Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Cara Membuat Kayu Mengkilap Menggunakan Plitur

 

Cara Membuat Kayu Mengkilap Menggunakan Plitur

Tips mengkilapkan kayu – Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa finishing merupakan salah satu proses yang wajib dilakukan terhadap perabotan berbahan kayu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena finishing dapat memperkuat material kayu agar terhindar dari berbagai permasalahan.

Tak hanya memperkuat, bahkan pemberian finishing juga bisa memperindah tampilan material kayu lho. Plitur pun menjadi salah satu bahan finishing kayu yang paling umum dilakukan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan plitur? Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai seluk beluk plitur, mari kita simak saja langsung ulasannya dibawah ini.

Mengenal Plitur

Plitur atau yang biasa disebut dengan politur adalah bahan finishing yang memang sudah digunakan sejak abad ke-19. Menurut kabar yang beredar, produk litur kayu ini terbuat dari bahan resin alami yang berasal dari serangga.

Mengenal Plitur

Sebab itulah yang membuat hasil dari plitur kayu tampak menguning. Adapun mengenai cat plitur dari bahan shellac yang tersedia dalam bentuk kepingan tipis, yang kemudian akan dilarutkan menggunakan cairan ethanol (spirtus).

Seiring dengan berjalannya waktu, kini plitur pun dapat diencerkan dengan menggunakan thinner bahkan air. Perlu diketahui bahwa penggunaan plitur bisa merubah warna asli bidang kayu dengan warna coklat, kuning, dan kuning keemasan. Itu artinya, pemberian plitur pada bidang kayu akan mengurangi sisi naturalnya.

Artikel Serupa : Berbagai Teknik Finishing Kayu yang Harus Kamu Tahu

Tips Mengkilapkan Kayu Dengan Plitur

1. Siapkan Semua Peralatan yang Diperlukan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan sebelum memplitur kayu, yakni menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Hal tersebut bertujuan agar kamu tidak bingung saat hendak memplitur furniture yang berbahan kayu.

Siapkan Semua Peralatan yang Diperlukan

Adapun mengenai berbagai jenis peralatan yang harus dipersiapkan sebelum memulai plitur kayu seperti berikut:

  • amplas
  • kain lap yang bersih
  • cairan plitur
  • thinner atau air (untuk mengencerkan plitur)
  • kuas cat
  • wadah

2. Siapkan Objek yang Akan di Plitur

Apabila semua peralatanya sudah siap, tentu saja kamu harus menyiapkan objek atau furniture kayu yang akan diberi lapisan plitur. Pada umumnya jenis furniture kayu yang membutuhkan lapisan plitur itu seperti lantai kayu, meja kayu, kursi kayu, kusen kayu, dan lain sebagainya.

Siapkan Objek yang Akan di Plitur

Sebelum memulai plitur, pastikan bahwa kondisi furniture kayu tersebut sudah bersih dari berbagai jenis kotoran. Hal itu bukan tanpa alasan, karena hasil plitur tidak akan sempurna apabila permukaan furniturenya masih ada kotoran.

Tak hanya itu, pastikan juga bahwa kondisi furniture kayu dalam keadaan kering. Jika kondisinya sudah benar-benar bersih, silahkan amplas permukaan furniture kayu secara merata sampai halus.

Artikel Menarik Lainnya : Yuk, Kita Kenali Jenis-jenis Serangga Pemakan Kayu

3. Encerkan Plitur Dengan Bahan Pelarut

Sebenarnya tekstur cairan plitur terbilang cukup kental sehingga membutuhkan thinner atau air sebagai bahan pelarutnya. Pasalnya, plitur tidak akan bisa digunakan bila teksturnya masih kental. Selain itu, kamu juga harus mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada bagian belakang kemasannya.

Encerkan Plitur Dengan Bahan Pelarut

Soal tingkat keamanan dan kenyamanan dalam bekerja, sebaiknya kamu menggunakan masker saat hendak memplitur kayu. Ya, sebab produk plitur memiliki aroma kimia yang sangat menyengat sehingga dapat mengganggu sistem pernafasan lho!

4. Lakukan Pengolesan Terhadap Objek Kayu

Setelah tekstur pliturnya sudah agak encer, barulah kamu bisa mengoleskan cairan tersebut ke permukaan kayu dengan menggunakan kuas cat secara perlahan dan merata. Seandainya kamu merasa kesulitan menggunakan kuas, kamu pun bisa mensiasatinya dengan menggunakan kain lap yang dibentuk bola, setelah itu dicelupkan kedalam cairan plitur.

Lakukan Pengolesan Terhadap Objek Kayu

Selanjutnya oleskan kain lap tersebut pada permukaan kayu secara perlahan dan merata. Bahkan, cara ini dapat memberikan hasil yang lebih rata ketimbang menggunakan kuas cat.

Baca Juga : Pembersih Lantai Kayu yang Boleh & Jangan Digunakan

5. Diamkan Sampai Kering Lalu Amplas

Jika semua permukaan furniture kayu sudah diberi lapisan plitur, kamu pun hanya tinggal mendiamkannya sampai benar-benar kering. Setelah kering, maka permukaan furniture kayu harus di amplas lagi agar tampak lebih rata dan halus.

Diamkan Sampai Kering Lalu Amplas

Bukan hanya itu, tujuan dari peng-amplasan ulang ini juga untuk menonjolkan serat kayunya agar tampilannya semakin indah dan terkesan natural. Setelah permukaan furniture kayu menjadi halus dan rata, silahkan timpa lagi dengan cairan plitur.

Diamkan lagi sampai kering, kemudian amplas kembali permukaan furniture kayu sampai benar-benar halus dan rata. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, sebaiknya kamu lakukan cara tersebut sebanyak dua kali.

Jangan lupa juga untuk memastikan bahwa semua permukaan furniture kayunya sudah dilapisi dengan cairan plitur secara merata. Nantinya tampilan furniture kayu tersebut akan semakin mengkilap sehingga dapat menonjolkan kesan mewah dan elegan.

Bagaimana, cukup mudah dan simple bukan...???

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengkilapkan kayu dengan menggunakan plitur, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.