Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Harga Batu Pondasi di Bandung 2021

Peran Batu Pondasi Dalam Konstruksi Bangunan

batu pondasi


Bagi yang hendak membuat sebuah konstruksi bangunan, tentu saja ada berbagai jenis material yang harus disediakan. Ya, mulai dari pasir, batu pondasi, keramik, beton, genteng, dan masih banyak lagi. Dalam pemilihan tipe pondasi yang mumpuni, penting bagi kita untuk memperhatikan apakah pondasi tersebut ideal digunakan untuk berbagai kondisi lapangan?

Tak hanya itu, pastikan juga apakah pondasinya dapat memungkinkan untuk diselesaikan dengan waktu yang sesuai rencana? Terdapat beberapa poin penting yang harus kita pertimbangkan dalam membangun sebuah pondasi, mulai dari kondisi tanah pondasi, batasan-batasan akibat konstruksi di atasnya, kondisi daerah sekitar lokasi, waktu serta biaya pekerjaan, dan tingkat kekuatannya.

Baca Juga : Harga Keramik di Bandung 2021

Nah, sebelum membahas lagi seputar pondasi bangunan, lebih baik kita bahas dulu seputar harga batu pondasi di Bandung 2021. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Daftar Harga Batu Pondasi (Batu Belah) di Bandung         

  • Batu Belah 1 (m3) : Rp 200.000
  • Batu Belah 2,8 (m3) : Rp 875.000
  • Batu Belah 6 (m3) : Rp 1.260.000
  • Batu Belah 6,5 (1 dump truk) : Rp 1.550.000 – Rp 1.900.000
  • Batu Belah 7 (m3) : Rp 1.650.000 – Rp 2.200.000
  • Batu Belah 23 (1 truk tronton) : Rp 4.300.000 – Rp 6.394.000

Kondisi Tanah yang Sangat Mendukung Untuk Pembuatan Dasar Pondasi

pondasi dasar bangunan


Sejatinya kondisi tanah dasar pondasi memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Adapun mengenai beragam parameter yang berpengaruh terhadap karakteristik, seperti pengaruh permukaan air tanah yang mengakibatkan berat volume tanah terendam air menjadi berbeda dengan kondisi volume tanah.

Disamping itu, jenis tanah dengan karakteristik fisik dan serta mekanisme pada masing-masingnya bisa memberikan nilai kuat dukung tanah yang berbeda pula. Dengan kata lain, pemilihan tipe pondasi yang akan digunakan harus sesuai dengan berbagai aspek dari tanah yang kamu tempati. Menurut para ahli bangunan, menyebutkan bahwa ada beberapa kriteria yang cocok dalam membangun sebuah pondasi seperti :

  • Pondasi harus ditempatkan dengan tepat, agar tidak mengalami longsor
  • Pondasi harus aman dari kelongsoran
  • Pondasi harus aman dari penurunan yang berlebihan.

Jenis-jenis Batu Pondasi

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kekokohan sebuah bangunan itu terletak pada bahan baku yang digunakan. Jika bahan baku yang digunakan berkualitas tinggi, tentu saja daya tahannya pun akan kuat. Apabila sebaliknya, maka jangan harap jika sebuah bangunan akan memiliki umur yang panjang.

Umumnya jenis batu pondasi yang kerap digunakan dalam membangun sebuah pondasi, yakni batu kali dan batu gunung. Mengapa demikian? Pasalnya, kedua jenis batu tersebut memang sudah terbukti cocok digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pondasi bangunan lho. Adapun mengenai perbandingan antara batu kali dan batu gunung seperti berikut :

1. Batu Kali

batu pondasi - batu kali


Batu kali adalah salah satu bahan material bangunan yang memiliki peranan penting dalam membuat sebuah pondasi bangunan. Ya, batu kali kerap dipadukan dengan material lainnya, seperti semen, pasir, dan air.

Nah, perpaduan jenis-jenis material tersebut juga sering dinamai dengan istilah “mortar”, yang kerap digunakan sebagai konstruksi awal dalam pembuatan dinding rumah. Namun, batu kali ini terbagi lagi kedalam dua jenis yakni :

Batu Kali Bulat

batu pondasi - batu kali bulat


Sesuai dengan namanya, jenis batu kali yang satu ini tampil dengan bentuk bulat namun tidak beraturan. Bukan hanya itu, batu kali bulat juga memiliki tekstur yang sangat keras dan tahan terhadap perubahan cuaca. Akan tetapi, mortar yang menggunakan batu kali bulat ini tidak terlalu mengikat kuat karena tekstur permukaannya yang halus.

