Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Bagaimana Cara Memilih Cat yang Sesuai Hunian? Ikuti Tips Ini

 

Cara Memilih Cat yang Sesuai Hunian

Saat ingin mendapatkan cat dinding yang sesuai dengan area dalam maupun luar ruangan, tentu saja kita harus memperhatikan kualitas dari cat itu sendiri. Dengan kata lain, kita harus memilih cat yang tingkat kesesuainnya dengan struktur dinding.

Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat warna cat dinding dapat mempengaruhi psikologis, suasana hati, hingga kondisi kesehatan si penghuniya lho. Itu sebabnya, mengapa memilih produk cat dan memberikan sentuhan warna yang tepat pada dinding rumah bisa membuat kita menjadi lebih nyaman, dalam beraktivitas maupun saat beristirahat.

Lalu, bagaimana cara memilih cat yang sesuai hunian? Nah, berikut di bawah ini ada beberapa tips dalam memilih warna cat dinding yang sesuai dengan hunian.

Tips Memilih Warna Cat Dinding

1. Pilih Produk Cat yang Sehat

Pilih Produk Cat yang Sehat

Perlu kalian ketahui, ada beberapa produk cat yang memiliki kandungan merkuri dan zat timbal. Menurut para pakar kesehatan ternama dunia, yang menyebutkan bahwa kedua zat tersebut bisa menimbulkan masalah untuk pernafasan, kerusakan pembuluh darah, penurunan kecerdasan otak anak, dan kanker.

Bahkan yang lebih gawatnya lagi, kedua zat berbahaya yang terkandung dalam beberapa produk cat tadi bisa memicu penyakit Alzheimer, gangguan saraf, hingga penyakit jantung lho! Lalu, bagaimanakah cara mengetahui produk cat yang tidak sehat dengan yang sehat?

Pada umumnya, produk cat yang tidak sehat itu memiliki aroma menyengat. Bahkan ketika catnya sudah diaplikasikan ke dinding, bau menyengat tersebut masih tetap terasa dalam beberapa hari. Ya, bau menyengat ini merupakan indikasi tingginya kandungan VOC (Volatile Organic Compound) di dalam produk cat.

Senyawa VOC itu sendiri berbentuk gas yang dipancarkan melalui bahan cair maupun padat. Penggunaan kadar VOC yang melebihi ambang batas, tentunya akan merubah cat dinding menjadi zat perusak kesehatan tubuh.

Apalagi jika produk cat yang bermerkuri tersebut di aplikasikan di dalam ruangan, sehingga aktivitas zat VOC-nya bisa meningkat dua hingga lima kali lipat dibanding di luar ruangan. Maka dari itu, pilihlah produk cat yang aromanya tidak menyengat.

Baca Juga : Mengintip Harga Keramik di Bandung

2. Pahami Mood yang Diinginkan

Pahami Mood yang Diinginkan

Sebelum akan memilih produk cat yang sesuai dengan hunian, pastikan dulu bahwa kamu sudah memahami mood yang ingin di buat pada setiap ruangan. Contohnya, untuk ruang tamu yang di desain dengan mood ceria sehingga akan membuat para tamu seakan-akan disambut oleh warna cat dinding.

Untuk menciptakan nuansa ceria di ruang tamu, maka pilihlah warna cat dinding yang terang seperti merah muda, hijau muda, dan kuning.

3. Sesuaikan Dengan Furniture

Sesuaikan Dengan Furniture

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa tingkat kenyamanan dalam sebuah hunian itu tergantung dari bagaimana kita merawatnya. Hal itu juga tentunya secara tidak langsung akan berhubungan dengan kesesuaian warna cat dengan furniture yang ada di dalam rumah.

Oleh karenanya, kamu harus mengkombinasikan warna-warna terang yang lembut seperti putih, cream, tembaga, dan kuning muda. Jika kebetulan alas ubin di rumahmu menggunakan lantai kayu parket, maka pilihlah cat yang warnanya seperti kayu agar tampak lebih serasi.

4. Sesuaikan Dengan Area

Sesuaikan Dengan Area

Selain harus menyesuaikan furniture, penting juga bagi kamu untuk memilih warna cat dinding yang sesuai dengan area. Seperti halnya cat yang akan diaplikasikan pada ruang makan, tentu saja harus berbeda dengan kamar tidur.

