Mqp4NaR5Map5NGZaLGtaMaV8NTcsynIkynwpACBc

Begini Perbandingan Kayu Merbau dan Kayu Bengkirai

kayu merbau dan kayu bengkirai merupakan kayu asli indonesia yang kualitasnya s…

BLANTERLANDINGv101
6993287981039837150

Begini Perbandingan Kayu Merbau dan Kayu Bengkirai

Rabu, 03 Februari 2021
flooring merbau - decking bengkirai


Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa Indonesia merupakan salah satu negara sebagai penghasil kayu terbaik di dunia. Ya, terang saja demikian, sebab negara tercinta kita ini kaya akan sumber daya alamnya. Itu sebabnya, mengapa para penjajah sangat berhasrat untuk mengeruk hasil kekayaan alam di Indonesia. 

Terlepas dari hal itu, ada banyak sekali jenis-jenis kayu asli Indonesia yang berkualitas tinggi. Sebut saja beberapa diantaranya seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, kayu sonokeling, dan lain sebagainya. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas tentang perbandingan kayu merbau dan kayu bengkirai. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kisa simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Sekilas Tentang Pohon Merbau

Kayu merbau kerap dijuluki dengan nama "kayu besi", dikarenakan teksturnya yang begitu keras. Pada umumnya, pohon merbau tumbuh subur di kawasan Indonesia Timur seperti Nusa Tenggara Timur, Papua dan Maluku. Kendati demikian, pohon merbau juga bisa kita temui di daerah lainnya seperti Kalimantan, Sumatera, dan Pulau Jawa. 

Baca Juga : Perbandingan Kayu Kruing VS Kayu Kamper

Menurut informasi yang dapat, mulanya pohon merbau hanya ditemui di negara Madagaskar dan Tanzania. Kemudian penyebarannya merambah ke berbagai negara seperti Indonesia, Myanmar, India Selatan, Malayia, Australia, dan Polinesia. 

Wujud Pohon Merbau

pohon & batang merbau

Pohon merbau bisa tumbuh dengan ukuran sedang hingga besar yang mencapai 50 meter, sedangkan ukuran panjang batangnya kurang lebih dari 20 meter dengan gemang 160 cm - 250 cm. Disamping itu, ia juga memiliki akar papan berbanir yang cukup tinggi dan tebal. 

Bagian pepagan merbau tampil dengan warna abu-abu terang dan cokelat pucat, bertekstur halus, berbintik-bintik kecil lentisel, serta kulitnya yang tampak mengelupas. Bukan hanya itu, pohon merbau juga mempunyai 2 pasang anak daun, namun bagian ujungnya hanya memiliki 1 anak daun saja. Daunnya berbentuk bundar telur miring tak simetris, dengan ukuran sekitar 2 cm hingga 16.5 cm x 1.8 cm - 11 cm. 

Karakteristik Kayu Merbau

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa kayu merbau memiliki tekstur keras sehingga sering dijuluki dengan nama kayu besi. Pada sakla tingkat keawetan kayunya, ia termasuk kedalam kayu kelas nomor 1 dan 2. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu merbau cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan furniture maupun mebel, seperti lantai, lemari, meja, dan lain sebagainya.  

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu merbau ini sudah terbukti tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca lho. Namun, proses pengolahan kayu merbau tergolong cukup sulit dikarenakan teksturnya yang sangat keras. Adapun mengenai karakteristik kayu merbau seperti berikut :
  • Bagian teras kayu merbau tampil dengan warna coklat kelabu atau kuning coklat hingga coklat kemerahan, bahkan cenderung kehitaman. 
  • Sedangkan bagian gubalnya tampil dengan warna pucat kuning hingga kuning muda
  • Tekstur kayu merbau sangat keras dan terasa agak kasar dan licin saat diraba
  • Kayu merbau mempunyai tingkat keawetan yang tinggi karena tahan terhadap rayap dan pelapukan. Sehingga tak heran, jika kayu merbau termasuk kedalam kelas 1 dan kelas 2. 
  • Tingkat penyusutan dan daya retak pada kayu merbau juga tergolong rendah, yang membuatnya tahan terhadap perubahan cuaca

Penggunaan Kayu Merbau 

lantai parket merbau


Tak hanya digunakan untuk kebutuhan konstruksi, kayu merbau juga kerap digunakan untuk pembuatan lantai parket, pintu, kusen, papan panel, plafon, jendela, dan lain sebagainya. Berbicara soal lantai parket kayu merbau ini benar-benar dapat menyuguhkan tampilan yang begitu mewah, elegan, dan natural. 

