Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Trik Menata Dekorasi Kamar Mandi Dengan Mudah

 

cara menata dekorasi kamar mandi

Pada setiap ruangan di rumah tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ya, mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang dapur, kamar tidur, dan kamar mandi. Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa kamar mandi menjadi salah satu ruang yang memang selalu digunakan oleh semua penghuni rumah.

Tak hanya penghuni rumah saja, bahkan kamar mandi juga kerap digunakan para tamu yang berkunjung ke rumah. Maka dari itu, kamar mandi harus dibuat dengan senyaman dan seindah mungkin. Pasalnya, kondisi kamar mandi yang tertata dengan baik juga sangat berpengaruh terhadap suasana hati lho.

Saat kamar mandi dalam kondisi kotor dan berantakkan, secara otomatis akan membuat kita tidak berhasrat untuk memasukinya meski dalam keadaan kebelet sekalipun. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan memberikan beberapa tips & trik mengenai cara menata dekorasi kamar mandi.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Cara Mendekorasi Kamar Mandi

1. Menambahkan Berbagai Tanaman Hias

cara menata dekorasi kamar mandi - menambahkan berbagai tanaman hias

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan dalam menata dekorasi kamar mandi, yakni dengan menambahkan berbagai tanaman hias. Agar tidak terlalu memakan banyak kapasitas ruang, sebaiknya kamu memilih tanaman-tanaman hias yang berukuran kecil seperti kaktus, spider plant, sanseviera (lidah buaya), dan lain sebagainya.

Dengan menempatkan berbagai jenis tanaman hias, tentu saja kamar mandimu akan tampak lebih alami dan asri. Tak hanya itu, keberadaan tanaman hias tersebut juga akan membuat sirkulasi udara di kamar mandi menjadi lebih baik.

Artikel Menarik Lainnya : Cara Aman Memasang Pemanas Air di Kamar Mandi Dengan Gas

2. Cermin Merupakan Benda yang Wajib Ada

cara menata dekorasi kamar mandi - menambahkan cermin

Guna menciptakan sifat yang fungsional, maka kamu bisa meletakkan sebuah kaca cermin di dalam kamar mandinya. Disamping itu, kamu juga bisa mendapatkan ukuran dan bentuk cerminnya yang sesuai dengan konsep kamar mandi.

Apabila ukuran kamar mandinya tergolong mungil, maka gunakanlah kaca cermin yang setengah badan. Selain itu, pemilihan kaca cermin dengan bentuk dan frame yang tepat juga sangat berpengaruh dalam menciptakan kamar mandi sederhana agar tampak lebih berestetik.

Berbeda dengan kamar mandi yang ukurannya cukup luas, sehingga kamu dapat menggunakan kaca full body yang ditempatkan dalam kamar mandinya. Namun, usahakan untuk tidak menempatkan kaca cermin tersebut terlalu dekat dengan pintu kamar mandi agar tidak mudah bergeser atau terjatuh dari tempatnya.

3. Memanfaatkan Perabotan Lama Untuk Kebutuhan Kamar Mandi

cara menata dekorasi kamar mandi - mendaur ulang perabotan lama

Disarankan jangan terburu-buru untuk langsung membeli berbagai jenis perabotan kamar mandi. Dengan kata lain, coba perhatikan dulu apakah di dalam rumahmu itu ada barang-barang lama yang berpotensi di daur ulang untuk kebutuhan kamar mandi?

Sebagai contohnya, kamu dapat mengambil tangga kayu yang tidak terpakai kemudian cat lagi agar tampilannya tampak baru. Setelah itu, tangga tersebut bisa dijadikan hiasan sekaligus juga menjadi gantungan handuk. Dengan adanya tangga kayu ini maka tampilan kamar mandi rumahmu akan terkesan lebih rustic.

4. Menempatkan Rak Untuk Kamar Mandi Sederhana Minimalis

cara menata dekorasi kamar mandi - menempatkan rak

Untuk mempertegas nuansa minimalis yang bergaya rustic, sebaiknya kamu menggunakan rak yang bahannya terbuat dari kayu. Tak hanya sekedar pemanis keberadan rak tersebut bisa kamu gunakan untuk menempatkan berbagai perlengkapan mandi seperti silet, foam cukur, pembalut, popok bayi, dan lain sebagainya.

Dengan begitu, secara otomatis kondisi kamar mandi senantiasa rapih karena semua barang-barang sudah tertampung didalam rak tadi.

