Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mau Bikin Ruang Billiard di Rumah? Begini Tips Dekorasinya

 

tips menata dekorasi ruang billiard

Dekorasi ruang billiard – Pada mulanya olahraga billiard memang tidak sepopuler sepak bola maupun badminton. Hal tersebut bukan tanpa alasan, karena pada waktu itu olahraga billiard hanya bisa dijangkau oleh kalangan tertentu saja.

Seiring dengan berjalannya waktu, kini olahraga billiard bisa dilakukan oleh semua kalangan. Begitu pun di Indonesia, yang mana kegiatan bermain billiard mulai banyak diminati terlebih bagi kalangan anak muda.

Sekarang ini tempat-tempat atau fasilitas billiard sudah menjamur, entah itu di daerah perkotaan maupun di pinggiran kota. Bahkan, tak sedikit pula masyarakat kita yang membuat fasilitas billiard di rumah pribadinya lho.

Selain digunakan untuk kebutuhan pribadi, ruang billiard tersebut juga kerap disewakan sehingga bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan. Pada dasarnya, untuk membuat fasilitas billiard di rumah itu tidak harus selalu mewah asalkan kita bisa menata dekorasi ruangannya dengan tepat.

Nah, untuk kamu yang hendak membuat ruang billiard di rumah pribadi, berikut di bawah ini ada beberapa tips dan trik dalam menata dekorasinya.

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard

1. Gunakan Material Lantai yang Tepat

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - gunakan lantai kayu

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa keramik merupakan salah satu material yang kerap digunakan sebagai alas penutup lantai. Hal itu pun terbukti, yang mana sebagian besar bangunan di dunia ini menggunakan lantai keramik.

Dari segi harga, lantai keramik ini memang lebih murah dibanding material lantai lainnya. Bukan hanya itu, material keramik juga menyediakan beragam motif dan ukuran sehingga dapat kita pilih sesuai dengan konsep hunian.

Untuk ruang billiard, sebaiknya kamu menggunakan material lantai lain selain keramik. Ya, salah satunya berupa lantai kayu. Mengapa demikian...???

Pasalnya, lantai kayu memiliki tingkat keindahan yang tidak dimiliki oleh material keramik. Dengan menggunakan lantai kayu, tentu saja ruang billiard di rumahmu akan tampak lebih mewah, elegan, dan natural.

Tak hanya unggul dari segi keindahan, bahkan lantai kayu juga memiliki tingkat kekuatan dan keawetan yang sangat mumpuni sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Belum lagi dengan aroma khas kayunya yang dijamin akan membuat siapa saja merasa nyaman dan rileks.

Untuk kelengkapan informasi seputar produk lantai kayu silahkan klik tautan di bawah ini :

Daftar Harga Lantai Kayu Per Meter Terbaru

2. Pemilihan Lampu yang Tepat

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - gunakan lampu gantung

Pencahayaan menjadi hal yang paling penting dalam menunjang kegiatan billiard. Biasanya, ruang biliard sering menggunakan jenis lampu gantung agar lebih banyak memberikan cahaya ke area mejanya.

Adapun bagian lain dari ruangan yang dapat diterangi dengan menggunakan lampu dinding, atau lampu langit-langit built-in dengan menerapkan system indirect lighting.

3. Pastikan Ada Sirkulasi Udara

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - pastikan ada sirkulasi udara

Tingkat kenyamanan dalam ruang billiard itu bukan hanya terletak pada kelengkapan fasilitas dan penggunaan interiornya saja, melainkan juga didukung oleh adanya sirkulasi udara. Nah, agar ruang billiard tidak terlalu pengap, maka harus ada sirkulasi udara yang baik sehingga membuatnya lebih nyaman.

4. Sediakan Tempat Duduk

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - sediakan tempat duduk

Selain sirkulasi udara, jangan lupa untuk melengkapi ruang billiard dengan area duduk. Ya, area duduk ini biasanya ditujukan untuk para penonton yang hendak menonton pertandingan. Jika kamu memiliki budget lebih, sebaiknya gunakan kursi yang materialnya berkualitas tinggi guna meningkatkan rasa nyaman bagi para pengunjung.

5. Sediakan Rak Penyimpanan

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - sediakan rak penyimpanan

Guna menambahkan rasa nyaman bagi para pemain maupun pengunjung, sebaiknya kamu sediakan rak sebagai tempat untuk menyimpan berbagai barang-barang, seperti tas, sepatu, makanan, minuman, dan lain sebagainya.

