Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Seperti Inilah Fungsi dan Jenis-jenis Sketsel Untuk Hunian

 
Fungsi dan Jenis-jenis Sketsel Untuk Hunian

Sketsel Kayu – Ada banyak sekali berbagai jenis furniture yang dapat kita gunakan untuk menunjang kebutuhan di dalam rumah. Tentu saja pada masing-masing jenis furniture tersebut mempunyai bentuk dan fungsi yang berbeda-beda.

Tak hanya berperan untuk menunjang kebutuhan, bahkan keberadaan furniture juga dapat memperindah tampilan interior rumah.

Berbicara soal furniture, apakah kamu pernah mendengar nama sketsel? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk seputar sketsel, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Sketsel

Secara umum sketsel merupakan sebuah produk furinture atau mebel yang kerap diaplikasikan sebagai sekat. Itu artinya, sketsel berperan sebagai pembatas dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Umumnya Sketsel kerap digunakan oleh kalangan desainer maupun para arsitek untuk membagi antar ruangan.

Mengenal Sketsel

Tak hanya berperan sebagai pembatas saja, bahkan keberadaan Sketsel ini juga dapat memperindah tampilan interior rumah. Sketsel terdiri dari beragam jenis model dan bentuk sehingga bisa dipilih sesuai selera.

Namun, masih banyak yang beranggapan bahwa sketsel dengan kisi-kisi itu adalah elemen yang serupa. Ya, hal ini dikarenakan fungsi sketsel dan kisi-kisi sama-sama berperan sebagai sekat antar ruangan. Padahal, antara sketsel dengan kisi-kisi itu merupakan jenis furniture yang berbeda.

Artikel Terkait : Berbagai Ide Desain Kisi-kisi yang Akan Mempercantik Tampilan Rumahmu

Selain menyediakan model yang bervariasi, material sketsel juga terdiri lagi kedalam beberapa jenis berbeda. Secara otomatis, masing-masing pada jenis material sketsel tersebut mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda pula.

4 Jenis Material Sketsel

1. Sketsel Kayu 

Keunggulan pertama dari Sketsel Kayu yang harus kamu ketahui, yakni memiliki tingkat kekuatan dan kekuatan yang sangat mumpuni. Sehingga tak heran jika Sketsel Kayu ini dapat digunakan hingga puluhan bahkan ratusan tahun.

jenis Sketsel Kayu

Namun, tingkat kekuatannya itu tergantung dari jenis kayu yang digunakan. Pasalnya, setiap jenis kayu memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Dalam industri perkayuan, jati merupakan salah satu jenis kayu yang paling banyak diandalkan untuk kebutuhan furniture maupun mebel, termasuk dijadikan produk sketsel. Pasalnya, tingkat kekuatan kayu jati termasuk kedalam golongan kelas I.

Baca Juga : Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

Tak hanya unggul dari tingkat kekuatannya saja, sketsel kayu juga unggul dari segi tampilannya yang begitu indah.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena Sketsel Kayu tampil dengan warna dan pola serat yang khas sehingga dapat menciptakan kesan yang lebih mewah, elegan, dan natural. Ya, terlebih untuk sketsel kayu jati yang memang dapat meningkatkan keindahan pada interior ruangan rumah.

Walaupun tidak setebal dinding beton, namun sketsel kayu ini dapat melindungi dan menjaga privasimu didalam ruangan lho.

Akan tetapi, hal itu tergantung pada pola desain sketsel kayu yang digunakan. Ya, semakin rapat rongga pada sketsel kayu tersebut, maka akan semakin terbatas pula pandangan dari arah uar. Oleh karena itu, kamu harus memilih desain sketsel kayu yang rapat agar privasmu tetap terjaga dengan baik.

