunda ini juga bisa kita temui di daerah-daerah Indonesia lainnya.

Seputar Interior Rumah Khas Sunda

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa Sunda menempati urutan kedua sebagai suku terbesar di Indonesia setelah suku Jawa. Arsitektur rumah Sunda itu sendiri biasanya selalu mengedepankan tema fungsional, kesederhanaan, keserasian, kepolosan, dan sedikit detail.

Namun, banyaknya interior pada saat ini bisa menciptakan nuansa rumah khas Sunda yang lebih berbeda dari sebelumnya. Dengan begitu, kamu bisa lebih leluasa lagi dalam mengkreasikan berbagai material yang ada.

Seperti halnya penggunaan wallpaper dinding dengan motif khas Sunda, atau aksesoris lainnya yang mengusung tema Sunda.

Baca juga : Inspirasi Wallpaper Dinding Untuk Kamar Tidur

Nah, untuk mempersingkat waktu, mending kita langsung saja ke pembahasan intinya mengenai tips simple dalam menciptakan interior rumah Sunda modern. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Tips Membuat Interior Rumah Sunda Modern

1. Hadirkan Sentuhan Batu Alam Atau Batu Bata

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern - gunakan tembok batu bata

Untuk menonjolkan nuansa khas Sunda banget, maka kamu wajib menghadirkan sentuhan batu alam atau batu bata. Ya, kedua material tersebut bisa kamu aplikasikan untuk dinding rumah, maupun dijadikan sebagai tambahan aksen dekoratif seperti tumpukkan batu alam yang diletakkan pada sudut ruangan.

Selain itu, batu alam dan batu bata tersebut juga dapat kamu jadikan sebagai dekoratif turniture seperti bingkai cermin, meja kaca, jenis-jenis furniture lainnya.

2. Bambu Merupakan Material yang Wajib Ada

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern - gunakan material bambu

Selain batu alam dan batu bata, bambu juga menjadi salah satu material paling berpengaruh dalam menciptakan interior khas Sunda. Dalam hal ini, kamu dapat memanfaatkan material bambu untuk dijadikan pondasi rumah maupun furniture.

Pada bagian desain interior modern khas Sunda, maka kamu harus menggabungkan antara bambu dengan material lainnya. Itu artinya, desain interior secara keseluruhannya tidak harus selalu di dominasi oleh material bambu.

Sebagai contoh, kamu dapat menggunakan bambu tersebut untuk dijadikan partisi ruangan (sekat), hiasan dinding, pintu, hingga furniture lainnya. Dengan menggunakan interior berbahan bambu tadi, tentu saja ruangan di dalam rumahmu akan sangat kental dengan nuansa khas Sunda modern.

Baca juga : Ide Desain Cafe Outdoor yang Kekinian

3. Memaksimalkan Pencayahaan Alami di Siang Hari

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern - maksimalkan pencahayaan alami

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa interior khas Sunda selalu mengedepankan konsep alami. Hal itu juga berlaku untuk urusan pencahayaan di dalam ruangan, sehingga kamu harus memaksimalkan pencahayaan alami pada siang hari melalui jendela-jendela yang ada.

Tak hanya melalui jendela, pencahayaan alami tersebut juga bisa melalui akses lainnya seperti ruangan yang terbuka atau menggunakan skylight. Selain dapat menciptakan nuansa khas Sunda, cara ini juga tentunya dapat menciptakan sirkulasi udara menjadi lebih baik sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Bahkan, dengan memanfaatkan pencahayaan alami di siang hari pun dapat menghemat biaya listrik bulanan dirumahmu lho.

4. Gunakan Lampu yang Lembut Pada Malam Hari

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern - gunakan lampu yang lembut dimalam hari

Apabila di siang hari memanfaatkan pencahayaan alami dari sinar matahari, maka di malam hari kamu harus menggunakan lampu yang cahayanya lembut. Mengapa demikian...??