5. Mengganti Warna Cat Dinding

cara menata dekorasi kamar mandi - mengganti warna cat dinding

Selain dari segi furniture, ternyata warna cat dinding juga mempunyai peranan yang penting dalam meningkatkan kenyamanan di dalam kamar mandi lho. Apabila dinding dikamar mandimu sudah tampak terlihat kusam, berjamur dan mengelupas, segera ganti dengan warna cat yang bernuansa fresh.

Adapun mengenai beragam warna cat yang bisa menghadirkan nuansa segar di dalam kamar mandi sederhana, seperti warna biru muda, putih, hijau muda, biru langit, dan lain sebagainya. Atau kamu juga dapat menggabungkan warna-warna berbeda seperti perpaduan biru muda dan putih, hijau dan biru langit, dan seterusnya.

Baca juga : Tips Memilih Warna cat Dinding yang Sesuai Dengan Hunian

6. Ada Gantungan Tambahan di Kamar Mandi

cara menata dekorasi kamar mandi - menambahkan gantungan

Untuk membuat gantungan tambahan di dalam kamar mandi, kamu pun hanya perlu menyiapkan rel besi tambahan saja. Fungsinya juga tidak berbeda jauh dengan rak tadi, yang mana keberadaan gantungan tambahan ini juga berfungsi unuk menggantungkan berbagai barang-barang seperti handuk, kimono, pakaian, dan lain sebagainya.

Terlebih untuk pakaian-pakaian yang dibiarkan berantakkan di kamar mandi tentu saja akan merusak pemandangan. Selain tak sedap dipandang, bahkan pakaian-pakaian yang diletakkan begitu saja bisa menjadi sarang kuman dan bakteri lho!

7. Selalu Tertib Dalam Menyimpan Perlengkapan Kamar Mandi Sesuai Tempatnya

cara menata dekorasi kamar mandi - selalu menyimpan barang pada tempatnya

Walaupun kamar mandimu itu sudah tersedia sebuah rak atau gantungan tambahan, namun bukan berarti bahwa kamu harus menyimpan peralatan mandinya dengan sembarangan.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena masih banyak dari kita yang sering mengabaikan tingkat kerapihan di dalam kamar mandi dengan tidak menyimpan perlengkapan tersebut pada tempatnya. Maka dari itu, mulai sekarang harus dibiasakan untuk menyimpan peralatan mandi tersebut pada yang sesuai tempatnya setelah digunakan.

Selain enak dipandang, penyimpanan yang sesuai tempatnya juga akan mempermudah kita saat hendak menggunakan salah satu perlengkapan mandinya.

8. Hadirkan Keset Kaki

cara menata dekorasi kamar mandi - menambahkan keset kaki

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa permukaan lantai di area kamar mandi sangat rentan licin. Tentu saja hal tersebut dapat meningkatkan risiko bahaya terpeleset. Bahkan, tak sedikit pula orang-orang yang cedera karena terjatuh akibat permukaan lantainya yang licin.

Maka dari itu, kamu harus menempatkan keset yang berbulu didalam kamar mandi. Tak hanya dapat mengurangi efek dingin, penggunaan keset yang berbulu tersebut juga dapat mengurangi risiko terpeleset.

Atau kamu juga bisa mengganti material lantainya dengan menggunakan lantai kayu khusus kamar mandi. Pasalnya, tekstur permukaan pada lantai kayu ini sangat kesat dan tidak licin.

Artikel Terkait : Jual Lantai Kayu Tahan Air Untuk Kamar Mandi dan Dapur

9. Perhatikan Tingkat Keharuman Kamar Mandi

cara menata dekorasi kamar mandi - perhatikan tingkat keharuman

Sebagus apapun dekorasi pada kamar mandi tersebut, maka hasilnya akan percuma jika masih mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sedari itu, sudah seharusnya bagi kamu untuk senantiasa menggunakan pengharum khusus kamar mandi untuk mengusir aroma tak sedap.

Terdapat dua jenis produk pengharum kamar mandi yang umumnya tersedia dipasaran, mulai dari berbentuk kamper hingga spray. Harga yang ditawarkannya juga cukup bervariasi, sehingga bisa kamu sesuaikan dengan isi dompet.

Selain tingkat keharuman, kamu juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan kebersihan kamar mandi. Dalam hal ini, kamu bisa membersihkan kamar mandi seminggu sekali atau minimalnya dua minggu sekali.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu lakukan dalam menata dekorasi kamar mandi.