Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Inilah Bahan-bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus di Rumah

 

Bahan-bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus di Rumah

Siapa sih diantara kita yang merasa tidak geli saat berhadapan dengan seekor tikus? Ya, meski bukan termasuk hewan buas, namun pada kenyataannya banyak orang yang kocar-kacir dengan keberadaan tikus.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pada seekor tikus itu bisa membawa ribuan jenis bakteri dan kuman lho. Tentu saja kuman dan bakteri yang di bawa oleh para tikus dapat mengancam kesehatan kita.

Itu sebabnya, mengapa hewan pengerat yang satu ini senang berada di tempat-tempat kotor. Selain menjijikan, keberadaan para tikus di rumah juga kerap merusak berbagai perabotan maupun barang lainnya, seperti kursi, meja, pintu, hingga kabel yang tentu saja dapat memicu kebakaran akibat konsleting listrik.

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengusir tikus dari rumah. Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan membahas seputar beberapa bahan-bahan sederhana yang ampuh mengusir tikus.

Tanpa banyak panjang lebar lagi, mending kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus

1. Kulit Durian

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus - kulit buah durian

Mulai saat ini kamu jangan langsung membuang kulit buah durian setelah selesai menyantap dagingnya. Mengapa demikian? Pasalnya, kulit buah durian memiliki khasiat yang dapat mengusir tikus dari rumah berkat aroma menyengatnya.

Mengenai caranya, kamu hanya tinggal menyimpan potongan-potongan kulit duren ke area yang sering dilalui oleh kawanan tikus.

2. Bubuk Kopi

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus - bubuk kopi

Siapa saja pasti akan langsung tergoda saat mencium kenikmatan aroma kopi. Namun, aroma khas kopi ini sangat tidak disukai oleh para kawanan tikus lho.

Menurut informasi yang didapat, bubuk kopi hitam dianggap lebih efektif mengusir tius ketimbang menggunakan jenis kopi lainnya. Sebab, aroma pada bubuk kopi hitam ini lebih menyengat sehingga sangat tidak disukai oleh tikus.

Artikel Menarik Lainnya : Basmi Rayap Kayu Parket Dengan Cara Ini

3. Baking Soda

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus - baking soda

Biasanya serbuk putih yang satu ini kerap digunakan untuk membuat kue-kuean, roti, dan sebagainya. Tak hanya sekedar mengusir, ternyata baking soda ini juga dapat membunuh si tikus.

Dalam hal ini kamu harus menyediakan makanan yang menjadi kesukaan si tikus (contohnya roti). Setelah itu, silahkan taburkan baking soda tersebut kedalam roti, dan tunggu sampai si tikus memakannya.

Ketika roti tadi sudah dimakan, maka baking sodanya akan mulai bereaksi sehingga membuat si tikus tidak akan bisa mengeluarkan gas didaam tubuhnya.

Dengan begitu si tikus akan pergi ke area terbuka untuk mencari air, yang tak lama kemudian akan mati karena tidak bisa menahan kadar gas di tubuhnya.  

4. Daun Salam

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus - daun salam

Umumnya daun salam digunakan sebagai pelengkap pada bahan bumbu masakan, karena aromanya yang memang begitu sedap dicium. Namun, justru aroma sedap pada daun salam ini sangat tidak disukai oleh para tikus.

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, seekor tikus yang memakan daun salam akan mengalami kematian dalam beberapa waktu. Cara kerjanya pun sangatlah mudah, sediakan beberapa lembar daun salam kemudian letakkan pada tempat-tempat yang sering dilalui para tikus.

5. Daun Sirsak

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengusir Tikus - daun sirsak

Tak hanya daun salam, ternyata daun sirsak juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus secara alami. Berdasakan dari hasil penelitian, yang menyebutkan bahwa daun sirsak mempunyai zat perangsang yang nantinya akan menghasilkan aroma khas.

Nah, aroma khas dari daun sirsak tersebutlah yang sangat tidak disukai oleh para tikus. Dalam hal ini, kamu harus menumbuk dulu daun sirsaknya menjadi potongan-potongan kecil, lalu letakkan di area-area yang menjadi jalur tikus.

6. Lada Bubuk

tips alami mengusir tikus - lada bubuk

Bahan alami ampuh pertama yang bisa kamu coba untuk mengusir tikus dari rumah, yakni dengan menggunakan lada bubuk. Ya, bahan bumbu masakan yang satu ini memiliki aroma menyengat serta dapat menimbulkan efek panas, yang akan membuat si tikus kapok.

