Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tips Jitu Membuat Ruang Tamu Tampak Lebih Mewah

6 Tips Jitu Membuat Ruang Tampak Lebih Mewah

Sesuai dengan namanya, dimana ruang tamu ini adalah spot khusus bagi para tamu yang hendak bertamu ke rumah kita. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika banyak orang yang rela melakukan berbagai cara agar tampilan ruang tamunya terlihat lebih mewah dan nyaman.

Seperti halnya ruang tamu konsep luxury pada interior ruangan, atau penggunaan sofa kelas premium. Padahal, konsep interior minimalis juga bisa meghadirkan nuansa mewah lho. Lantas, bagaimanakah cara membuat tampilan ruang tamu menjadi mewah?

Nah, biar kalian gak penasaran, mending kia simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Membuat Tampilan Ruang Tamu Menjadi Mewah

1. Penggunaan Jenis Lampu

penggunaan jenis lampu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa lampu merupakan bagian paling penting dalam mempengaruhi tampilan interior ruangan. Untuk mendapatkan nuansa yang lebih mewah, maka ruang tamu rumahmu harus menggunakan tipe lampu langit seperti gambar diatas.

Selain dapat memberikan nuansa mewah, tipe lampu diatas tadi juga dapat menonjolkan sisi glamour dan elegen. Namun, tipe lampu tersebut hanya cocok diaplikasikan pada ruangan tamu yang langit-langitnya berukuran tinggi.

Seandainya kamu tidak ingin menggunakan lampu pada area langit-langit, maka kamu bisa menggunakan lampu lantai dengan desain yang sesuai konsep interior rumah. Disamping itu, kamu juga bisa menggunakan pencahayaan warm white agar semakin mempertegas kesan mewahnya.

2. Penggunaan Karpet

Penggunaan Karpet

Apakah ruang tamu rumahmu ingin terkesan lebih hangat? Jika iya, maka penggunaan karpet ini merupakan pilihan yang paling tepat. Pilihlah karpet dengan material yang berkualitas, agar nyaman saat dipakai dan mudah dibersihkan.

Tak hanya menampilkan nuansa hangat saja, bahkan penggunaan karpet pada lantai ini juga bisa mempertegas kesan mewah dan glamour lho. Namun, untuk mendapatkan aksen mewah tersebut tak harus pada karpet-karpet yang memiliki motif atau corak saja.

Pasalnya, nuansa kemewahan pada ruang tamu juga bisa kamu dapatkan dengan menggunakan karpet polos berbahan velvet. Selain itu, jangan lupa untuk mengkombinasikan secara serasi antara desain karpet dengan warna dinding serta furniture ruangan.

3. Penggunaan Sofa

Penggunaan sofa

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa setiap ruang tamu tentunya sudah dilengkapi dengan sebuah sofa sebagai tempat duduk. Dalam hal ini kamu bisa memilih berbagai jumlah dudukan sofa, mulai dari 2 hingga 3 dudukan serta desain yang sesuai keinginanmu.

Nah, guna mendapatkan aksen mewah, maka kamu bisa menggunakan sofa yang materialnya terbuat dari bahan kulit atau velvet. Lantas, bagaimana dengan warna sofanya? Untuk urusan warna, biasanya sofa yang dapat memberikan nuansa mewah itu adalah yang berwarna gelap atau berwarna netral.

Selain dapat memberikan aksen mewah, sofa yang berwarna gelap juga tidak mudah kotor lho. Tak Cuma itu, perpaduan antara sofa dan pencahayaan yang tepat pun sangat mendukung aksen mewah pada ruang tamu.

4. Penggunaan Warna Cat Dinding

Penggunaan Warna Cat Dinding

Dalam penggunaan cat dinding, sebenarnya kamu bisa menggunakan jenis warna apapun. Akan tetapi, sangat disarankan untuk menggunakan 1 warna saja yang dilengkapi dengan ornamen-ornamen persegi panang, sehingga tidak akan memberikan aksen flat pda dinding.

Baca juga : Merk Cat Kayu Terbaik

Disamping itu, pastikan juga bahwa pengguaan ornamen tersebut disesuaikan dengan konsep interior ruangannya. Jika kamu menggunakan banyak warna pada dinding ruang tamu, justru hal tersebut akan terkesan lebih ramai dan tidak berestetika.

Tak hanya warna, kamu pun bisa menempelkan kaca pada dinding agar tampilan ruang tamunya tampak lebih luas dan mewah.

5. Penggunaan Meja

Penggunaan Meja

Selain sofa, tentu saja ruang tamu rumahmu itu membutuhkan sebuah meja yang cantik untuk menyempurnakan tampilan mewahnya. Disini kamu bisa menggunakan meja yang ukurannya tidak terlalu besar, sedangkan materialnya yang terbuat dari perpaduan rangka stainles steel dengan permukaan meja berbahan marmer.

