Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Hal-hal yang Harus Dipertimbangkan Dalam Memilih Kasur

tips ampuh dalam memilih kasur

Tips memilih kasur – Bisa tidur dengan nyenyak dan nyaman tentunya menjadi dambaan bagi setiap orang. Ya jelas demikian, sebab kesehatan tubuh kita juga akan dipengaruhi oleh kualitas tidur. Apabila kualitas tidurnya baik, secara otomatis tubuh kita akan senantiasa sehat dan bugar.

Menurut informasi yang didapat, manusia membutuhkan waktu tidur selama 6 – 8 jam per harinya. Berbicara soal kualitas tidur, pastinya tidak akan terlepas dari peranan sebuah kasur sebagai alas tidur. Oleh karena itu, kita tidak boleh asal-asalan saat hendak membeli kasur.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar beberapa tips dalam memilih kasur. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Tips Memilih Kasur yang Tepat

1. Perhatikan Tingkat Kelembutan Kasur

Tips Memilih Kasur yang Tepat - perhatikan tingkat kelembutan kasur

Penting bagi kamu dalam memperhatikan tingkat kelembutan kasur sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tekstur kasur yang lembut dapat meningkatkan rasa nyaman saat kita berbaring diatasnya.

Akan tetapi, tingkat kelembutan kasur juga harus disesuaikan dengan bobot tubuh kita lho. Apabila kamu termasuk orang yang memiliki berat badan lebih dari 80 kg, maka jangan gunakan kasur dengan tekstur yang terlalu lembut.

Baca Juga : Tips Memilih Sofa Agar Sesuai Dengan Hunian

2. Sesuaikan Dengan Riwayat Kesehatan

Tips Memilih Kasur yang Tepat - sesuaikan dengan riwayat kesehatan

Pada dasarnya, setiap orang itu mempunyai riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Misalkan saja kamu memiliki alergi terhadap debu, tentu saja kamu harus memilih jenis kasur yang materialnya tahan terhadap debu, pertumbuhan jamur, maupun tungau.

3. Sesuaikan Dengan Ukuran Tinggi Badan

Tips Memilih Kasur yang Tepat - sesuaikan dengan ukuran tinggi badan

Selain menyesuaikan dengan riwayat kesehatan, dalam memilih kasur juga harus disesuaikan dengan ukuran tinggi badan. Menurut kabar yang beredar, idealnya ukuran kasur itu harus lebih tinggi 10 hingga 15 cm dari tinggi badan si pengguna.

Sebagai alternatifnya, disarankan bagi kamu untuk memilih ukuran kasur double yang mempunyai permukaan luas agar dapat meningkatkan kenyamanan.

4. Jangan Lupa Untuk Mengukur Luas Kamar

Tips Memilih Kasur yang Tepat - mengukur luas kamar

Hal yang satu ini juga tidak kalah pentingnya dalam memilih kasur sebelum kamu memutuskan untuk membeli. Dengan mengukur luas kamar terlebih dulu, tentu saja kamu akan mendapatkan kasur yang sesuai dengan harapan.

Untuk kamu yang tinggal di rumah tipe minimalis, maka pilihlah kasur yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terkesan sumpek. Selain itu, pastikan juga pada kamarmu itu masih memiliki space ruangan yang cukup untuk menyimpan berbagai furniture.

Artikel Menarik Lainnya :Tips Menata Dekorasi Kamar Tidur Minimalis

5. Perhatikan Harga Kasur

Tips Memilih Kasur yang Tepat - perhatikan harga kasur

Kamu jangan sampai mudah tergiur oleh produk kasur yang menawarkan harga murah. Pasalnya, harga tidak akan pernah membohongi kualitas dari sebuah produk. Semakin mahal harga yang ditawarkan, maka akan semakin bagus pula kualitas dari kasur tersebut.

Meski demikian, kamu juga jangan sampai lupa untuk memperhatikan seputar material dan brand dari kasurnya. Bila perlu, kamu meminta bantuan pada si penjual atau pegawainya untuk dicarikan produk kasur yang berkalitas tinggi dengan harga bersahabat.

6. Memahami Jenis Kasur

Tips Memilih Kasur yang Tepat - memahami jenis kasur

Sebagaimana yang sudah kita ketahui, bahwa ada beragam jenis kasur yang tersedia dipasaran. Tentu saja pada masing-masing jenis kasurnya menghadirkan spesifikasi yang berbeda, mulai dari tekstur, bentuk, daya tahan, tingkat kenyamanan, hingga harga.