Artikel Menarik Lainnya : Trik Menata Dekorasi Kamar Mandi Dengan Mudah

6. Dukung Dengan Fasilitas Tambahan

6 Langkah Mudah Menata Dekorasi Ruang Billiard - sediakan fasilitas tambahan

Selain meja dan cue (tongkat), tentunya harus ada fasilitas tambahan guna mendukung kegiatan serta kenyamanan bagi semua pengunjung. Ya, fasilitas tambahan tersebut berupa tv, radio, mp3, lemari pendingin minuman, kedai, café, dan lain sebagainya.

Dimensi Meja Billiard yang Berdasarkan Ukuran Kaki

Umumnya ukuran meja billiard mempunyai ukuran panjang dua kali dari lebarnya. Adapun mengenai pengukuran meja dalam satuan kaki (foot), yakni 9 kaki, 8 kaki, dan 7 kaki. Sedangkan bagian permukaan area bermainnya adalah empat persegi panjang dengan rasio 2:1.

Dimensi Meja Billiard yang Berdasarkan Ukuran Kaki

  • Kaki Meja 9 mempunyai permukaan meja bermain sekitar 100 inci, besar 50 inci (254 cm x 127 cm) dengan 1/8 inci (3.175 mm).
  • Kaki Meja 8 mempunyai permukaan meja bermain dengan ukuran 42 - 92 inci (233,68 cm x 116,84 cm).
  • Kaki Meja 7 memiliki permukaan meja bermain dengan ukuran 7 inci dan 38 inci (193,04 cm x 96,52 cm).

Ukuran Meja Berdasarkan Jenis Meja

1. Meja Billiard Carom

Pada dasarnya permukaan meja billiard jenis carom ini mempunyai ukuran panjang 2,84 meter, lebar 1,42 meter, dan kelonggarannya mencapai sekitar 5 mm. Bukan hanya itu, biasanya meja Billiard Carom juga memiliki ukuran tinggi sekitar 7- sampai 80 cm, serta pada bagian sisinya tidak ada lubang.

Adapun mengenai papan alas permainannya yang mempunyai ketebalan sekitar 45 mm, dan harus dipanaskan di atas suhu ruangan 5 derajat celcius. Mengapa demikian? Ya hal itu bertujuan agar papan tetap lembap sehingga bolanya bisa bergulir dan memantul dengan stabil.

Baca Juga : 6 Tips Jitu Membuat Ruang Tamu Tampak Mewah

2. Meja Billiard Pool

Lain halnya dengan jenis meja Billiard Pool, dimana ia terdapat 6 buah lubang di bagian tepiannya. Sebenarnya ukuran meja Billiard Pool sangat bervariasi.

Namun, meja Billiard Pool yang sering digunakan itu berukuran panjang 2,7 meter,2,4 meter, dan 2,1 meter dimana pada masing-masingnya memiliki perbandingan rasio 2:1 dengan ukuran lebarnya. Tak hanya itu, setiap negara menggunakan ukuran meja Billiard Pool yan berbeda-beda lho.

Menurut informasi yang didapat, ukuran meja biliard yang sering digunakan di Indonesia itu memiliki lebar 106,68 cm, panjang 213,36 cm, lebar 96,52 cm, dan panjang area bermain 193,04 cm. Sedangkan ukuran cue atau tongkatnya adalah 24 – 52 inch (1 inci = 2,54 cm).

Bahan Untuk Meja Billiard

Bantalan

Cushions atau yang sering disebut dengan istilah bantalan ini terletak di dalam sisi tepian meja. Pada umumnya, material bantalan tersebut terbuat dari bahan karet sintetis. Adapun mengenai fungsi dari keberadaan bantalan ini untuk mencegah bola billiard memantuk keras saat dosodok maupun membentur meja.  

Papan Alas Permainan

Bed (Papan Alas Permainan) berperan sebagai area luas permainan yang materialnya terbuat dari bahan batu kapur.

Kain Penutup Papan

Kain Penutup Papan (cloth) ini biasanya tampil dengan warna merah atau hijau yang materialnya terbuat dari bahan wol dan nilon.

Penanda

Penanda atau yang sering disebut dengan istilah Shigts merupakan segitiga kayu untuk mengumpulkan bila dan garis-garis pentujuk yang digambarkan di atas papan meja billiard.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara menderkorasi ruang billiard di rumah, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.