Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Pembersih Lantai Kayu yang Boleh & Jangan Digunakan!

pembersih lantai kayu

Untuk merawat lantai kayu memang terbilang cukup mudah, namun yang perlu diketahui bahwa tidak semua jenis pembersih lantai kayu dapat bekerja dengan baik.

Ada sebagian alat pembersih yang dapat mendatangkan masalah pada lantai kayu anda seperti goresan, warna menjadi kusam, atau lebih parah membuat kayu keropos.

Baca JugaHarga Lantai Kayu Permeter Berbagai Jenis List 2022

Untuk lebih mengoptimalkan perawatan yang baik, anda perlu mempertimbangkan untuk memilih alat atau cairan pembersih lantai kayu yang memang dirancang khusus untuknya.

Artikel ini dibuat memang dikhususkan untuk pengguna lantai kayu yang sering melakukan kesalahan dalam cara merawat lantai kayu yang baik dan benar.

Pembersih Lantai Kayu yang Tidak Diperbolehkan!

Untuk menghindari kerusakan pada lantai kayu anda, penting untuk mengetahui pembersih mana yang tidak boleh sama sekali menyentuh lantai kayu.

Berikut ini cairan yang tidak boleh dijadikan sebagai pembersih lantai kayu:

pembersih lantai kayu

#1 Pel Basah

Meski mengepel lantai kayu direkomendasikan untuk menghilangkan debu, kotoran dan pasir yang tertinggal di lantai, anda mesti tahu kalau pel yang terlalu basah dapat merusak lapisan finishing hingga kayu itu sendiri.

Dalam artikel yang pernah kami buat, pel yang dianjurkan adalah pel yang sedikit lembab dengan tanpa air yang berlebihan.

Untuk itu perlu memperhatikan seberapa basah pel sebelum anda gunakan untuk membersihkan lantai kayu. Jika dirasa terlalu basah, keringkan dulu untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

#2 Cairan Cuka

Cuka putih memang banyak digunakan untuk membersihkan segala kotoran yang ada dirumah termasuk pada lantai kayu. Banyak artikel yang merekomendasikan cuka untuk dijadikan pembersih lantai kayu.

Akan tetapi cuka tidak kami rekomendasikan sebagai cairan pembersih lantai kayu, bukan tanpa alasan, tingkat keasaman cuka yang tinggi dapat menyebabkan goresan pada permukaan kayu.

Pastinya anda tidak menginginkan hal tersebut, karena percuma apabila lantai kayu yang bersih tetapi banyak goresan di permukaanya.

#3 Steam Cleaner Uap

Pembersih berbasis uap ini sekarang cukup populer karena sistem yang baik dapat menjaga kebersihan dan membunuh langsung bakteri atau kuman.

Biasanya alat pembersih ini digunakan untuk membersihkan karpet atau benda lain yang di rekomendasikan alat tersebut, akan tetapi akan menjadi sangat buruk apabila anda menggunakan untuk lantai kayu.

Menggunakan steam cleaner uap pada lantai kayu dapat menyebabkan pengelupasan, keretakan dan membuat kusam pada lapisan finishing lantai kayu.

#4 Cairan Amonia

Amonia merupakan salah satu cairan pembersih yang terbuat dari gas kimia dnegan rumuh NH3. Memiliki karakter bening, tidak berwarna, dan mengeluarkan bau menyengat.

pembersih lantai kayu

Cairan ini biasa digunakan sebagai pembersih rumah tangga, tetapi sangat tidak dianjurkan menggunakan cairan tersebut sebagai pembersih lantai kayu.

Cairan ini dapat dengan mudah menghitamkan, membuat kayu buruk, dan membuat lapisan finshing menjadi kusam. Menggunakan amonia sebagai pembersih lantai kayu dapat memakan waktu bertahun-tahun.

Jangan sesekali menggunakan cairan ini!

#5 Produk Pembersih Lain

Sebagian besar produk pembersih yang biasa dijual di toko bahan makanan tidak ramah terhadap kayu.

Produk-produk pembersih yang populer tersebut dapat merusak finishing lantai kayu jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Jika anda menggunakan cairan pembersih ini untuk dicampur pada pel basah, maka anda sedang mendatangkan bencana untuk lantai kayu.

Jenis Pembersih Lantai Kayu yang Direkomendasikan

Dalam merawatn lantai kayu, pastikan anda menggunakan pembersih lantai yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan jenis lantai tersebut.

Jangan sampai salah memilih cairan pembersih lantai kayu, karena hal tersebut dapat mendatangkan masalah yang berkelanjutan. 


Selain cairan anda perlu memilih alat pembersih yang baik untuk menunjang perawatan yang baik pada lantai kayu, karena diatas ada beberapa alat pembersih yang malah dapat menjadi penyebab kerusakan.

Berikut ini pembersih lantai kayu yang direkomendasikan:

perawatan lantai kayu

#1 Pel sedikit lembap

Pel lantai dapat menjadi alat pembersih yang baik dan juga dapat menjadi penyebab kerusakan, hal tersebut tergantung pada volume air yang digunakan.

Untuk jenis lantai yang terbuat dari kayu solid (kayu asli) anda perlu mempertimbangkan kelembapan pada pel lantai, gunakan sedikit air pada lap tersebut dan jangan sampai membasahi atau air dari pel yang menggenang di lantai.

Pel dengan sedikit lempap merupakan pembersih yang wajib digunakan untuk membersihkan debu, kotoran hingga pasir yang tertinggal dan dapat membuat banyak goresan dilantai.

#2 Sapu

Sapu merupakan alat pembersih yang dapat anda gunakan untuk membersihkan lantai kayu dari debu namun tidak akan sebersih lantai setelah di pel.

Sapu biasanya digunakan setiap hari dengan rutin untuk terus menjaga kebersihan lantai kayu dari berbagai kotoran atau debu, namun tidak dapat membersihkan noda yang jatuh ke permukaan.

Gunakan sapu yang lembut seperti ijuk tipis atau sapu cemara, karena dengan menggunakan sapu yang memiliki kerapatan bagus akan lebih optimal.

#3 Cairan Pembersih Khusus

Untuk perawatan jangka panjang, anda perlu menggunakan produk cairan pembersih lantai kayu yang khusus dibuat memang untuk digunakan pada lantai kayu solid.

Cairan khusus akan memberikan anda kemudahan dalam merawat lantai kayu, selain itu cairan seperti memang khusus dirancang dan lebih ramah lingkungan karena tidak menggunakan zat kimia yang membuat kerusakan pada kayu.

Dengan menggunakan cairan khusus pembersih lantai kayu anda tidak perlu khawatir dengan zat yang tidak anda ketahui didalamnya.


Itulah beberapa informasi dan tips penting dalam menentukan pembersih lantai kayu yang baik digunakan dan jangan sama sekali menyentuh lantai kayu.

Semoga dapat menjadi wawasan baru dan anda akan lebih tenang dalam menggunakan jenis lantai populer ini, terimakasih dan sampai jumpa di artikel berikutnya!