Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Apakah Lantai Porselen Dengan Keramik Itu Sama?

 

Perbedaan lantai porselen dengan kerami

Perbedaan lantai porselen dengan keramik – Banyaknya jenis material bangunan yang tersedia dipasaran terkadang membuat kita bingung saat hendak menentukan pilihan. Ya, terlebih untuk jenis-jenis material yang memiliki tampilan serupa, seperti halnya bahan porselen dengan keramik.

Bahan porselen dan keramik pada umumnya diaplikasikan untuk material pelapis lantai dan dinding. Untuk tampilan fisiknya, sekilas memang tidak ada yang berbeda diantara keduanya. Namun jika diamati lebih detail, maka perbedaan lantai porselen dengan keramik akan terlihat.

Lantas, seperti apa sajakah perbedaannya? Nah, biar kalian gak penasaran mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Material Porselen

Porselen pada umumnya terbuat dari bahan kaolin yang kemudian ditanur kedalam suhu berkisar 1200 sampai 1400 derajat celcius. Menurut informasi yang didapat, awalnya pengembangan porselen terjadi di negara China.

Material Porselen

Seiring dengan berjalannya waktu, bahan porselen pun terus menyebar ke berbagai belahan negara, seperti Asia hingga Eropa. Adapun porselen yang pada waktu itu sudah dianggap sebagai jenis tembikar untuk meningkatkan keindahan dan ketahanan dalam sebuah konstruksi.

Tak cuma itu, porselen juga memiliki beberapa sifat yang menjadi ciri khasnya, seperti permeabilitas, elastisitas yang rendah, tingkat ketahanan yang tinggi, keras, transparan, tahan terhadap serangan kimia, mudah pecah dalam temperature yang tidak menentu, dan berwarna putih.

Baca Juga : Yuk, Kita Intip Perbandingan Lantai Parket Dengan Karpet

Material Keramik

Material keramik biasanya terbuat dari bahan tanah liat berwarna merah dan coklat yang akan mengalami proses pembentukan hingga pembakaran. Tak hanya itu, pembuatan keramik juga biasanya akan menggunakan dua teknik yaitu teknik basah dan teknik kering.

material keramik

Dalam proses pengolahan bahannya akan melalui beberapa tahap, mulai dari pengurangan ukuran butir, penggilingan, penyaringan, pencampuran, pengurangan kadar air, dan pengulian. Setelah melalui tahap-tahap tersebut, maka akan dilakukan proses pembentukan yang melalui tiga Teknik, yaitu Teknik pijiat tangan, Teknik pilin (colling), dan teknik putar.

Perbandingan Lantai Porselen Dengan Lantai Keramik

1. Kualitas dan Bahan

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa porselen dan keramik menggunakan bahan baku yang sama, yakni berupa tanah liat. Namun, jenis tanah liat yang digunakan pada masing-masing material tersebut berbeda.

perbandingan Kualitas dan Bahan

Pada pembuatan keramik biasanya menggunakan jenis tanah liat yang berwarna merah atau coklat, sementara poselen menggunakan jenis tanah liat yang berwarna putih. Untuk bagian dalamnya, material keramik sudah dilapisi dengan glatsir yang berperan sebagai pelindung. Lain halnya dengan porselen, dimana ia memiliki bagian dalam yang tampak berlapis-lapis.

Baca Juga : Beragam Jenis Lantai Keramik Untuk Rumah

2. Tampilan

Untuk bagian tampilannya, keramik memiliki permukaan dengan tekstur agak kasar dan sedikit kusam. Sedangkan lantai porselen mempunyai permukaan dengan tekstur yang licin, padat, berkilau, serta tidak berpori.

perbandingan tampilan

Itu sebabnya, mengapa perbedaan antara bahan porselen dengan keramik bisa diketahui dengan cara menempatkannya dibawah sorotan sinar matahari atau cahaya lampu. Ketika terkena cahaya, maka bahan porselen akan tampak menewarang alias transparan, sedangkan bahan keramik tidak.

3. Tingkat Kekuatan & Ketahanan

perbandingan Tingkat Kekuatan & Ketahanan

Apabila dinilai dari tingkat daya tahannya, lantai porselen memang lebih unggul dibanding lantai keramik. Mengapa bisa demikian? Hal itu bukan tanpa sebab, karena proses pembakaran pada pembuatan porselen dilakukakan dengan durasi yang lebih lama sehingga tekstur tanah liatnya menjadi semakin kering, keras, dan padat.

4. Harga

perbandingan harga

Hal berikutnya yang menjadi pembeda antara bahan porselen dengan keramik, yakni berupa harga. Mengingat proses pembuatannya yang lebih rumit, sehingga tak heran jika harga porselen dibanderol dengan harga yang lebih mahal ketimbang keramik atau harga lantai kayu.

Meski dibanderol dengan harga yang mahal, namun kualitas porselen sudah terbukti jauh lebih bagus dari keramik lho.

Artikel Menarik Lainnya : Review Harga Jenis-jenis Kayu Untuk Bangunan Rumah

Demikianlah ulasan singkat mengenai perbandingan lantai porselen dengan lantai keramik, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.