Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tips Memilih Sofa Agar Sesuai Dengan Hunian

 

tips memilih sofa yang sesuai hunian

Tips memilih sofa memang bisa dibilang gampang-gampang susah. Ya jelas demikian, sebab ada beberapa hal yang harus kita pertimbangkan dalam menentukan pilihan sofa. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali jenis-jenis sofa yang tersedia dipasaran.

Tentu saja pada masing-masing jenis sofa tersebut memiliki ciri khas tersendiri, mulai dari bentuk, tekstur, motif, tingkat kekuatan, tingkat keindahan, hingga harganya. Salah dalam memilih sofa, tentu saja kita sendiri yang akan merasa dirugikan mengingat harganya yang tidak murah.

Lantas, bagaimanakah cara memilih sofa yang sesuai dengan hunian? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi megenai tips memilih sofa, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Hal yang Harus Diperhatikan Dalam Memilih Sofa

1. Sesuaikan Dengan Ukuran Ruangan

tips memilih sofa - sesuaikan dengan ukuran ruangan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih sofa, yakni menyesuaikan ukuran sofa dengan ruangan. Dalam hal ini, kamu jangan sampai memilih furniture yang ukurannya terlalu besar ataupun terlalu kecil dari interior rumah.

Pasalnya, furniture yang ukurannya terlau besar atau terlalu kecil akan terlihat tidak serasi dalam melengkapi interior rumah. Maka dari itu, alangkah lebih baik lagi jika kamu mencatat ukuran ruangan secara seksama sehingga ukuran interior dengan sofanya sesuai.

Baca Juga : Tips Memilih Cat yang Sesuai Dengan Hunian

2. Sesuaikan Dengan Warna Interior Rumah

tips memilih sofa - sesuaikan dengan warna interior

Selain menyesuaikan dengan ukuran ruangan, penting juga bagi kamu untuk memilih sofa yang warnanya sesuai dengan warna interior rumah. Ya, Hal ini bertujuan agar keberadaan sofa tersebut tampak lebih serasi dengan nuansa interior rumah.

Contohnya untuk rumah yang bergaya minimalis, maka kamu harus memilih jenis sofa yang juga bergaya minimalis. Apabila kamu ingin mengkombinasikan dua gaya yang berbeda, maka pastikan dulu jika perpaduan tersebut tetap enak untuk dilihat dan nyaman pada interiornya.

3. Jangan Mudah Tergiur Oleh Harga Sofa yang Murah

tips memilih sofa - jangan mudah tergiur oleh harga murah

Sebenarnya membeli sebuah produk dengan harga yang murah itu bisa lebih menghemat pengeluaran, begitupun dalam memilih sofa. Namun, harga tidak akan pernah membohongi soal kualitas. Sebab semakin mahal harga dari sofa tersebut, maka akan semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat material pada sofa yang berharga mahal ini tentunya akan menggunakan bahan-bahan berkualitas premium. Sehingga tak heran, jika sofa mahal tersebut dapat kita gunakan dalam jangka waktu yang lama.

Terlebih jika diberi perawatan yang tepat, dimana daya tahannya bisa mencapai puluhan tahun lho. Coba bandingkan dengan jenis sofa yang harganya murah, dimana durasi pemakaiannya tidak akan lama, bahkan daya tahannya ada yang tidak sampai 1 tahun. Oleh karena itu, pilihlah furniture yang harganya mahal agar kualitasnya sudah terjamin.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memilih Kabinet Terbaik Untuk Dapur Idaman

4. Pilih Sofa yang Harganya Sesuai Dengan Budget

tips memilih sofa - sesuaikan dengan budget

Apabila kamu memiliki budget lebih, sebaiknya jangan ragu untuk memilih sofa yang harganya mahal agar kualitasnya sudah terjamin. Namun, jika budget yang kamu miliki itu terbilang minim, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk membeli sofa yang harganya mahal.

5. Pahami Jenis-jenis Sofa

tips memilih sofa - pahami jenis-jenis sofa

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa ada banyak sekali jenis-jenis sofa yang tersedia dipasaran, dimana pada masing-masingnya memiliki ciri khas tersendiri. Adapun mengenai jenis-jenis sofa terbaik yang direkomendasikan untuk kamu seperti berikut :

Sofa Bed

Apakah ukuran rumahmu itu tidak terlalu besar? Jika iya, maka penggunaan sofa bed merupakan pilihan yang paling tepat. Pasalnya, Sofa Bed memiliki sifat multifungsi yang dapat digunakan sebagai tempat duduk maupun tempat tidur.

