Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Daftar Jenis-jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture

 

Jenis kayu furniture

Jenis kayu furniture – Meskipun saat ini sudah hadir material kayu sintetis atau kayu olahan, namun bahan kayu asli masih tetap menjadi andalan dalam bidang furniture.

Hal itu bukan tanpa sebab, karena furniture yang berbahan kayu asli pastinya memiliki tampilan yang lebih natural dan elegan. Tak hanya unggul dari segi tampilannya saja, furniture berbahan kayu asli juga memiliki daya tahan yang begitu mumpuni.

Akan tetapi, tidak semua jenis kayu itu cocok dijadikan sebagai bahan baku untuk furniture lho. Lalu, jenis kayu mana sajakah yang cocok dijadikan furniture?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

6 Jenis Kayu Terbaik Untuk Furniture

1. Kayu Jati

Dinilai dari kualitas secara keseluruhan, kayu jati ini memang yang terbaik diantara jenis kayu lainnya. Itu sebabnya, mengapa furniture maupun property yang berbahan kayu jati selalu dibanderol dengan harga yang mahal. 

jenis kayu jati

Kualitas kayu jati itu sendiri akan dinilai dari beberapa aspek, mulai dari tingkat kekerasan, tingkat kekuatan, tingkat kepadatan serat, tingkat keindahan pola serat, dan tingkat keindahan warna.

Namun, kayu jati itu sendiri dibedakan lagi kedalam tiga kelas berbeda yakni grade A, grade B, dan grade C. Alhasil, kualitas dan harga yang ditawarkan dari masing-masing kelas kayu jati tersebut akan berbeda pula.

Adapun mengenai penyebaran pohon jati di Indonesia, mulai dari Pulau Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sumatera, dan sebagainya. Menurut kabar yang beredar, kayu jati dengan kualitas terbaik itu berasal dari Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Batang pohon jati kerap dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan poperty dan furniture seperti meja, kursi, lemari, rak, Kusen pintu dan jendela, hingga lantai kayu.

Artikel Terkait : Lantai Kayu Jati yang Menjadi Favorit Banyak Orang

2. Kayu Bacote

Berbicara soal jenis kayu dengan tampilan eksotik, maka kayu bacote ini adalah jawabannya. Hal itu bukan tanpa alasan, karena kayu bacote mengusung perpaduan warna hitam dan kuning kemerahan. Tak hanya tampilannya yang eksostik, bahkan tingkat kekuatannya pun sangatlah mumpuni.

Kayu Bacote

Bacote merupakan pohon kayu yang berasal dari daerah Meksiko dan Amerika Selatan, yang mana ukuran tinggi pohonnya mencapai 30 meter dengan diameter sekitar 1,5 meter. Kayu yang satu ini kerap menadi primadona untuk kebutuhan furniture, karena warna dan motifnya yang begitu nyentrik seperti zebra.

Ketika dibelah, biasanya kayu bacote akan mengeluarkan cairan sejenis minyak yang berfungsi untuk melindunginya dari saerangan hama rayap. Kendati demikian, proses pengolahan kayu bacote ini masih tergolong cukup mudah. 

Berkat kandungan minyak dan motif menarik yang dimilikinya, maka tak heran jika sebuah furniture yang berbahan kayu bacote ini memiliki nilai estetika tinggi. Tak hanya dimanfaatkan untuk kebutuhan furniture, kayu bacote juga sering dijadikan untuk pembuatan alat musik, pembuatan perahu, hingga pegangan senjata. 

3. Kayu Merbau

Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari Kayu Merbau, yaitu tampilannya yang berwarna merah kecoklatan dengan pola serat berbentuk lurus.

Kayu merbau

Sehingga tak heran jika furniture yang berbahan kayu merbau ini mampu menghadirkan nuansa mewah, elegan, dan natural. Untuk tingkat kekerasan dan keawetannya, Kayu Merbau termasuk kedalam kelas I dan kelas II.

Hal itu pun terbukti, yang mana Kayu Merbau tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca. Bahkan, potensi pemuaian dan penyusutan pada Decking Kayu Merbau juga tergolong cukup rendah. Itu sebabnya, mengapa Kayu Merbau bisa digunakan untuk furniture indoor maupun outdoor.

Baca Juga : Waspadalah Terhadap Serangan Kutu Kayu Dirumah!

4. Kayu Pinus

Jenis kayu furniture terbaik berikutnya yang akan dibahas, yakni berupa kayu pinus atau yang sering disebut dengan jati belanda. Untuk tampilannya, kayu pinus ini memiliki perpaduan warna putih dan kuning cerah. Itu sebabnya, mengapa kayu pinus mudah ditimpa oleh warna lain.

Kayu Pinus

Bukan hanya itu, bahkan bobot kayu pinus ini cenderung lebih ringan ketimbang jenis kayu lainnya. Begitu pula dengan harga kayu pinus yang relatif terjangkau, sehingga membuatnya sangat ideal dijadikan bahan baku untu berbagai jenis furniture.

5. Kayu Sonokeling

Inilah satu jenis kayu yang tampilannya paling mudah untuk dikenali karena berbeda dengan wujud kayu pada umumnya. Bagaimana tidak? sebab kayu sonokeling ini tampil dengan mengusung perpaduan warna hitam dan cokelat kekuningan.

Kayu Sonokeling

Nah, ketiga perpaduan warna tersebutlah yang membuat tampilan kayu sonokeling tampak lebih unik dan eksotik. Menariknya lagi, ternyata kayu sonokeling juga memiliki aroma harum yang khas seperti wangi bunga mawar ketika baru dibelah pada saat proses pengolahan.

Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu  sonokeling sering disebut dengan nama Rosewood. Penyebaran pohon kayu sonokeling yang meliputi kawasan Asia Selatan, Afrika, Madagaskar, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Artikel Serupa : Keindahan Lantai Kayu Sonokeling yang TiadaDuanya

6. Kayu Ulin

Kayu ulin memiliki tekstur sekeras besi, sehingga tingkat kekuatan dan keawetannya termasuk kedalam jenis kayu kelas 1. Itulah yang menjadi alasan mengapa kayu ulin sangat cocok dijadikan bahan baku untuk kebutuhan furniture maupun konstruksi bangunan seperti lantai kayu outdoor (deck wood), meja, kursi, lemari, kusen, pembuatan jembatan, bantalan rel kereta, dan lain sebagainya. 

Kayu Sonokeling

Pohon ulin termasuk kedalam jenis pohon dengan pertumbuhan yang lambat, sehingga ketersediaan kayu ulin tidak pernah mencukupi kebutuhan industri perkayuan. Itu sebabnya, mengapa harga kayu ulin di pasar tergolong cukup mahal. Karakteristik kayu dari pohon ulin terbukti tahan terhadap perubahan cuaca, kelembapan, dan tahan terhadap pengaruh air laut.

Artikel Terkait : Decking Ulin Dengan Tekstus Sekeras Besi

Nah, seperti itulah beberapa jenis kayu terbaik yang paling diandalkan dalam bidang furniture.