Cara kerjanya pun sangatlah mudah, dimana kamu hanya tinggal menaburkan saja lada bubuk tersebut pada area-area yang sering dilalui oleh tikus.

7. Menggunakan Kantung Teh Bekas

tips alami mengusir tikus - kantung teh bekas

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa segelas teh memiliki segudang manfaat untuk kehidupan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata ampas dari kantung teh ini bisa digunakan untuk mengusir tikus.

Namun, kondisi kantung teh bekasnya harus lembap agar dapat bekerja dengan efektif. Hal tersebut dikarenakan kandungan peppermint pada kantung teh, sehingga aromanya sangat tidak disukai oleh si tikus.

Baca Juga : CaraAlami Mengusir Kelabang di Langit-langit Kamar

Fakta Menarik Tentang Seekor Tikus

Hewan yang Cerdas

Ini dia salah fakta menarik dari seekor tikus yang jarang diketahui banyak orang. Dibalik indentitasnya yang terkenal jorok dan menjijikan, ternyata tikus ini merupakan hewan yang cerdas lho.

Hal itu terbukti, dimana tikus tahu kapan ia harus keluar mencari makan dan kapan waktunya untuk bersembunyi. Bahkan, tikus juga memiliki tingkat intelegensia yang cukup tinggi, sehingga dapat menganalisa situasi di sekitar dengan baik.

Tekstur tubuhnya yang cukup lentur, membuat tikus bisa dengan mudahnya menyelinap ke lubang-lubang maupun celah-celah sempit.

Ciri Fisik dan Perilaku

Ukuran tikus sangat bervariasi, mulai dari yang paling besar (bahkan ukurannya hampir menyamai kucing dewasa) hingga ke ukuran paling kecil. Menurut para peneliti, yang menyebutkan bahwa tikus adalah tipe hewan sosial yang suka berkumpul antar sesamanya.

Nah, ketika kamu menemukan seekor tikus di rumah, percayalah bahwa masih ada lagi kawanan lainnya yang bersembunyi. Tak hanya itu, tikus juga memiliki gigi yang cukup tajam sehingga gigitannya itu dapat merusak berbagai perabotan.

Makanan Para Tikus

Dalam urusan makanan, para tikus ini memanglah tidak rewel. Ya, mereka akan memakan apa saja makanan yang ditemuinya, seperti biji-bijian, daging, keju, buah-buahan, dan lain sebagainya. Bahkan, tak jarang pula para tikus ini memakan bangkai hewan lho.

Melihat pola makannya yang seperti demikian, maka tak heran jika keberadaan tikus di rumah menjadi ancaman bagi si penghuninya.

Usia Tikus

Menurut kabar yang beredar, rata-rata usia tikus itu hanya mencapai 2 tahun saja. Namun, hal itu juga tergantung pada factor pola hidup dan jenis tikusnya.

Penyakit yang Dibawa Oleh tikus

Inilah yang membuat kebanyakan orang merasa takut dengan keberadaan tikus. Adapun mengenai beberapa jenis penyakit yang diakibatkan oleh tikus seperti berikut :

1. Hantavirus Pulmonary Syndrome

Hantavirus Pulmonary Syndrome merupakan sebuah gangguan pernafasan yang termasuk kategori menular. Gejalanya biasa berupa flu yang dapat berkembang cepat. Biasanya, masalah ini dikarenakan seseorang telah menghirup udara yang terpapar oleh hantavirus akibat kotoran dan urine tikus.

2. Rat Bite Fever

Rat Bite Fever adalah penyaki yang disebabkan oleh gigitan langsung dari tikus pada tubuh. Atau, penyakit ini juga bisa disebabkan karena kita telah mengonsumsi makanan-makanan yang telah digigit si tikus sebelumnya.

3. Murine Typhus

Jenis penyakit berikutnya yang bisa dibawa oleh tikus, yakni Murine Typhus. Ya, hal itu dikarenakan tikus lebih suka berada di tempat-tempat kotor, sehingga pada kakinya sering membawa ribuan jenis bakteri dan kuman.

Demikianlah ulasan singkat mengenai cara mengusir tikus dan beberapa faktanya, sehingga bisa kita jadikan sebagai bahan penambah wawasan.