Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Review Jenis-jenis Kuas dan Roller Cat Tembok

 

Jenis kuas roller cat tembok

Jenis kuas roller cat tembok – Ada beragam cara yang bisa dilakukan untuk mempercantik tampilan rumah. Ya, salah satunya dengan memberikan lapisan cat pada tembok.

Pada proses pengecatan, tentu saja kuas menjadi salah satu peralatan yang wajib ada. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kuas berfungsi untuk mengaplikasikan cat ke tembok agar hasilnya lebih rapi dan merata.

Selain kuas, ternyata roller juga tak kalah pentingnya dalam pengecatan tembok. Bahkan, penggunaan roller dinilai ebih efektif ketimbang menggunakan kuas lho.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas berbagai jenis kuas dan roller cat tembok.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, yuk simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

5 Jenis Kuas Cat Tembok

5 Jenis Kuas Cat Tembok

1. Flat Brushes (Kuas Cat Berbentuk Pipih)

Sesuai dengan namanya, jenis kuas cat yang satu ini mempunyai bagian ujung yang datar serta lebar. Sehingga membuatnya ideal digunakan untuk membuat lukisan pada tembok dengan lebih cepat.

Selain itu, Flat Brushes juga cukup efektif dalam menutupi permukaan tembok karena kemampuannya yang dapat menyerap cat dalam jumlah besar.

Baca juga: Harga Cat Tembok di Bandung

2. Angle Brushes (Kuas Cat Berbentuk Sudut)

Berbeda dengan flat brushes, Angle Brushes dibekali dengan bulu yang dipotong miring sehingga bagian ujungnya tampak membentuk sudut.

Itu artinya, Angle Brushes sangat cocok digunakan untuk pengerjaan bagian-bagian sudut ruangan rumah maupun tepian tembok dengan tingkat presisi yang lebih akurat.

3. Round Brushes (Kuas Cat Berbentuk Silinder)

Jika dilihat dari bentuknya, jenis Round Brushes ini memiliki bagian ujung yang cenderung bulat sehingga kerap digunakan untuk kegiatan membuat pola garis halus dan detai-detail kecil pada tembok.

4. Tim Brushes (Kuas Cat Berbentuk Tepi)

Ciri khas dari jenis kuas Tim Brushes terlihat pada ukuran bulu-bulunya yang lebih panjang dan lebih tebal di bagian tengah ketimbang bagian pinggirannya.

Nah, karena bentuk bulunya inilah yang membuat Tim Brushes ideal digunakan untuk membuat tepi kepala, trim, hingga pinggiran tembok rumah.

5. Kuas Cat Dengan Bulu Hewan

Pada awalnya, kuas cat yang berbahan bulu hewan sering diaplikasikan untuk kebutuhan seni lukis saja. Namun, kini kuas bulu hewan bisa juga diaplikasikan untuk kebutuhan pengecatan tembok rumha.

Dikarenakan berbahan bulu hewan, tentunya kuas ini mampu memberikan hasil lapisan cat yang lebih merata pada dinding.

Bukan hanya itu, bahkan kuas cat berbulu hewan juga terbilang awet sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama lho.

Bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin memesan peralatan dan bahan bangunan dengan harga terjangkau, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)

5 Jenis Roller Cat

5 Jenis Roller Cat

Setelah membahas seputar jenis kuas cat tembok, mari kita lanjutkan ke pembahasan mengenai jenis-jenis roller cat tembok seperti berikut:

1. Roller Standar

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Roller Standar merupakan salah satu jenis roller cat yang paling umum digunakan.

Biasanya roller ini terbuat dari bahan busa atau serat sintetis yang terpasang di bagian pegangan. Selain itu, ia juga memiliki beragam ketebalan bulu dan tekstur sehingga dapat kamu pilih sesuai dengan kebtuuhan pengecatan tembok.

Roller Standar dengan bulu yang lebih tebal cocok diaplikasikan untuk dinding bertekstur kasar, sedangkan Roller Standar dengan bulu yang lebih tipis untuk pengecatan dinding bertekstur halus.

Adapun mengenai keunggulan dari Roller Standar, yakni kemampuannya yang dapat menutupi area luas dengan cepat.

Akan tetapi, salah satu kekurangan Roller Standar ini tidak bisa digunakan untuk menjangkau area-area sempit maupun sudut-sudut dinding rumah.