Hasilnya, jenis meja tersebut akan membuat tampilan ruang tamu rumahmu akan tampak lebih mewah dan bernilai estetika tinggi. Selain tipe meja tadi, kamu juga dapat menggunakan desain dan warna meja lainnya seperti material kayu.

Namun perlu diingat, bahwa ukuran mejanya tidak boleh lebih besar dari ukuran sofa. Mengapa demikian? Pasalnya, hal tersebut justru akan merusak nilai estetika pada ruangan tamu.

6. Penggunaan Jenis Lantai

Tips jitu berikutnya dalam membuat ruang tamu menjadi lebih mewah, yakni penggunaan jenis lantai. Ya, ada beragam jenis material lantai yang tersedia dipasaran, dimana masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri.

Adapun mengenai jenis-jenis lantai yang direkomendasikan untuk ruang tamu seperti berikut :

  • Lantai Keramik

lantai keramik

Pastinya kita sudah sangat mengenal betul dengan jenis bahan lantai yang satu ini kan? Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat sebagian besar rumah-rumah di Indonesia memang menggunakan bahan keramik sebagai penutup lantainya.

Lantai keramik mempunyai fleksibilitas pemakaian yang tinggi, serta bisa diaplikasikan pada hampir seluruh bagian rumah, termasuk ruang tamu.

Selain kuat dan kokoh, bahkan lantai keramik juga tidak membutuhkan proses pemolesan dan mudah dirawat. Tak cuma itu, harga lantai keramik pun relatif murah ketimbang jenis-jenis material lantai lainnya.

Baca Juga : Harga Keramik di Bandung 2021

Seiring dengan perkembangan teknologi, lantai keramik menghadirkan berbagai macam warna, motif, dan ukuran sehingga bisa kita pilih sesuai dengan konsep hunian rumah.

Adapun mengenai berbagai macam motif keramik yang dapat kita jumpai dipasaran, mulai dari motif bebatuan, kayu-kayuan, dan lain sebagainya.

  • Lantai Marmer

lantai marmer

Untuk kamu yang ingin ruang tamunya terlihat lebih mewah, maka penggunaan lantai marmer ini merupakan pilihan paling tepat. Pasalnaya, lantai marmer memiliki kilauan bening yang dapat menciptakan nuansa mewah dan elegan.

Lantai marmer pada umumnya tampil dengan tekstur dan pola yang tidak beraturan. Dari segi harga, lantai marmer memang lebih mahal diantara jenis bahan lantai lainnya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat ketersediaan bahan bakunya yang terbatas.

Tak hanya menghadirkan nuansa mewah dan elegan, lantai marmer juga sudah terbukti kuat dan tahan lama lho. Namun, ada satu kelemahan pada lantai marmer yang harus kamu ketahui, yakni memiliki pori-pori relatif besar.

Dengan kata lain, lantai marmer membutuhkan perawatan yang ekstra. Mengapa demikian? Sebab, lantai marmer memiliki sifat yang mudah menyerap cairan serta meninggalkan noda apabila tidak segera dibersihkan.

  • Lantai Granit

lantai granit

Seperti halnya lantai marmer, yang mana granit juga termasuk kedalam golongan material lantai kelas atas. Namun, pori-pori pada lantai granit lebih rapat sehingga membuatnya tidak mudah menyerap cairan maupun kotoran.

Penggunaan lantai granit pun dapat menghadirkan nuansa mewah dan elegan pada sebuah hunian. Bukan hanya itu, lantai granit juga sangat kokoh dan tahan lama. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kini telah hadir granit buatan yang menyuguhkan beragam motif dengan harga lebih murah.

  • Lantai Kayu

lantai kayu

Lantai kayu atau yang biasa disebut dengan istilah parket (parquete), merupakan bahan penutup lantai yang terbuat dari kayu solid (kayu utuh). Dengan demikian, maka tak heran juga jika penggunaan lantai kayu parket dapat menghadirkan nuansa natural namun tetap elegan.

Tak hanya indah dipandang, lantai kayu juga sudah terbukti kokoh sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya bisa mencapai ribuan tahun lho.  

Adapun mengenai produk lantai kayu parket yang terbagi lagi kedala dua tipe berbeda, yakni lantai kayu indoor dan outdoor.

Nah, untuk kelengkapan informasinya, silahkan kunjungi -> Harga Lantai Kayu Per Meter List Terbaru 2021

Itulah 6 tips paling jitu untuk membuat tampilan ruang tamu menjadi lebih mewah. Bagaimana, tertarik untuk mencobanya?