Batu Kali Belah

batu pondasi - batu kali belah


Batu kali belah adalah jenis batuan alami yang memiliki ukuran besar, kemudian dihancurkan sehingga ukurannya menjadi lebih kecil dan bervariasi. Dari segi kekuatannya, batu kali belah ini memang lebih baik ketimbang jenis batu kali. Sehingga batu kali belah sangat cocok digunakan untuk pembuatan sebuah pondasi bangunan. Selain teksturnya yang keras, bagian permukaannya juga bertekstur kasar sehingga mortarnya bisa mengikat dengan kuat.

Keunggulan Pondasi yang Menggunakan Batu Kali

Jika kamu ingin mendapatkan sebuah pondasi bangunan yang kokoh, maka jenis batu kali ini merupakan pilihan paling tepat. Ya, hal itu bukan tanpa alasan, mengingat batu kali sudah terbukti memiliki daya tahan yang begitu baik untuk menunjang pondasi bangunan. Adapun mengenai beberapa keunggulan pada pondasi yang menggunakan batu kali seperti dibawah ini :

  • Tidak Mudah Bocor

Keunggulan pertama pada pondasi yang menggunakan batu kali, yakni tidak mudah bocor. Itu artinya, jenis pondasi tersebut akan lebih baik manfaatnya secara lingkungan ketimbang jenis pondasi lain. Dengan menggunakan batu kali, tentu saja rumahmu akan tahan terhadap berbagai masalah seperti kebocoran gas, banjir, hingga serangan jamur.

  • Memiliki Bentuk Konstruksi yang Lebih Sederhana

Jika dibandingkan dengan jenis pondasi lainnya, maka pondasi batu kali ni mempunyai bentuk konstruksi yang lebih simple. Tak hanya itu, pondasi ini juga dapat memungkinkan proses pengerjaan langsung pada tempat sehingga ukuran dan proporsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Ukuran yang Bisa Disesuaikan

Inilah yang menjadi alasan batu kali sering dipilih untuk pembuatan pondasi bangunan. Bagaimana tidak, sebab ukuran lebar pondasi yang menggunakan batu kali ini bisa disesuaikan dengan ukuran rumah secara mudah lho.  

  • Biaya Pembuatan yang Murah

Keunggulan berikutnya pada pondasi yang menggunakan batu kali, yaitu biaya pembuatan yang lebih murah. Bukan hanya itu, bahkan biaya yang dibutuhkan untuk penyediaan bahan baku pondasi batu kali ini relative murah.  

2. Batu Gunung

batu pondasi - batu gunung


Dari namanya saja sudah sangat jelas, yang mana batu ini berasal dari daerah pegunungan atau dataran tinggi. Pada umumnya, batu gunung kerap digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi bangunan. Ciri khas dari batu gunung, yakni tampil dengan warna abu-abu yang bentuknya berupa bongkahan besar (sebelum di jual ke pembeli).

Baca Juga : Karakteristik Batu Split

Batu gunung bisa diolah lagi menjadi berbagai bahan yang dibutuhkan untuk konstruksi bangunan, mulai dari pondasi awal sampai bahan untuk campuran cor. Tak hanya itu, bahkan batu gunung juga kerap digunakan untuk pembangunan rumah, gedung, hingga timbunan. Hal tersebut bukan tanpa alasan, mengingat batu gunung memiliki struktur yang sangat kokoh dan tidak mudah hancur.

Dengan bobotnya yang cukup berat, tentu saja batu gunung ini mampu menahan berat tanpa tergoyahkan sehingga sangat ideal untuk menopang sebuah bangunan. Berbeda dengan batu gunung yang sudah dibelah atau dipecah, yang biasanya digunakan untuk perbaikan jalan serta pengaspalan jalan. Masih belum habis, bahkan batu gunung juga sering digunakan sebagai bahan baku dari adukan cor setelah dihancurkan menjadi batuan kecil yang memang sesuai dengan kebutuhan pengerjaan cor.

Mengingat fungsinya yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan konstruksi, maka tak heran jika jenis batu gunung sangat mudah dijumpai di pasaran.