Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Pengertian Conwood Mulai Dari Fungsi dan Jenisnya

 

pengertian conwood

Pengertian conwood – Adakalanya kita sudah merasa bosan dengan desain interior maupun eksterior rumah yang begitu-begitu saja. Guna menghadirkan suasana yang lebih baru dan lebih hidup, tentunya membutuhkan sentuhan inovasi yang berbeda dari biasanya.

Conwood pun menjadi salah satu jenis material terbaru yang saat ini mulai banyak digandrungi oleh masyarakat. Hal itu bukan tanpa alasan, karena penggunaan material conwood dapat meningkatkan nilai estetika pada interior dan eksterior rumah.

Nah, secara kebetulan juga pada ulasan kali ini akan membahas seputar conwood mulai dari fungsi hingga jenis-jenisnya. Maka dari itu, simaklah baik-baik ulasannya di bawah ini.

Pengertian Conwood

Conwood merupakan material bangunan inovatif pengganti kayu solid yang terbuat dari campuran bahan semen dan fiber selulosa. Menurut kabar yang beredar, conwood ini dibuat melalui proses serta material yang ramah lingkungan.

pengertian conwood

Hal itu pun terbukti, dimana conwood dibuat dengan menggunakan teknologi tercanggih masa kini yang berasal dari Swiss. Dengan demikian, maka tak heran jika conwood mengusung tampilan seindah kayu dengan tekstur yang sekokoh beton.

Baca Juga : Apa Itu Lantai WPC...???

Bahkan yang lebih menariknya lagi, conwood juga menyediakan beragam pilihan aplikasi untuk kebutuhan dekorasi bangunan, seperti lisplang, plafon, lantai, dan lain sebagainya. Lantas, seperti apa sajakah kelebihan dan kekurangan dari material conwood...???

Kelebihan dan Kekurangan Conwood yang Harus Diketahui

Tentunya kita semua sudah tahu bahwa setiap material bangunan itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu pula dengan material conwood yang terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan seperti di bawah ini.

Kelebihan:

  • Menawarkan Harga yang Lebih Murah

Apabila dibandingkan dengan kayu solid, ternyata material conwood ini menawarkan harga yang lebih murah lho. Kendati harga yang ditawarkannya lebih murah, namun tingkat kekuatan dan keawetan conwood ini tidak kalah dengan kayu solid.

Baca Juga : Produk Lantai Kayu Murah Dari Bahan Kayu Asli (Harga Rp 200 Ribuan)

  • Menghadirkan Tampilan Seperti Kayu Solid

Dilihat dari segi tampilannya, sekilas produk conwood ini memang tampak seperti kayu solid atau kayu asli. Hal itu bukan tanpa alasan, karena conwood mengusung warna dan pola serat yang mirip dengan kayu solid. Dengan demikian, maka tak heran jika tampilan conwood dan kayu solid sangat sulit dibedakan.

  • Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Selain tahan terhadap serangan rayap maupun pelapukan, material conwood juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan cuaca ekstrim. Hal itu terbukti, yang mana conwood tidak akan mengalami pemuaian dan penyusutan meski terkena guyuran hujan maupun terik matahari secara bergantian.

  • Tahan Terhadap Api

Ini dia yang menjadi alasan mengapa conwood sangat cocok dijadikan alternative sebagai pengganti kayu solid. Sebab conwood tahan terhadap api, sehingga ia dapat memberi perlindungan yang efektif saat terjadi kebakaran.

  • Memiliki Daya Tahan yang Sangat Mumpuni

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa material kayu rentan terhadap serangan rayap dan pelapukan. Tentu saja permasalahan tersebut tidak akan berlaku bagi produk conwood, karena materialnya yang terbuat dari campuran bahan semen dan fiber seluosa.

  • Proses Pemasangan yang Cukup Mudah

Kelebihan selanjutnya dari material conwood yang harus kamu ketahui, yakni proses pemasangan conwood terbilag cukup mudah. Material conwood ini bisa dibor, dipaku, dan disekrup dengan mudah. Bukan hanya itu, bahkan conwood juga bisa digergaji dengan mudah layaknya kayu solid. Bahkan yang lebih menariknya lagi, proses perawatan conwood pun sangatla mudah lho.