2. Sketsel Kaca

Jenis material berikutnya yang sering dijadikan sebagai sketsel atau sekat ruangan, yakni berupa kaca. Ya, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini. Pasalnya, material kaca kerap diaplikasikan untuk jendela pada berbagai macam tipe hunian, mulai dari rumah, perkantoran, gedung, dan lain sebagainya.

jenis Sketsel Kaca

Umumnya, penggunakan kaca sebagai sekat akan ditopang oleh kusen yang bahannya terbuat dari alumunium. Untuk mereka yang mengusung tema terbuka, biasanya jenis kaca yang digunakan sebagai sekat adalah jenis kaca bening.

Sedangkan untuk mereka yang ingin privasinya tetap terjaga, maka bahan sketsel yang digunakannya berupa jenis kaca es alias kaca buram.

Adapun salah satu keunggulan dari sketsel yang berbahan kaca bening, yakni dapat memberikan kesan yang lebih luas dalam ruangan. Itu sebabnya, mengapa sketsel yang berbahan kaca bening kerap diaplikasikan pada rumah tipe minimalis.

Selain dapat memberikan kesan yang lebih luas, sketsel kaca juga mudah dibersihkan serta mudah ditembus oleh cahaya matahari sehingga tingkat kelembaban di dalam ruangan akan tetap terjaga dengan baik lho.

Dan yang pasti, penggunaan sketsel kaca bening ini dapat mempercantik tampilan interior ruangan rumah. Selain kaca bening dan kaca buram, tersedia juga jenis kaca lainnya yang bisa kamu aplikasikan untuk sekat rumah, seperti kaca patri, kaca stopsol, kaca warna-warni, kaca tempered, dan lain sebagainya.

Artikel Terkait : Ini Dia Jenis-jenis Kaca Terbaik Untuk Hunian

3. Sketsel Fiber

Sketsel fiber menawarkan harga yang jauh lebih murah dibanding sketsel kayu. Kendati menawarkan harga yang lebih murah, namun sketsel fiber juga memiliki tingkat keindahan yang tidak kalah dengan sketsel kayu.

jenis Sketsel Fiber

Material fiber itu sendiri terdiri dari bahan pasir kuarsa yang dicampur dengan komponen sintetis lainnya, yang nantinya akan diolah hingga bentuknya tampak menyerupai kaca.

Sketsel berbahan fiber mempunyai tekstur yang halus, lentur, elastis, serta dapat memberikan kesan buram. Dengan menggunakan sketsel yang berbahan fiber, tentu saja ruang privasimu akan tetap terjaga dengan baik.

Bukan hanya itu, lembaran fiber juga muda dipotong sehingga akan membuatmu lebih leluasa lagi untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan interior rumah.

Walaupun karakteristiknya yang lentur dan elastis, namun sketsel fiber ini sudah terbukti cukup kuat dan tahan lama. Bahkan yang lebih menariknya lagi, sketsel berbahan fiber ini sama sekali tidak membutuhkan perawatan khusus.

Baca Juga : Kenali Jenis-jenis Kalsiboard Sebelum Menggunakannya

4. Sketsel Logam

Jenis material sketsel terbaik berikutnya yang akan di bahas, yakni berupa logam. Dinilai dari tingkat kekuatannya, tentu saja sketsel logam ini jauh lebih bagus ketimbang sketsel fiber.

jenis Sketsel Logam

Hal itu bukan tanpa alasan, karena material logam memiliki tekstur yang sangat keras sehingga membuatnya tahan terhadap serangan rayap. Tak cuma itu, sketsel yang berbahan logam juga sudah terbukti tahan terhadap air dan goncangan.

Terlebih saat ini material logam tersedia kedalam berbagai model dan motif, mulai dari motif kayu, kaca, dan masih banyak lagi. Pastinya model dan motif sketsel logam yang bervariasi dapat memudahkan kita saat hendak memilihnya untuk menyesuaikan dengan konsep rumah.

Nah, itulah beberapa jenis material terbaik yang dapat digunakan sebagai sketsel rumah.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan sketsel?