Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Decking Bengkirai, Jenis Decking yang Paling Banyak Diminati

Decking Bengkirai,  Jenis Decking Terfavorit

Decking Bengkirai - Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk mempercantik tampilan hunian. Ya, salah satunya dengan penggunaan deck wood alias decking. Istilah decking itu sendiri merujuk pada produk lantai kayu outdoor, karena pemasangannya yang memang dikhususkan untuk area luar ruangan. 

Decking pun kerap diaplikasian pada beberapa area outdoor, mulai dari teras depan rumah, taman (halaman), balkon, rooftop, hingga pinggiran kolam renang. Bahkan, tak jarang pula produk decking ini digunakan sebagai bahan pondasi dalam pembangunan jembatan dan dermaga. 

Dari sekian banyaknya jenis decking yang tersedia dipasaran, decking bengkirai pun menjadi salah satu yang terbaiknya. 

Sifat dan Karakteristik Kayu Bengkirai

sifat dan karakteristik kayu bengkirai

Kayu bengkirai memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya. Bagaimana tidak? sebab kayu bengkirai tampil dengan warna kuning kecoklatan. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai sering disebut dengan istilah yellow balau.

Kayu bengkirai juga memiliki tekstur padat, dimana ia dapat kering dalam waktu mulai dari 12 hari sampai 1 bulan pada suhu normal untuk kemudian diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti dan konstruksi. 

Bukan hanya itu, bahkan kayu bengkirai juga mempunyai tekstur yang agak kasar dengan bobotnya yang lebih berat ketimbang kayu jati maupun kayu lainnya. Pohon kayu bengkirai banyak dijumpai di kawasan hutan tropis Kalimantan dan beberapa negara tetangga lainnya.  

Menurut pernyataan dari Departemen Kehutanan RI, yang menyebutkan bahwa bengkirai merupakan jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas l dan ll yang kualitasnya hampir setara dengan kekuatan kayu jati.

Baca Juga : Mengintip Keistimewaan Kayu Jati dan Kayu Bengkirai

Nah, setelah mengetahui seluk beluk kayu bengkirai, mari kita lanjutkan ke pembahasan berikutnya mengenai decking bengkirai.

Decking Bengkirai Dengan Kualitas Terbaik

Sebagaimana yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa tingkat kekuatan kayu bengkirai termasuk kedalam kelas l dan ll. Itu artinya, decking bengkirai tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca ekstrim. 

decking bengkirai polos dan beralur

Terdapat dua tipe decking bengkirai yang tersedia, yakni decking bengkirai polos dan decking bengkirai yang memiliki alur. 

Artikel Menarik Lainnya : Decking Ulin Dengan Tekstur Sekeras Besi

Bukan hanya itu, tekstur permukaan decking bengkirai juga tampak terasa kesat sehingga dapat meminimalisir risiko terpeleset. Mengingat akan hal itu, maka tak heran jika decking bengkirai kerap diaplikasikan pada tepian kolam. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, penggunaan decking kayu akan berdampak bagus bagi kesehatan tubuh lho. 

Berdasarkan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa decking bengkirai memiliki kemampuan menyerap panas untuk sementara waktu, yang nantinya akan dialirkan kedalam ruangan rumah.

Tentunya hal tersebut dapat menciptakan suhu hangat sehingga sangat bagus agar tubuh terhindar dari beragam macam penyakit seperti rematik. 

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai

1. Decking Bengkirai Untuk Pagar

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai - pagar rumah

2. Decking Bengkirai Pada Pinggiran Kolam Renang

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai - pinggiran kolam renang

3. Decking Bengkirai Pada Rooftop

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai - area rooftop

4. Decking Bengkirai Pada Area Taman

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai - area taman

5. Decking Bengkirai Pada Area Kamar Mandi

Inspirasi Penempatan Decking Bengkirai - area kamar mandi

Nah, itulah berbagai inspirasi penempatan decking bengkirai. Bagaimana, apakah anda juga tertarik untuk memasang decking bengkirai di rumah...???