Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Jenis Alas Lantai yang Ideal Untuk Lapangan Voli Indoor

 

Jenis Alas Lantai yang Ideal Untuk Lapangan Voli Indoor

Alas Lantai Lapangan Voli – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa voli merupakan salah satu jenis olahraga yang  populer di dunia. Begitu pun dengan masyarakat Indonesia yang cukup antusias dengan olahraga ini.

Secara umum olahraga voli terbagi kedalam dua sarana berbeda, yakni berbasis outdoor dan indoor. Namun, sarana voli yang berbasis indoor memang lebih banyak diminati ketimbang voli outdoor. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lapangan yang berbasis indoor tentunya sudah dijamin aman dari berbagai factor cuaca.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan merekomendasikan beragam jenis alas lantai yang ideal untuk lapangan voli indoor.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Alas Lantai Terbaik Untuk Lapangan Voli Indoor

1. Lantai Vinyl

Sekilas lantai vinyl ini memang tampak seperti parket solid. Hal itu bukan tanpa alasan, sebab ada beberapa produk lantai vinyl yang dibuat dengan motif kayu. Padahal, sebenarnya lantai vinyl bukan bagian dari jenis lantai kayu parket, melainkan sejenis lantai sintetis. Hal itu terbukti, yang mana tekstur lantai vinyl lebih lentur dan elastis.

jenis Lantai Vinyl

Pasalnya, material lantai vinyl terbuat dari pahan Polyvinyl Chloride (PVC) yang biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan paralon atau pipa air. Dari sisi kekuatan, tentunya lantai vinyl tidak sekuat lantai laminasi.

Secara kualitas, tentu saja lantai vinyl ini berada jauh dibawah lantai kayu solid. Meski demikian, lantai vinyl masih tetap ideal digunakan untuk lapangan voli maupun lapangan indoor lainnya.

Artikel terkait : Lantai Vinyl Motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

2. SPC Flooring

Istilah SPC itu merupakan singkatan dari Stone Plastic Composite, dimana ia merupakan produk lantai sintetis yang terbuat dari bahan limestone (batu kapur) untuk membuat dasar lantai yang kokoh dan kuat. Adapun materialnya yang terdiri dari berbagai campuran bahan, seperti batu kapur, serbuk PVC, dan stabilizer.

jenis SPC Flooring

Dinilai dari strukturnya, lantai SPC terbagi menjadi 4 bagian lapisan. Untuk lapisan pertama adalah wear layer yang berfungsi sebagai pelindung dari goresan dan noda pada permukaan lantai SPC, sedangkan lapisan kedua berupa printing film yang berperan sebagai warna atau pola dari lantainya.

Pada lapisan ketiga adalah SPC Core yang berupa papan terbuat dari bahan limestone, dan berguna untuk menjaga stabilitas dari keseluruhan lantai SPC. Adapun mengenai lapisan keempat bernama underlayment yang berupa busa, dimana ia memiliki sifat optional.

Itu artinya, ada tipe produk lantai SPC yang menggunakan underlayment dan ada juga yang tidak menggunakan underlayment.

Lantai SPC pun menjadi salah satu alternatif terbaik untuk menggantikan peran lantai kayu solid, karena harga yang ditawarkannya memang lebih murah. Meski harganya lebih murah, namun lantai SPC memiliki segudang keunggulan. Lantas, berapakah harganya..???

Baca Selengkapnya : Review Harga SFC Flooring Per Meter Persegi

3. Lantai Interlock

Umumnya lantai interlock ini kerap diaplikasikan pada lapangan futsal indoor. Ya, hal ini dikarenakan materialnya terbuat dari bahan polypropylene sehingga memiliki daya tahan yang tinggi. Seiring berjalannya waktu, kini lantai interlock juga kerap diaplikasikan pada lapangan voli indoor.

jenis Lantai Interlock

Selain awet, lantai yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap serangan hama serangga, anti jamur, hingga anti bakteri. Adapun mengenai beragam varian warna yang tersedia, mulai dari yang gelap, terang, dan netral.

Dari segi pemasangan, lantai interlock ini terbilang cukup mudah. Pasalnya, lantai interlock sudah dilengkapi dengan fitur knock down sehingga anda hanya tinggal membongkar pasang saja. Menariknya lagi, pada setiap sudutnya terdapat kuncian yang akan mempermudah kita saat memindahkan atau memasangnya kembali.

Akan tetapi, cara perawatan lantai interlock tersebut tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Saat hendak mengepelnya, sebaiknya anda menggunakan pel yang bertekstur lembut agar terhindar dari goresan.

Baca Juga : Pembersih Lantai Kayu yang Boleh & Jangan Digunakan

4. Lantai Atletik Poliuretan

Berbicara soal jenis lantai yang kuat dan mampu menahan beban berat, maka lantai Atletik Poliuretan ini adalah jawabannya. Disamping kuat dan kokoh, jenis lantai tersebut juga memiliki tekstur permukaan yang mulus.

jenis lantai atletik polyuretan

Dari segi fungsi, mungkin lantai Atletik Poliuretan ini bisa dibilang multifungsi alias serba guna. Sebab Atletik Poliuretan dapat diaplikasikan pada hampir semua gelanggang olahraga, seperti basket, futsal, volley ball, hingga pusat kebugaran.

5. Lantai Kayu Solid

Jenis lantai terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk lapangan voli indoor, yakni berupa lantai kayu solid alias parket kayu. Berbeda dengan lantai vinyl, yang mana lantai kayu solid dari bahan kayu asli tanpa campuran bahan asing lainnya.

jenis lantai kayu solid

Dikarenakan materialnya yang terbuat dari bahan kayu asli, tentu saja tingkat kekuatan dan keawetan lantai parquet sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Tak hanya kokoh dan kuat, penggunaan lantai kayu solid juga tentunya dapat meningkatkan nilai estetika pada lapangan futsal itu sendiri.

Terlebih untuk jenis parket jati dan merbau yang memang terkenal dengan keindahan dan keawetannya. Bukan hanya itu, lantai kayu soid memiliki permukaan dengan tekstur kesat sehingga tidak akan licin. Tentunya hal tersebut akan memberikan rasa nyaman dan aman bagi para pemain, karena dapat meminimalisir risiko terpeleset.

Seandainya terjatuh, kita pun tidak akan terlalu merasa sakit karena tekstur lantai parket yang tergolong cukup empuk. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, lantai parket memiliki kemampuan yang dapat menghantarkan suhu hangat sehingga akan berdampak bagus untuk kesehatan.

Artikel Terkait : Harga Lantai Kayu Permeter Berbagai List 2022

Nah, itulah beberapa jenis alas lantai terbaik yang paling ideal digunakan untuk lapangan voli indoor.