Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Mengenal Decking Kayu Ulin Beserta Daftar Harganya

Harga Decking Ulin

Harga Decking Ulin - Mungkin masih ada sebagian dari kita yang belum terlalu familiar dengan istilah decking. 

Perlu diketahui, deck wood alias decking ini merupakan material penutup lantai yang terbuat dari bahan kayu solid (kayu utuh) tanpa campuran bahan lain.

Sebenarnya decking juga masih termasuk bagian dari produk parket, hanya saja berbeda dari segi penempatan. Ya, produk decking ini memang dikhususkan untuk pemasangan di area outdoor.

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu yang ada di Indonesia ini cocok dijadikan bahan baku untuk pembuatan decking. 

Dengan kata lain, hanya ada beberapa jenis kayu saja yang spesifikasinya dianggap cocok untuk produk decking. Salah satunya adalah kayu ulin.

Sekilas Tentang Kayu Ulin

tentang kayu ulin

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa ulin merupakan salah satu jenis kayu dengan kualitas terbaik di dunia. Dari segi teksturnya, kayu ulin ini tampak terasa kasar dan sangat keras. 

Itu sebabnya, mengapa kayu ulin kerap dijuluki dengan nama “kayu besi“ sehingga proses pemotongannya pun tergolong cukup sulit. Dengan demikian, maka tak heran jika kayu ulin menjadi saingan terberat bagi kayu merbau. 

Baca Juga : Melihat Perbandingan Kayu Merbau Vs Kayu Ulin 

Untuk tingkat kekuatannya, kayu ulin ini termasuk kedalam kelas I. Begitu pun dengan tingkat keawetannya yang juga masuk ke dalam kelas I.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu ulin sangat ideal dijadikan bahan baku untuk pembuatan produk decking.

Dengan teksturnya yang sekeras besi, secara otomatis decking ulin tidak akan mudah ditembus oleh rayap maupun hama serangga pemakan kayu lainnya. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, decking ulin sudah terbukti tahan terhadap kelembapan dan perubahan cuaca ekstrim lho.

Bukan hanya itu, decking ulin juga memiliki aroma khas sehingga bisa membuat siapa saja yang menciumnya akan terbawa kedalam suasana nyaman dan natural. 

Mengenai asal-usulnya, pohon kayu ulin itu sendiri tumbuh subur di kawasan hutan tropis Kalimantan.

Lantas, area mana sajakah yang cocok dipasang decking ulin...???

Spesifikasi Decking Ulin

spesifikasi decking ulin

  • Tipe: Decking
  • ProduksUlini: CV. Rajawali Parquet
  • Jenis Kayu: 
  • Asal kayu: Kalimantan
  • Ukuran: 1,9 x 9 x 100 cm up /pcs
  • Alur anti slip satu sisi
  • satu sisi lain Polos
  • Harga : Rp. 995.000 888.500 /m2 (Promo)

Harga bisa berubah-ubah dan harga tidak termasuk biaya pasang

Berbagai Penempatan Decking Ulin

1. Tepian Kolam

berbagai penematan decking ulin - tepian kolam

Sebuah hunian yang dilengkapi kolam itu memang identic dengan kalangan menengah ke atas. Hal itu bukan tanpa alasan, karena hunian yang dilengkapi dengan kolam membutuhkan lahan tanah yang luas.

Penggunaan decking ulin menjadi salah satu cara terbaik untuk mempercantik tampilan kolam, entah itu kolam renang maupun kolam ikan. 

Tak hanya dapat mempercantik kolam, keberadaan decking ulin juga dapat mengurangi risiko terpeleset karena tekstur permukaannya yang kesat.

Baca Juga : Jual Lantai Kayu Tahan Air Untuk Kamar Mandi dan Dapur

2. Area Teras & Halaman

berbagai penematan decking ulin - area teras dan halaman
Hasil pemasangan deckin ulin pada hunian pribadi oleh PT Rajawali Parquet

Selain tepian kolam, decking ulin juga sangat ideal diaplikasikan di area teras dan halaman. Dengan keberadaan decking ulin tersebut, tentu saja akan semakin mempertegas nuansa alami dan natural.

Artikel Menarik Lainnya : Rekomendasi Desain Teras Depan Rumah Terpopuler

3. Area Balkon & Rooftop

berbagai penematan decking ulin - area balkon dan rooftop

Di daerah-daerah perkotaan, sebagian besar masyarakatnya kerap memanfaatkan area balkon dan rooftop sebagai tempat untuk bersantai bersama keluarga. Tak hanya dapat menikmati udara segar, di area balkon dan rooftop juga kita bisa menikmati keindahan pemandangan di sekitarnya.

Dengan menggunakan decking ulin, pastinya area balkon dan rooftop akan tampak lebih elegan, mewah, dan natural.

4. Dermaga

berbagai penematan decking ulin - dermaga

Fungsi utama dermaga tidak berbeda jauh dengan terminal, yakni sebagai tempat untuk menurunkan dan menaikan penumpang maupun barang-barang logistic antar pulau. Decking ulin pun sering diandalkan untuk pondasi pembangunan sebuah dermaga, karena memang tahan terhadap air dan bertekstur kuat.

Demikianlah ulasan singkat mengenai decking ulin sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan sebelum membelinya.