Baca juga: Jenis dan Fungsi Thinner

2. Roller Sudut

Sesuai dengan namanya, jenis roller ini memang dirancang khusus untuk menjangkau sudut-sudut ruangan yang sulit dijangkau oleh roller standar.

Pasalnya, roller tersebut memiliki bentuk segitiga atau bulat yang membuatnya mampu menutupi sudut dinding secara efisien.

Kendati demikian, Roller sudut kerap digunakan bersamaan dengan roller standar agar hasil pengecatannya lebih maksimal.

3. Roller Berlengan Ekstensi

Bagi kamu yang ingin mengecat area langit-langit atau plafon dengan mudah, maka penggunaan Roller Berlengan Ekstensi merupakan pilihan yang paling tepat.

Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia dilengkapi dengan tongkat pegangan yang ukurannya bisa diperpanjang.

Dengan menggunakan Roller Berlengan Ekstensi, tentu saja kamu bisa mengecat area plafon tanpa membutuhkan bantuan tangga maupun meja untuk menggapainya.

Akan tetapi, dalam penggunaan Roller Berlengan Ekstensi bagi para pemula memang terbilang cukup sulit lho.

Pasalnya, dibutuhkan sedikit latihan agar bisa mengendalikan gerakan yang tepat untuk hasil pengecatan yang lebih rapi dan merata.

4. Roller Dengan Sponge

Apakah tembok dirumahmu bertekstur kasar dan tidak rata? Jika iya, maka pengecatan dindingnya harus menggunakan Roller Sponge.

Sebab Roller Sponge mempunyai bulu-bulu yang lebih tebal dan lentur, sehingga bisa menutupi permukaan tembok yang kasar dan tidak rata secara maksimal.

Selain itu, Roller Sponge juga cukup efektif dalam menghasilkan tekstur yang unik pada permukaan tembok, seperti efek berlapis hingga efek tekstur yang berbeda-beda.

Namun, penggunaan Roller Sponge akan membuat cat menjadi boros karena sifatnya yang cenderung menyerap lebih banyak cat.

5. Roller Anti Tetes

Selanjutnya ada Roller Anti Tetes yang merupakan inovasi terbaru dalam bidang pengecatan tembok. Ia dirancang khusus untuk mengurangi hingga menghilangkan tetesan cat yang kerap terjadi selama proses pengecatan.

Pasalnya, jenis roller ini telah dibekali permukaan rol yang dapat mengendalikan aliran cat dengan sistem anti menetes.

Dengan menggunakan Roller Anti Tetes, tentu saja akan memberikan hasil pengecatan yang lebih bersih tanpa adanya noda dari cat.

Dikarenakan memiliki teknologi yang anti tetesan, maka tak heran jika jenis roller yang satu ini dibanderol dengan harga lebih mahal.

Baca juga: Harga Amplas di Bandung

Perbedaan Kuas Cat dan Roller Cat

Perbedaan Kuas Cat dan Roller Cat

1. Aplikasi Pengecatan

Penggunaan kuas cat tembok lebih efektif untuk membuat detail-detail kecil, sudut sempit, hingga area yang sulit dijangkau.

Lain halnya dengan roller, dimana ia lebih cocok digunakan untuk pengecatan area yang lebih besar dengan cepat, seperti tembok dan langit-langit rumah.

2. Tekstur Hasil Akhir

Kuas cat dapat memberikan tekstur yang lebih halus dan detail pada dinding, sedangkan roller memberikan hasil akhir yang lebih merata dan serasi.

3. Efisiensi Pengerjaan

Mengingat ukuran kuas yang lebih kecil, tentu saja proses pengecatannya akan memakan waktu yang lebih lama.

Berbeda dengan ukurannya yang lebih besar, sehingga dapat melapisi permukaan tembok yang lebih besar dengan cepat.

4. Tingkat Kesulitan Penggunaan

Penggunaan kuas cat tembok memang membutuhkan keterampilan dan ketelitian, sementara penggunaan roller cenderung lebih mudah karena gerakannya yang sederhana.

Nah, seperti itulah ulasan singkat mengenai jenis kuas cat dan roller cat beserta perbedaannya.

Jadi, kamu pilih menggunakan kuas cat tembok atau roller?