Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Yuk, Kita Intip Perbandingan Lantai Parket Dengan Karpet?

 

Perbandingan Parket dengan Karpet

Perbandingan Parket dengan Karpet – Ada banyak sekali elemen interior maupun eksterior yang dapat meningkatkan nilai keindahan pada sebuah hunian. Ya, salah satunya berupa lantai yang memang memiliki pengaruh besar terhadap tingkat kenyamanan dan keindahan hunian.

Ngomong-ngomong soal lantai, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar perbandingan lantai paket dengan karpet. Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Lantai Parket VS Lantai Karpet

1. Perbandingan Dari Segi Bahan

Perbandingan Dari Segi Bahan

Perbedaan yang paling menonjol antara lantai parket dengan karpet bisa dilihat dari segi bahan. Untuk bahan parket sendiri terdiri kedalam dua jenis berbeda, yakni bahan kayu solid (kayu asli) dan olahan kayu atau kayu sintetis.

Namun, kualitas parket dari bahan kayu solid tentunya jauh lebih bagus dibanding parket yang berbahan kayu sintetis. Sementara lantai karpet terbuat dari beragam jenis bahan yang berbeda.

Baca Selengkapnya : Produk Lantai Kayu Murah Dari Bahan Kayu Asli Harga Rp 200 Ribuan

2. Perbandingan Dari Segi Tekstur

Perbandingan Dari Segi Tekstur

Dinilai dari segi teksturnya, lantai parket mempunyai tekstur yang kesat sehingga tidak akan licin meski terkena air. Tentu saja penggunaan lantai parket ini dapat mengurangi risiko terpeleset. Bukan hanya itu, bahkan permukaan lantai parket juga terasa cukup empuk lho.

Begitu pun dengan teskstur lantai karpet yang empuk dan menciptakan kesan hangat, sehingga bisa meningkatkan rasa nyaman bagi penghuninya. Namun, hal tersebut Kembali lagi pada jenis bahan karpet yang digunakan.

3. Perbandingan Dari Tingkat Kekuatan dan Keawetan

Perbandingan Dari Tingkat Kekuatan dan Keawetan

Untuk perbandingan yang berikutnya ini, mungkin lantai parket lebih unggul dibanding lantai karpet. Hal itu pun terbukti, yang mana lantai parket bisa bertahan puluhan tahun. Bahkan, adapula jenis lantai parket yang diklaim memiliki tingkat keawetan hingga mencapai ratusan tahun lho.

Lain halnya dengan lantai karpet yang tingkat keawetannya hanya mencapai 5 – 10 tahun. Kendati demikian, ada juga lantai karpet dengan tingkat keawetan yang lebih mumpuni. Ya, biasanya lantai karpet dengan tingkat keawetan tinggi kerap dibanderol dengan harga mahal.

Artikel Serupa : Tips Mudah Memilih Karpet Untuk Rumah

4. Perbandingan Proses Perawatan

Perbandingan Proses Perawatan

Pada dasarnya proses perawatan lantai parket dan karpet sama-sama membutuhkan perawatan khusus. Pasalnya, perawatan kedua lantai tersebut tidak hanya cukup dengan disapu seperti biasa. Agar bisa bersih secara maksimal, maka membutuhkan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran maupun vartikel-vartikel kecil lainnya yang masih menyelinap disela-sela lantai.

Akan tetapi, masih banyak orang yang ragu-ragu saat hendak mengepel lantai parket. Soalnya, ada rumor yang menyebutkan bahwa lantai parket tidak boleh terkena air karena bisa memicu pertumbuhan jamur sehingga nantinya akan terjadi pelapukan. Padahal, anggapan tersebut tidak sepenuhya benar lho.

Baca Selengkapnya: Jenis Pembersih Lantai Kayu yang Boleh & Jangan Digunakan!

5. Perbandingan Harga

Perbandingan Harga

Untuk urusan harga, sebenarnya lantai parket memang lebih mahal dibanding karpet. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material yang digunakan pada lantai parket adalah kayu solid. Namun, ternyata ada juga beberapa jenis lantai karpet yang harganya setara dengan harga lantai kayu lho.

Biasanya lantai karpet yang dibanderol dengan harga mahal terbuat dari bahan kulit hewan dan sutera. Beralih ke tahap pemasangan, yang mana lantai parket tidak bisa dipasang sendirian. Pasalnya, proses pemasangan lantai kayu yang cukup rumit sehingga membutuhkan jasa tukang yang benar-benar ahli dibidangnya.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai perbandingan lantai parket dengan karpet.

Jadi, apakah kamu lebih tertarik untuk menggunakan lantai parket atau lantai karpet…???