Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Seperti Inilah Fungsi Nat Pada Pemasangan Lantai Keramik dan Dinding

Jenis nat lantai keramik

Jenis nat lantai keramik – Apa itu nat bangunan? dan untuk apa fungsinya? 

Perlu diketahui, nat bangunan merupakan campuran yang sering diaplikasikan untuk mengisi celah maupun sambungan diantara lantai keramik yang sudah terpasang.

Tak hanya itu, nat juga kerap dimanfaatkan sebagai bahan penguat terhadap dinding dan struktur bangunan lainnya.

Pada umumnya, nat terbuat dari campuran semen atau mortar sebagai media perekat. Adapun lebar nat untuk kebutuhan lantai keramik berkisar 4 sampai 5 mm, sedangkan untuk kebutuhan dinding 2 mm.

Dengan menggunakan nat, tentunya tampilan lantai keramik tampak lebih kokoh dan rapi. Selain itu, fungsi nat juga dapat mencegah keretakan dan rembesan air kedalam lantai maupun dinding.

Ada berbagai jenis nat lantai yang memiliki karakteristik berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi, yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Nat Lantai

1. Nat Semen

Sesuai dengan namanya, jenis nat ini terbuat dari bahan semen yang biasa diaplikasikan sebagai pengikat untuk pemasangan lantai, dinding, hingga batu-batuan.

Nat Semen

Nat semen berupa campuran semen portland, pasir, dan air yang cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan.

Menariknya lagi, terdapat juga nat semen yang telah diberi bahan tambahan seperti lateks untuk meningkatkan daya tahan serta fleksibilitasnya.

Baca juga: Harga Semen di Bandung

2. Nat Latex

Pada dasarnya, nat latex merupakan sebuah bahan yang berupa polimer untuk menciptakan karakteristik tersendiri.

Nat Latex

Adapun mengenai karakteristik utama dari nat latex, yakni tingkat fleksibilitasnya yang begitu tinggi. Sehingga nat latex memiliki kemampuan untuk meregang dan menyusut secara alami yang mengikuti pergerakan terhadap permukaan bangunan.

Melalui kemampuannya tersebut, tentu saja nat latex sangat ideal digunakan untuk kebutuhan di area yang mengalami perubahan suhu dan kelembaban secara ekstrim.

Bukan hanya itu, penggunaan nat latex juga dapat meningkatkan kekuatan dan daya tahan untuk menunjang kebutuhan proyek yang membutuhkan ketahanan maupun ketahanan ekstra.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, nat latex sudah terbukti tahan terhadap air dan cuaca. Nah, karena keunggulan inilah yang membuat nat latex selalu diandalkan untuk kebutuhan konstruksi outdoor.

3. Nat Epoxy

Nat Epoxy terbuat dari campuran resin epoxy dan bahan pengeras lainnya. Karakteristik yang dimilikinya terdapat pada tingkat ketahanan dan kekuatan yang begitu mumpuni.

Nat Epoxy

Bagaimana tidak? Sebab Nat Epoxy tahan terhadap air, zat kimia, hingga korosi. Sehingga tak heran jika Nat Epoxy selalu diandalkan untuk penggunaan di berbagai area dengan kelembaban tinggi, seperti dapur, kamar mandi, hingga industri.

Tak hanya itu, Nat Epoxy juga dapat memberikan daya rekat yang sangat kuat. Tentunya Nat Epoxy ideal digunakan pada permukaan material yang berteksur keras, seperti keramik, beton, dan logam.

Bahkan, jenis nat ini bisa kamu gunakan pada lapisan sangat tipis yang membuatnya cocok untuk pengerjaan pelapisan permukaan yang presisi.

Baca juga: Begini Cara Kerja Membuat EpoxyLantai

4. Nat Resin Furan

Hampir sama dengan jenis nat epoxy, Nat Resin Furan ini juga terbuat dari campuran bahan polymer dengan alkohol.

Nat Resin Furan

Biasanya Nat Resin Furan kerap diaplikasikan pada lingkungan yang memerlukan ketahanan terhadap bahan kimia keras, seperti dapur industri atau laboratorium.

Akan tetapi, cara penggunaan Nat Resin Furan ini terbilang cukup sulit. Itu sebabnya, mengapa pengerjaan dengan Nat Resin Furan harus dilakukan oleh orang-orang yang memang ahli di bidangnya.

Selain itu, diperlukan juga tindakan pencegahan ketika mencampurkan Nat Resin Furan guna menghindari risiko yang berdampak terhadap kesehatan.

Bagi warga Bandung dan sekitarnya yang ingin membeli material dan peralatan bangunan, segera hubungi nomor 0811 2075 500 (Hendi)

Cara Menggunakan Nat Dengan Benar

Sebenarnya cara menggunakan nat untuk kebutuhan lantai keramik tidaklah terlalu sulit. Kendati demikian, bukan berarti juga bahwa penggunaan nat lantai bisa dilakukan dengan sembarangan lho.

Adapun mengenai beberapa tahap dalam menggunakan nat lantai dengan benar seperti berikut:

1. Bersihkan Seluruh Celah Pada Ubin Lantai

Sebelum mengaplikasikan nat pada lantai, sebaiknya bersihkan dan keringkan setiap celah di antara ubin.

Hal tersebut bertujuan untuk memastikan nat bisa menempel dan merata dengan sempurna. Selain itu, cara ini juga dapat menghindari kemungkinan terjadinya kelembaban yang bisa mempengaruhi hasil akhir.

Baca juga: Review Jenis-jenis Kuas dan Roller Cat Tembok

2. Cermati Jarak Antara Lantai Dengan Dinding

Perlu kamu ketahui, ketebalan nat yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Oleh karena itu, pastikan kamu memperhatikan perbedaan jarak antara lantai dengan dinding.

Dengan begitu, maka nat bisa diaplikasikan dengan benar yang sesuai kebutuhan. Bahkan, pengukuran yang tepat juga akan memastikan proses pembersihan yang nantinya bisa lebih mudah dilakukan.

3. Teknik Penggunaan yang Tepat

Untuk mendapatkan hasil nat yang merata sempurna, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti potongan sandal jepit yang berbahan karet.

Selain itu, pastikan kamu mengisi nat pada celah dengan cukup sambil menekan-nekan sampai merata. Pasalnya, celah yang tidak terisi oleh nat bisa meningkatkan risiko keretakan pada lantai keramik lho!

4. Proses Penyempurnaan dan Pembersihan

Setelah pengaplikasian nat selesai, diamkan sampai kering sepenuhnya sebelum dilakukan pembersihan terhadap sisa-sisa nat yang menempel pada permukaan ubin keramik.

Cara ini sangat penting dilakukan untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih bersih dan rapi. Saat membersihkan sisa-sisat nat yang menemepl, kamu bisa menggunakan lap kain yang bersih atau sapu.

Demikianlah ulasan singkat mengenai jenis-jenis nat lantai beserta cara penggunaannya, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan penambah wawasan.