Adapun mengenai beberapa jenis kasur yang umumnya diminati oleh konsumen seperti di bawah ini :

Kasur Busa

Siapa sih diantara kita yang tidak kenal dengan kasur busa..??? Tentu saja kita semua sudah sangat familiat dengan jenis kasur yang satu ini. Disamping menawarkan harga yang lebih terjangkau, jenis Kasur busa juga mampu mengikuti tekanan tubuh dengan sangat baik.

Menariknya lagi, pada bagian atas permukaanya pun sudah dilapisi dengan kain penutup yang mampu meningkatkan rasa nyaman. Adapun mengenai bagian dalamnya dirancang lebih rapat, sehingga membuatnya tidak akan menimbulkan suara berisik ketika bergerak.

Namun, terdapat salah satu kekurangan dari Kasur busa yang harus kamu ketahui. Apabila kasur busa sering mendaptkan tekanan berat, maka akan membuat tekstur permukaannya menjadi kendor lho.

Spring Bed

Sesuai dengan namanya, Kasur Spring Bed ini mempunyai daya pegas berkat per yang tersemat didalamnya. Nah, daya pegas tersebutlah yang akan meningkatkan rasa nyaman saat kita bergerak diatas kasur spring bed.

Pada umumnya jenis Kasur Spring Bed ini terdiri dari dua tipe berbeda, yakni Kasur Spring Bed innerspring dan Kasur Spring Bed hybrid. 

Lalu, apa bedanya…???

Perlu kamu catat! Kasur Spring Bed innerspring tidak dibekali dengan lapisan foam, sedangkan Kasur Spring Bed hybrid di bagian dalamnya memiliki lapisan foam. Itu sebabnya, mengapa harga Kasur Spring Bed hybrid agak lebih mahal dari Kasur Spring Bed innerspring.

Baca juga : Jenis-jenis Lantai Rumah yang Umum Digunakan

Kasur Hybrid

Sebenarnya jenis kasur yang satu ini merupakan gabungan material pegas besi berulir anti korosif dengan material PU foam berkualitas tinggi. Pada bagian atasnya, Kasur Hybrid ini sudah dilapisi dengan super soft soam serta plain knitted fabric yang memiliki tekstur lembut, adem, dan nyaman.

Bukan hanya itu, tekstur busanya benar-benar empuk sehingga akan memanjakan tubuhmu untuk berisitirahat secara total. Masih belum habis, Kasur Hybrid pun sama sekali tidak akan mengeluarkan suara berisik.

Akan tetapi, untuk bisa mendapatkan kasur hybrid ini kamu harus merogoh kantong yang cukup dalam ya!

Kasur Latex

Kasur Latex ini bisa dibilang sebagai pendatang baru dalam dunia perkasuran. Kendati demikian, kehadiran Kasur Latex langsung memikat hati konsumen. Hal itu bukan tanpa alasan, karena jenis kasur yang satu ini benar-benar sangat nyaman digunakan.

Selain dapat meningkatkan kenyamanan tidur, bahkan Kasur Latex pun sudah terbukti ramah terhadap lingkungan. Tak hanya itu, Kasur Latex juga dapat mengikuti postur tubuh sehingga cocok untuk penderita sakit punggung

Kasur Memory Foam

Jenis kasur berikutnya yang akan dibahas adalah kasur memory foam. Dari segi harga, Kasur Memory Foam ini memang lebih mahal dari jenis kasur hybrid. Secara otomatis, kualitas Kasur Memory Foam ini pun jauh lebih bagus dari jenis kasur hybrid.

Menurut informasi yang didapat, Kasur Memory Foam diproduksi oleh NASA lho. Itu sebabnya, mengapa tekstur pada kasur memory foam mampu mengikuti postur tubuh dengan sempurna.

Tentu saja jenis kasur yang satu ini sangat ideal digunakan untuk mendapatkan kenyamanan maksimal dalam tidur. Namun, tekstur pada Kasur Memory Foam akan ditentukan oleh suhu disekitar ruangan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai tips memilih kasur beserta pengertian jenis-jenisnya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan.

Dengan mengikuti tips-tips diatas tadi, tentunya kamu tidak akan salah saat hendak membeli kasurnya bukan…??