Pasalnya, cahaya lembut yang memantul ketika malam hari pada aksen-aksen bambu dan batu alam bisa menciptakan kesan yang sangat kental dengan nuansa khas Sunda. Adapun mengenai beragam warna lampu yang dapat kamu gunakan, mulai dari warna orange, putih lembut, dan kuning.

Artikel Menarik Lainnya : Lampu Hias Coffee Untuk indoor dan Outdoor

5. Menambahkan Aksesoris Dari Anyaman

Interior  Rumah  Khas Sunda  MOdern - menambahkan aksesoris dari anyaman

Ini dia salah satu hal yang memang cukup berpengaruh dalam menghadirkan sensasi khas Sunda pada interior rumah. Maka dari itu, sudah semestinya bagi kamu untuk menambahkan berbagai jenis aksesoris maupun perabotan anyaman.

Anyaman tersebut dapat kamu jadikan sebagai dekorasi dinding, atau dijadikan furniture seperti kursi, rak, lemari, meja, dan lain sebagainya. Apabila ingin lebih simple dan tidak memakan banyak di area dinding, maka kamu bisa mensiasatinya dengan menggunakan wallpaper bermotif anyaman.

Nah, setelah mengetahui cara membuat interior rumah khas Sunda modern, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai jenis-jenis Rumah Adat Sunda.

Mengenal Jenis-jenis Rumah Adat Sunda

Mengingat negara Indonesia akan adat dan budayanya, maka tak heran jika pada masing-masing daerahnya memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bahasa, kuliner, hingga rumah adat. Begitu juga dengan Suku Sunda. Adapun mengenai beberapa jenis rumah adat Sunda yang harus kamu ketahui seperti berikut :

1. Rumah Adat Sunda Kesepuhan

Untuk kamu yang ingin merasakan sensasi seperti sedang berada di zaman kerajaan Padjajaran, maka desain Rumah Adat Sunda Kesepuhan ini adalah jawabannya. Dilihat dari arsitekturnya, Rumah Adat Sunda Kesepuhan ini mengusung konsep Keraton dan memiliki gerbang utama seperti gerbang-gerbang pura di Bali.

Beralih ke bagian atap, yang mana pada umumnya Rumah Adat Sunda Kesepuhan selalu ditopang dengan 4 buah tiang kayu. Namun sayang, arsitektur Rumah Adat Sunda Kesepuhan di era sekarang cukup sulit untuk kita jumpai.

Baca Juga : Perhitungan Biaya Membuat Rumah Kayu

2. Rumah Adat Sunda Jalopong

Inilah salah satu jenis rumah adat Sunda yang masih tetap eksis sampai sekarang lho. Hal itu terbukti, dimana desain Rumah Adat Sunda Jalopong banyak di temui dikawasan pedesaan Jawa Barat, terlebih di daerah Garut.

Ciri khas dari rumah adat Sunda yang satu ini terdapat pada bagian atapnya yang berbentuk pelana panjang. Menurut informasi yang didapat, istilah Jalopong itu sendiri berasal dari keunikan bangunannya yang membiarkan bagian teras depannya dibuat kosong tanpa furniture maupun perabotan apapun.

Saat ada tamu yang akan berkunjung ke Rumah Adat Sunda Jalopong tersebut, biasanya si penghuni akan menggelar samak (tikar anyaman).

3. Rumah Adat Sunda Parahu Kumureb

Jenis rumah adat Sunda berikutnya yang akan dibahas, yakni bernama Rumah Adat Sunda Parahu Kumureb. Ya, sesuai dengan namanya, dimana atap pada bagian Rumah Adat Sunda Parahu Kumureb ini memang tampak seperti perahu terbalik.

Terdapat dua bentuk atap yang kerap digunakan, yakni bentuk trapesium yang terdapat di bagian depan dan belakang rumah. Sedangkan bentuk yang keduanya cenderung segitiga sama sisi, yang dipasang di sisi kanan dan kiri rumah.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk beluk seputar interior rumah khas Sunda, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.