Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Tipe-tipe Furniture Rotan dan Karakteristiknya

Furniture bahan rotan

Furniture bahan rotan – Tentunya kita semua sudah tahu bahwa furniture memiliki peranan yang sangat penting dalam menunjang berbagai aktivitas di dalam rumah.

Furniture rumah terdiri kedalam berbagai jenis yang masing-masingnya mempunyai fungsi berbeda. Bahkan yang lebih menariknya lagi, furniture juga tersedia kedalam berbagai material yang berbeda-beda.

Seperti halnya furniture berbahan rotan yang memiliki ciri khas tersendiri. Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar tipe-tipe furniture rotan.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

4 Tipe Furniture Rotan

1. Rotan Vinyl

Rotan Vinyl

Material vinyl memiliki sifat yang lentur dan elastis seperti halnya plastik. Padahal, antara vinyl dengan plastik dua material yang berbeda. Perlu diketahui, bahwa bahan vinyl terbuat dari radikal etena yang cenderung mengacu pada beragam senyawa berbasis etilen, sedangkan plastik termasuk kedalam jenis PVC (polyvinyl chloride).

Nah, karena hal tersebutlah yang membuat masyarakat sering beranggapan bahwa vinyl adalah sejenis plastik.

Terlepas dari hal itu, Furniture Rotan Vinyl sangat cocok diaplikasikan sebagai furniture outdoor karena tahan terhadap faktor cuaca.

Artikel serupa: Lantai Vinyl motif Kayu dan Informasi Lengkapnya

2. Rotan Plastik

Rotan Plastik

Sebenarnya Furniture Rotan Plastik memiliki tingkat kekuatan yang lebih baik dibandingkan dengan rotan asli lho. Itu sebabnya, mengapa Furniture Rotan Plastik selalu diaplikasikan sebagai furniture outdoor.

Bukan hanya itu saja, bahkan Furniture Rotan Plastik ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap. Meski tidak diberi perawatan secara berkala, Furniture Rotan Plastik pun mampu bertahan hingga 10-20 tahun lamanya.

Berbeda dengan furniture rotan asli yang lebih cocok ditempatkan di area indoor, karena tingkat kekuatannya terhadap faktor cuaca tidaklah terlalu baik.

3. Rotan Anyaman

Rotan Anyaman

Pada dasarnya, sebagian besar rotan akan dibuat dengan cara dianyam. Namun, ada satu varian khusus yang mengikuti alur atau pola tertentu guna meningkatkan nilai seninya.

Dengan kata lain, pola anyaman rotan mampu menghasilkan karakteristik dari para pengrajinnya. Itu sebabnya, mengapa Furniture Rotan anyaman masih banyak diminati meskipun saat ini telah hadir berbagai jenis rotan sintetis.

4. Rotan Aluminium

Rotan Aluminium

Salah satu keunggulan dari Furniture Rotan Aluminium yang tidak dimiliki oleh tipe rotan diatas tadi, yaitu sifatnya yang tahan terhadap korosi. Penggabungan rotan dengan aluminium dinilai sebagai perpaduan yang sangat pas untuk pembuatan furniture.

Tak hanya daya tahannya yang begitu baik, Furniture Rotan Aluminium juga masih tetap menonjolkan kesan naturalnya. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika Furniture Rotan Aluminium cocok digunakan untuk area indoor maupun outdoor.

Baca juga: Decking kayu | parket lantai kayu untuk outdoor Produk tahan panas dan hujan.

Berbagai Kelebihan Rotan:

Bobotnya yang Lebih Ringan

Dibandingkan dengan furniture kayu, bobot furniture rotan pastinya memiliki bobot yang lebih ringan. Tentu saja hal tersebut dapat memudahkanmu saat hendak mengangkat atau memindahkan furniture rotan tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya.

Daya Tahan yang Bagus

Dibalik bobotnya ringan, ternyata daya tahan pada furniture yang berbahan rotan ini terbilang cukup bagus. Sehingga tak heran jika rotan sangat ideal dijadikan sebagai bahan dasar untuk pembuatan sofa maupun tempat tidur.

Artikel menarik lainnya: 6 Tips Memilih Kasur terbaik untuk Kesehatan & Kualitas Tidur

Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Berbicara soal jenis furniture yang harganya murah tapi tidak murahan, maka furniture berbahan rotan ini merupakan pilihan yang paling tepat.

Teksturnya yang Lentur

Keunggulan berikutnya dari furniture rotan, yakni memiliki tekstur lentur. Nah, karena hal inilah yang membuat para pengrajin rotan bisa lebih leluasa lagi dalam melakukan kreasinya secara maksimal.

Berbeda dengan karakteristik material kayu yang cenderung kaku, sehingga bahan rotan lebih fleksibel ketika diolah dan dibentuk yang sesuai keinginan.

Cara Perawatan yang Mudah

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang malas membersihkan furniture? Jika iya, sebaiknya kamu membeli furniture rotan. Pasalnya, furniture yang berbahan rotan tidan membutuhkan perawatan khusus.

Mengenai cara perawatannya, kamu hanya perlu menggunakan kuas saja untuk membersihkan debu di sela-selanya secara rutin. Selain itu, usahakan agar furniture rotan tidak langsung terpapar oleh sinar matahari.

Pasalnya, furniture rotan yang terlalu sering terkena paparan sinar matahari secara langsung akan membuat strukturnya semakin melemah.

Menghadirkan Nuansa Natural

Guna menciptakan kesan natural dalam hunian, kamu hanya perlu menggunakan beberapa jenis furniture rotan saja. Hal itu bukan tanpa alasan, karena furniture rotan tampil dengan warna alami.

Sehingga penggunaan furniture rotan sangat ideal dipadukan dengan interior yang bergaya rustic maupun etnic clasic. Agar tampilannya lebih sempurna, disarankan untuk menggunakan furniture rotan yang warnanya serasi dengan interior rumah.

Kuat dan Awet

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi bahwa furniture berbahan rotan memiliki daya tahan yang cukup bagus. Kabarnya, furniture rotan mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

Keunggulan berikutnya dari furniture rotan yang harus kamu ketahui, yakni bisa di variasikan dengan berbagai warna. Ya, mulai dari warna gelap, warna netral, hingga warna terang pun sangat cocok dipadukan dengan furniture berbahan rotan.

Seperti itulah ulasan singkat mengenai berbagai tipe furniture rotan beserta kelebihannya. Bagaimana, apakah kamu juga tertarik untuk menggunakan furniture rotan?