  • Lebih Ramah Lingkungan

Seperti yang sudah disebutkan pada ulasan diatas tadi, bahwa material conwood terbuat dari campuran bahan semen dan fiber selulosa yang dihasilkan melalui proses serta komposisi ramah lingkungan. Tak hanya ramah lingkungan, conwood juga aman digunakan untuk kesehatan karena materialnya sudah terbukti bebas dari kandungan asbes maupun logam berat.

Kekurangan:

  • Tidak Tahan Terhadap Benturan

Meksipun tahan terhadap perubahan cuaca maupun api, ternyata material conwood ini tidak terlalu tahan terhadap benturan. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat bobot conwood yang lebih berat ketimbang material kayu.

Selain tidak tahan terhadap benturan, conwood juga rawan terhadap goresan benda-benda tajam. Oleh karena itu, berhati-hatilah saat melakukan proses pemindahan atau pemasangan conwood. Mempunyai

  • Bobot yang Lebih Berat

Mengingat bobot material conwood yang lebih berat dibanding kayu solid, tentu saja pada proses pemasangannya akan menguras banyak energy serta sehingga tidak bisa dikerjakan seorang diri. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, pastikan kerangka bangunan yang kamu gunakan itu kokoh dan kuat untuk menopang beban material conwood.

6 Jenis Conwood Beserta Fungsinya

1. Conwood Plank 2”

jenis Conwood Plank 2”

Jenis material conwood pertama yang akan dibahas, yakni berupa Conwood Plank 2”. Produk ini memiliki sifat multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, serta dapat memberikan tampilan modern pada semua jenis bangunan. Selain unggul dari segi tampilannya saja, Conwood Plank 2” ini juga sudah terbukti kokoh dan tahan lama.

Artikel Menarik Lainnya : Seperti Inilah Keunggulan dan Kekurangan Plafon GRC

2. Conwood Mould

jenis Conwood Mould

Jika dilihat dari segi fungsinya, Conwood Mould ini memang sangat mirip dengan plint. Hal itu bukan tanpa alasan, karena Conwood Mould memiliki fungsi utama sebagai penutup sambungan antara lantai dan dinding dengan sangat efektif. Selain dapat melindungi dinding bagian bawah, tentu saja penggunaan Conwood Mould ini juga dapat meningkatkan nilai keindahan interior rumah.

3. Conwood Lap Siding G-Series

jenis Conwood Lap Siding G-Series

Conwood Lap Siding G-Series ini bisa dibilang sebuah produk material yang multifungsi serta mudah dipasang untuk beragam kebutuhan dekorasi, baik pada dinding interior maupun eksterior. Dengan menggunakan Conwood Lap Siding G-Series, tentu saja tampilan rumahmu akan terkesan lebih mewah, elegan, dan natural.

4. Conwood Decorative Panel ECP

jenis Conwood Decorative Panel ECP

Produk Conwood Decorative Panel ECP sangat cocok diaplikasikan pada desain beton expose. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ia mempunyai 2 jenis ukuran dan memiliki tekstur dasar yang mirip dengan semen maupun beton.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, Conwood Decorative Panel ECP ini juga tidak perlu dicor dan siap pakai. Tentu saja jenis conwood yang satu ini cocok diaplikasikan pada bangunan industrial seperti rumah, galeri, café, dan bangunan komersil lainnya.

5. Panel Decorative Panel Rhythm

jenis Panel Decorative Panel Rhythm

Panel Decorative Panel Rhythm sangat cocok untuk desain dinding yang mengusung konsep artistic kontemporer. Ya, jelas demikian, sebab penggunaan produk ini bisa dimodifikasi sehingga membuat tampilan dinding menjadi lebih artistic dan tidak monoton.

Baca Juga : Inilah Beberapa Jenis Dinding Kayu Terbaik dan Terlaris Dipasaran

6. Conwood Decorative Panel 1” Stick

jenis Conwood Decorative Panel 1” Stick

Selanjutnya ada jenis Conwood Decorative Panel 1” Stick yang cocok diaplikasikan di berbagai jenis dinding secara vertical maupun horizontal. Biasanya Conwood Decorative Panel 1” Stick ini tampil dengan lekukan berbentuk huruf “U” yang unik sehingga dapat menghadirkan kesan dimensi pada berbagai jenis ruangan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai seluk-beluk dari material conwood, sehingga bisa kamu jadikan sebagai bahan perimbangan sebelum menggunakannya.