Umumnya cat dinding yang digunakan untuk kamar tidur itu berwarna kuat dan memberikan kesan redup, sehingga kamu akan merasa lebih tenang dan nyaman saat beristirahat.

Sedangkan untuk area dapur, biasanya cat dinding yang digunakan harus lebih cerah, seperti hijau, orange, dan kuning muda, agar tercipta nuansa enerjik.

5. Pilih Produk Cat Dengan Merk Ternama

Pilih Produk Cat Dengan Merk Ternama

Pastinya kamu sudah sering melihat iklan-iklan produk cat, entah itu di televisi maupun di layar smartphone. Nah, biasanya kualitas pada produk-produk cat yang ada di iklan tersebut sudah tidak perlu di ragukan lagi.

Adapun mengenai beberapa merk cat dinding terbaik yang direkomendasikan untuk kamu seperti di bawah ini :

  • No Drop

Untuk kamu yang dindingnya sering rembes atau mengalami kebocoran, maka cat No Drop merupakan pilihan yang paling tepat. Mengapa demikian?

Hal itu bukan tanpa alasan, dikarenakan cat No Drop adalah produk cat pelapis anti bocor yang memiliki sifat elastis, kedap air, dan tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim.

Sehingga tak heran, jika cat No Drop sangat cocok diaplikasikan pada semua jenis permukaan, seperti dinding, asbes, beton, galvanis, bahkan pada permukaan terakota. Untuk urusan harganya, cat No Drop ini dibanderol dengan kisaran Rp 40.000 – Rp 785.000.

Baca Juga : Rekomendasi Merk Cat Kayu Terbaik

  • Dulux Catylac

Di urutan kedua ada cat merk Dulux Catylac yang memang kualitas dan kepopulernnya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Produk cat yang satu ini telah dibekali dengan teknologi chroma-brite, serta tidak mengandung bahan merkuri berbahaya, sehingga sangat aman digunakan.

Lebih menariknya lagi, bahkan aromanya pun tidak terlalu menyengat setelah digunakan untuk mengecat dinding. Lalu, bagaimana dengan harganya?

Menurut informasi yang di dapat, cat tembok Dulux Catylac dibanderol dengan kisaran harga Rp 110.000 – Rp 1.020.000.

  • Jotun

Meski namanya tidak sepopuler merk-merk cat diatas tadi, namun kualitas cat Jotun ini juga tidak bisa dianggap enteng. Apabila kamu mempunyai anak yang hobi mencorat-coret tembok, maka cat Jotun ini menjadi jawabannya.

Pasalnya, cat Jotun tersebut sangat mudah dibersihkan dari berbagai kotoran serta memiliki sifat yang anti jamur. Bahkan cat Jotun juga mudah diaplikasikan dan kadar VOC-nya cukup rendah. Untuk urusan harganya, cat Jotun ini dibanderol dengan kisaran Rp 55.900 – Rp 1.198.500.

  • Decolith

Merk cat tembok terbaik berikutnya yang direkomendasikan untuk kamu, yakni Decolith. Produk cat yang satu ini benar-benar berkualitas dan ramah lingkungan, karena bahan dasarnya adalah air serta bebas timbal dan merkuri. Mengenai harganya, cat Decolith dibanderol Rp 107.000 – Rp 521.000.

  • Avitex

Bagi kamu yang ingin tampilan rumahnya tampak lebih hidup dan berestetika, maka cat Avitex ini adalah pilihan yang paling bijak. Sebab merk cat yang satu ini menyuguhkan formula baru, sehingga membuanya lebih tahan lama dalam mewarnai dinding rumahmu.

Bukan hanya itu, bahkan cat Avitex juga begitu mudah diaplikasikan bahkan untuk orang awam sekalipun lho. Menariknya lagi, cat Avitex sudah terbukti mudah dicuci saat kotor, cepat kering, hingga tidak akan mudah memudar.

Soal harganya, cat Avitex ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 29 ribu – Rp 499 ribuan.

Nah, itulah beberapa merk cat terbaik yang paling recommended.

Demikianlah ulasan singkat seputar cara memilih cat yang sesuai dengan hunian, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan referensi.