Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Inilah Jenis Deck Kayu Terbaik Untuk Kolam Renang

Deck Kayu Terbaik Untuk Kolam Renang

Deck kayu kolam renang – Berenang memang menjadi salah satu kegiatan yang paling pas untuk mengusir rasa gerah di tengah teriknya sinar matahari.

Selain menciptakan sensasi kesegaran, kegiatan berenang juga tentunya memiliki beragam manfaat untuk melatih kekuatan otot. Guna meningkatkan rasa nyaman dan aman, tentu saja dekorasi atau desain kolam renang tersebut harus dirancang dengan penuh perhitungan.

Penggunaan deck pool berbahan kayu pun menjadi salah satu cara yang paling banyak dilakukan untuk meningkatkan rasa aman dan nyaman pada kolam renang.

Lantas, apa yang dimaksud dengan deck pool? Nah, biar kalian gak penasaran mending simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Mengenal Deck Pool

Pada dasarnya, deck pool alias deck kolam berfungsi sebagai penutup lantai dasar yang diaplikasikan pada pinggiran kolam renang. Selain dapat meningkatkan keamanan dan kenyamanan, kehadiran deck pool tersebut juga tentunya dapat memperindah desain kolam renang.

mengenal deck pool
Salah satu contoh pemasangan deck pool oleh karyawan dari PT Rajawali Parquet

Namun, hal tersebut tergantung lagi pada material deck pool yang digunakan. Terdapat beragam material deck pool yang tersedia dipasaran, seperti kayu, keramik, batu granit, marmer, dan lain sebagainya.

Namun, kayu menjadi material yang paling sering digunakan untuk deck kolam. Hal itu bukan tanpa alasan, karena deck kayu dapat mempertegas kesan alami, mewah, dan elegan. Bahkan, deck kayu juga mempunyai permukaan yang bertekstur kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset. 

Akan tetapi, tidak semua jenis deck kayu itu memiliki kualitas yang sama lho. Lantas, jenis deck kayu mana sajakah yang memiliki kualitas bagus?

4 Jenis Deck Kayu Dengan Kualitas Terbaik

1. Deck Kayu Ulin

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ulin merupakan salah satu jenis kayu asli Indonesia yang kualitasnya sudah mendunia. Hal itu pun terbukti, yang mana kayu khas Kalimantan ini memiliki tekstur sekeras besi. Itu sebabnya, mengapa kayu ulin juga kerap dijuluki dengan nama Kayu Besi.

Deck Kayu Ulin

Dengan teksturnya yang sekeras besi, tentu saja kayu ulin sangat tidak disukai oleh hama rayap sehingga cocok dijadikan bahan baku untuk produk decking (lantai kayu outdoor).

Tak hanya tahan terhadap serangan rayap, decking kayu ulin juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim lho. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika deck kayu ulin sangat ideal diaplikasikan untuk pinggiran kolam renang.

Baca Selengkapnya : Decking Ulin Dengan Tekstur Sekeras Besi

2. Deck Kayu keruing

Dilihat dari spesifikasi, deck kayu keruing (kruing) ini memang cukup berbeda dengan jenis decking kayu ulin tadi. Pasalnya, decking keruing memiliki ciri khas dari tampilan warnanya yang cenderung agak gelap dari jenis decking kayu lainnya.

Deck Kayu keruing

Selain dipasang pada pinggiran kolam renang, decking keruing juga bisa anda pasang di area outdoor lainnya seperti taman, halaman, balkon, dan rooftop.

3. Deck Kayu Merbau

Kayu merbau banyak dijumpai di daerah Kalimantan dan Papua. Namun, kualitas kayu merbau Papua dinilai lebih bagus ketimbang kayu merbau Kalimantan.

Dari segi tampilan, Decking Kayu Merbau ini mengusung warna merah kecokelatan yang berpadu dengan pola serat berbentuk lurus. Tentu saja penggunaan Decking Kayu Merbau dapat menghadirkan kesan yang lebih mewah, elegan, namun masih tetap natural.

Deck Kayu Merbau

Selain tampilannya yang indah, Decking Kayu Merbau juga sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap maupun perubahan cuaca ekstrim.

Akan tetapi, terdapat satu kekurangan dari Decking Kayu Merbau yang harus diketahui. Decking Kayu Merbau ini biasanya akan mengeluarkan getah saat terkena air, sehingga tekstur permukaannya akan terasa lengket saat dipijak dengan kaki telanjang.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena getah tersebut akan hilang dengan sendirinya paling cepat dalam waktu 2 minggu, dan paling lambatnya sekitar 1 – 2 bulanan.

Baca Selengkapnya : Mengintip Keistimewaan Decking Merbau

4. Deck Kayu Bengkirai

Selain ulin, decking bengkirai juga merupakan salah satu produk decking kayu terbaik yang tersedia di pasaran. Ciri khas dari jenis decking yang satu ini berupa tampilannya yang berwarna kuning cerah, sehingga ia kerap dijuluki dengan istilah Yellow Balau.

Deck Kayu Bengkirai

Dari tingkat kekerasan, decking kayu bengkirai ini memiliki tekstur yang begitu padat dan keras sehingga membuatnya tidak mudah ditembus oleh rayap. Tak berbeda jauh dengan decking ulin, yang mana decking kayu bengkirai juga sering diaplikasikan di area luar ruangan, seperti pinggiran kolam renang, taman, halaman, rooftop, dan lain sebagainya.

Informasi Lengkapnya -> Decking Bengkirai, Jenis Decking yang Paling Banyak Diminati

Trik Menata Dekorasi Kolam Renang

Trik Menata Dekorasi Kolam Renang

Memiliki sebuah kolam renang dengan desain yang sedap dipandang tentu menjadi dambaan bagi setiap pemiliknya. Oleh karena itu, ada banyak sekali berbagai hal yang harus dipertimbangkan saat hendak membuat kolam renang.

Pasalnya, membuat tampilan desain kolam renang agar lebih indah itu tidak hanya terfokuskan pada penggunaan deck pool saja. Lantas, bagaimana cara untuk mempercantik desain kolam renang.

Baca Selengkapnya : Tips Simple Untuk Mempercantik Desain Kolam Renang