Dengan begitu, kamu tidak perlu membeli lagi kasur sehingga dapat menghemat kapasitas ruangan. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Bed, seperti menonjolkan jahitan-jahitan kecil dan bagian lengannya terlihat tampak tersembunyi.

Bukan hanya itu, jenis Sofa Bed juga memiliki tekstur yang begitu halus dan lembut dengan bantalan-bantalan super empuk. Bahkan, ada pula beberapa tipe Sofa Bed yang sudah dilengkapi dengan roda. Itu sebabnya, mengapa jenis Sofa Bed sangat ideal digunakan untuk menghadirkan kenyamanan secara maksimal.

Sofa Chesterfield

Berbicara soal jenis sofa yang menghadirkan nuansa kemewahan, maka Sofa Chesterfield ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena lapisan luarnya terbuat dari bahan kulit asli. Sehingga tak heran jika harga Sofa Chesterfield ini tergolong cukup mahal.

Sofa Chesterfield tampil dengan bentuk yang panjang dan tebal, serta terdapat kancing yang ada di bagian dalam dan belakang. Adapun mengenai ciri khas dari Sofa Chesterfield yang tidak dimiliki oleh jenis sofa lainnya, yakni lengan sofa yang digulung dan tingginya sama dengan bagian punggung.

Dengan menggunakan jenis sofa yang satu ini, tentu saja tampilan ruangan rumahmu akan kental dengan nuansa kemewahan dan elegan.

Sofa Cabriole

Seperti halnya jenis sofa chesterfiled, yang mana Sofa Cabriole dapat menghadirkan nuansa kemewahan dan elegan. Menurut informasi yang didapat, jenis Sofa Cabriole ini sudah ada sejak awal abad ke-18 pada zaman raja Louis XV.

Itu sebabnya, mengapa Sofa Cabriole selalu diidentikan dengan furniturenya golongan menengah ke atas. Mengenai ciri khasnya, Sofa Cabriole memiliki bingkai kayu terbuka yang dipercantik dengan adanya ukiran-ukiran khas klasik.

Bukan hanya itu, bagian punggung dan lengannya tampak tersambung karena memiliki ukuran tinggi yang sama. Sedangkan bagian kakinya terdapat lengkungan, yang mana bagian atas dan bawahnya juga tampak cembung.

Baca Juga : Jenis-jenis Lantai yang Umum Digunakan Pada Rumah

Sofa Tuxedo

Sofa Tuxedo dirancang oleh desainer interior ternama, yakni Billy Baldwin yang terdapat banyak sekali iterasi pada jenis Sofa Tuxedo tersebut. Sebagai pembedanya, maka Sofa Tuxedo tampil dengan bentuk kotak dimana bagian lengannya memiliki ukuran tinggi yang sama dengan punggung dan kaki berlapis ataupun terbuka.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, jenis Sofa Tuxedo memiliki tampilan yang begitu bersih, berjajar geometris, serta sudah dilapisi dengan kain.

Sofa Chaise

Jenis sofa terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni bernama Chaise. Menurut kabar yang beredar, istilah Chaise tersebut berasal dari kata Chaise Launge yang berarti Kursi Panjang. Dengan kata lain, sofa Chaise ini merupakan tempat untuk bersandar sebagai kursi dan bangku kaku dalam satu kursi.

Untuk tampilan fisiknya, sofa Chaise memiliki punggung yang terdiri dari satu hingga dua atau bahkan tanpa lengan. Meski demikian, ada pula sofa Chaise yang memiliki kontur sehingga membuatnya tampak lebih elegan dan cocok dijadikan tempat untuk berbaring.

Sedangkan untuk tipe lainnya tampil dengan bentuk tegak, serta terkesan mengusung kontemporer dan bisa digunakan untuk duduk bersebelahan maupun bersandar.

Nah, itulah 5 hal yang harus kamu perhatikan dalam memilih sofa.