Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ketahui sifat dan Karakter kayu jati, serta perbedaan kayu jati rakyat dan perhutani.

kayu jati
Kayu Jati atau nama ilmiahnya Tectona grandisL.f, merupakan jenis kayu awet kelas I, Kayu Jati tumbuh hampir di semua wilayah di dunia, Penghasil Kayu Jati terbaik di Indonesia diantanya : Daerah Buton, Cepu, dan Blora, ke tiga daerah tersebut memiliki warna kayu jati yang kuning keemasan,

namun bukan berarti kayu jati dari daerah lainnya kurang baik, semuanya tetap memiliki tingkat awet dan kelas kuat yang sama, namun perbedaan dari segi warna ada yang memiliki warna lebih coklat tua, coklat cenderung ungu, atau abu.

kayu jati memiliki texture kayu yang sangat menawan, dengan rangkaian urat kayu yang beragam, mulai urat kembang, urat lurus, urat doreng, merupakan salah satu hasil karya alam yang menakjubkan.

sifat dasar kayu jati

kayu jati
kayu jati memiliki stabilitas yang baik terhadap perubahan suhu, memiliki susut muai yang rendah, merupakan jenis kayu awet yang tahan terhadap serangan hama perusak. kayu jati .dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 50m, dengan diameter 1,2m.  

kayu tumbuh tegak lurus, dengan bagian cabang yang tumbuh stengahnya dari ketinggian kayu jati. bentuk log kayu jati memiliki banyak variasi, bentuk log yang membulat sempurna, merupakan log kayu jati super yang banyak di cari, karena bisa menghasilkan papan kayu jati yang maksimal, 

sementara kayu jati berbentuk oval, atau berbentuk model belimbing juga banyak terdapat dalam log kayu jati ini, kayu log yang memiliki bulatan kurang sempurna, harganya lebih murah di banding kayu log yang memiliki bulatan sempurna.
kayu jati super
kayu jati super, memiliki lingkaran yang sempurna

00
kayu jati
Kayu Jati dengan lingkaran yang kurang sempurna

Usia Kayu jati siap Panen

kayu jati
kayu jati perhutani
Kayu jati siap panen berada di kisaran 15 sampai 30tahun, Usia kayu jati di atas 30 tahun biasanya memiliki rongga di dalam log kayu, rata rata untuk kayu jati yang telah berumur di atas 30 tahun jarang di jadikan produk kebutuhan rumah tangga.,  banyaknya di jadikan hiasan atau produk dengan yang memiliki nilai seni, seperti papan lebar jati tanpa sambung, ukiran, atau produk seni lainnya. 
kayu jati bolong
Rongga pada kayu jati
Berbagai institusi telah mengembangkan kayu jati agar bisa memangkas usia, salah satu produk yang di hasilkan adalah Kayu Jati Mas, kayu jati mas memiliki usia siap panen hanya 5 tahun, namun kualitas kayu yang di hasilkan tidak sehebat jati yang di tanam secara konvensional, kayu jati mas, tidak tahan terhadap rayap, dan memiliki serat kayu yang kurang padat. memiliki glubal yang lebih banyak, dan warna kayu Pucat, sehingga Kayu jati mas, saat ini kurang di minati.
kayu jati mas
kayu Jati mas
Pada poto di atas, gubal kayu yang berwarna putih hampir 50%, kayu yang bisa di pergunakan dari 1 log kayu hanya sedikit, karena kepotong bagian gubal dan bagian hati kayu. oleh karena itu bididaya kayu jati mas, dewasa ini mulai ditinggalkan.

Perbedaan Kayu Jati Rakyat dan Kayu Jati Perhutani

Perbedaan Paling mendasar antara Kayu Jati rakyat dan Perhutani adalah dari usia panen, serta tata cara Panen. 

Usia Panen Kayu

Usia Panen kayu Jati Perhutani minimal usia kayu 20 tahun, sementara Untuk akayu jati rakyat jarang yang mencapai Usia tersebut. Biasanya Masyarakat yang mempunyai Kayu Jati Usia 5 sampai 10 tahun sudah dipanen, sehingga kerapatan kayu belum  sempurna.

Tata Cara Penebangan

Dan juga tata cara Penebangan Kayu. Penebangan Kayu di Perhutani di lakukan pengkeratan Bagian batang Bawah, Hingga daun kayu mengering. Kurang lebih di butuhkan waktu 1 bulan sampai daung mengering, baru di lakukan penebangan. sehingga warna kayu yang keluar akan tampak cerah.

kayu Jati Perhutani

Kayu Jati Perhutani

Tampilan Kayu Jati Perhutani akan terlihat coklat tua dan Cerah, di sebabkan karena Penebangan yang tidak dilakukan secara langsung.

Kayu Jati rakyat

Kayu Jati Rakyat

Sementara Kayu Jati Rakyat, akan terlihat pada gambar, memiliki warna cenderung lebih pucat, dan serat kayu lebih terlihat jarang, karena belum cukup umur.



Produk dari kayu jati

Salah satu kelebihan kayu jati, adalah mudahnya kayu jati untuk di produksi.kayu jati tidak gampang gompal saat di potong dengan gergaji, Sehingga produk produk dari bahan kayu mjati sangat banyak variasinya, mulai dari Furniturem Kusen pintu,lantai kayu, Papan tangga, Dan produk lainnya. 
Memiliki produk dari kayui jati merupakan salah satu nilai investasi yang tinggi, karena kayu jati tidak akan rusak, atau di makan rayap. produk dari bahan kayu jati, makin lama usianya, makin tinggi harganya.

Produk Rekomendasi


Kami memiliki produk Lantai Kayu murah dari bahan kayu jati, Silahkan Klik link di bawah ini
Prorumah.com, merupakan salah satu website milik pt Rajawali Decoration yang memproduksi ragam produk berbahan dasar kayu jati.beberapa produk Unggulan dari kayu jati diantaranya :

lantai kayu jati

00 
Lantai Kayu Jati
Harga Mulai Rp 180rb/m2
kayu jati
Produk Lantai Kayu jati merupakan salah satu produk dengan peminat paling banyak saat ini, melihat dari kekuatan, dan urat kayu yang exotis,merupakan salah satu daya tarik tersendiri, terhadap produk Lantai Kayu dari bahan kayu jati. memang harganya relatif mahal, namun semua itu sebanding dengan nilai investasi,dan keindahan yang di dapatkan.


00
Papan tangga jati
Harga mulai Rp 200rb/pcs
kayu jati
Penggunaan Papan kayu untuk melapisi tangga, selain memberikan nilai keindahan, juga kenyamanan akan di dapatkan dengan menggunakan bahan dari kayu jati, telapak kaki akan terasa lembut dan hangat tatkala menginjak papan tangga dari kayu jati. tidak seperti penggunaan kramik yang akan menyebabkan licin, meskipun tidak menggunakan step noushing, tidak akan terasa licin di telapak kaki.

wa lantai kayuUntuk informasi harga produk dari bahan kayu jati hub ogie . 0811212031 atau langsung klik untuk chat via wa

Ringkasan dan cara pembelian 

showroom kayu jati
Menggunakan produk dari bahan kayu jati merupakan salah satu pilihan yang baik, dengan menggunakan lantai kayu jati, secara outo nilai investasi rumah anda akan langsung mengalami kenaikan. 
bagi anda yang membutuhkan produk produk kayu jati, bisa mendatangi showroom kami yang terletak di Jl.Rajawali Barat no.39 Bandung Ph. 022 5078505, atau menghubungi marketung kami yang nomornya tercantum di atas.