Namun, lantai parket merbau dibedakan lagi kedalam dua jenis berbeda, yakni lantai parket khusus indoor dan lantai parket khusus area outdoor atau yang biasa disebut dengan istilah decking. 

Untuk informasi lebih lengkapnya lagi seputar lantai parket merbau, silahkan Klik Disini
Nah, setelah mengetahui seluk beluk kayu merbau, mari kita berlanjut ke pembahasan kayu bengkirai. 

Sekilas Tentang Pohon Bengkirai

pohon & batang bengkirai


Pohon bengkirai pada umumnya tumbuh subur di kawasan hutan tropis seperti Kalimantan, dan beberapa kawasan lainnya yang ada di Malaysia serta Filipina. Jenis pohon yang satu ini bisa tumbuh hingga 40 meter dengan ukuran diameternya yang mencapai 120 cm. Bukan hanya itu, ia juga memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh jenis kayu lainnya, yakni tampil dengan warna kuning kecoklatan. Itu sebabnya, mengapa kayu bengkirai juga sering disebut dengan istilah "yellow balau".

Kayu bengkirai memiliki tekstur padat, yang umumnya bisa kering dalam waktu mulai dari 12 hari sampai 1 bulan ada suhu normal untuk kemudian diolah lagi menjadi berbagai kebutuhan properti. Bahkan kayu bengkirai memiliki tekstur yang agak kasar dan bobotnya yang lebih berat dibanding kayu jati

Meski tingkat keretakkannya cukup tinggi, namun kayu bengkirai bisa diperbaiki lagi dengan mudah. Ya, mengenai cara memperbaiki kayu bengkirai yang retak, kita hanya perlu memberinya dempul tembok atau dengan menggunakan wood filter. Meski di beri dempul maupun wood filter, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi daya tahan dan tingkat keindahan kayu bengkirai. 

Karakteristik Kayu Bengkirai


Seperti yang dilansir dari situs Departemen Kehutanan, yang menyebutkan bahwa kayu berngkirai adalah jenis kayu dengan tingkat kekuatan kelas l dan ll sehingga hampir setara dengan kekuatan kayu jati. Mengingat akan hal itu, maka tak heran juga jika kayu bengkirai sangat ideal digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan eksterior seperti atap rumah, decking (lantai kayu outdoor), hingga pagar rumah.

Keunggulan Decking Bengkirai

decking bengkirai


1. Memiliki Durabilitas yang Tinggi

Keunggulan pertama dari decking bengkirai yang harus kalian ketahui, yakni memiliki durabilitas tinggi. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat tingkat kekuatan kayu bengkirai termasuk kedalam kelas l dan ll. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kayu bengkirai tahan terhadap serangan rayap dan perubahan cuaca ekstrim. 

2. Menciptakan Nilai Estetik Pada Sebuah Hunian

Umumnya decking bengkirai ini kerap dipasang pada area-area outdoor, seperti halaman, taman, tepian kolam renang, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan decking bengkirai, tentu saja tampilan rumah kita akan terlihat lebih mewah dan elegan, namun masih tetap menonjolkan sisi naturalnya. 

3. Menawarkan Harga yang Relatif Terjangkau

Ini dia salah satu alasan yang membuat kayu bengkirai selalu laris manis dipasaran. Ya, disamping taya tahannya yang sangat mumpuni, harga kayu bengkirai juga tergolong murah jika dibandingkan dengan harga lantai kayu jati. 

Demikianlah ulasan singkat seputar perbandingan kayu merbau dan kayu bengkirai, sehingga bisa kita jadikan sebagai penambah wawasan. Nah, bagi kamu yang ingin tahu kelengkapan daftar harga lantai kayu parket terbaru 2021, silahkan Klik Disini


BLANTERLANDINGv101
Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang