Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer
pro rumah

We're Profesional

Hubungi Kami
Selamat Berbelanja di Prorumah.com , Dapatkan garansi serta potongan harga menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu !!!

Ini Dia Tips Simple Dalam Memilih Pintu Untuk Rumah Minimalis

 

Tips Memilih Pintu Rumah

Tips Memilih Pintu Rumah – Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa ada banyak sekali istilah-istilah desain rumah. Untuk yang tinggal di daerah perkotaan, tentu saja kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah desain minimalis bukan?

Sebenarnya ada beragam cara yang dapat kita lakukan untuk memperindah tampilan rumah minimalis. Ya, salah satunya dengan mengaplikasikan jenis pintu minimalis.

Akan tetapi, dalam memilih jenis pintu minimalis itu tidaklah semudah yang dibayangkan lho. Hal itu bukan tanpa alasan, karena ada banyak sekali elemen serta factor yang melekat pada pintu sehingga harus dipertimbangkan dengan baik-baik.

Nah, secara kebetulan juga pada kesempatan kali ini akan memberikan beberapa tips simple dalam memilih pintu untuk rumah minimalis. Tanpa banyak panjang lebar lagi, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah  ini.

Tips Memilih Pintu Rumah Minimalis

1. Memilih Pintu yang Sesuai Dengan Ukuran

Tips Memilih Pintu Rumah - sesuaikan dengan ukuran

Hal penting pertama yang harus kamu perhatikan dalam memilih pintu untuk rumah minimalis, yakni menyesuaikan dengan ukuran. Pasalnya, antara pintu utama dengan pintu halaman belakang rumah memiliki ukuran yang berbeda.

Bukan hanya itu, bahkan ukuran pintu untuk kamar mandipun akan berbeda dengan ukuran pintu garasi rumah. Dalam hal ini, kamu jangan sampai memilih pintu yang ukurannya terlalu besar atau terlalu kecil. Dengan kata lain, pilihlah pintu yang ukurannya pas.

Baca Juga : 8 Model Pintu Satu Daun  yang Menginspirasi

2. Pilih Pintu yang Berdarsarkan Fitur

Tips Memilih Pintu Rumah - pilih berdasarkan fitur

Tak hanya berperan sebagai akses lintas untuk masuk dan keluar rumah, keberadaan pintu juga tentunya berfungsi sebagai unit pengaman rumah. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk mempertimbangkan soal fitur atau system keamanan yang terdapat pada produk pintu tersebut.

Pada sebagian besar rumah modern minimalis, biasanya penggunaan pintu dengan fitur canggih lebih banyak dipalikasikan ketimbang jenis pintu tradisional. Hal itu bukan tanpa alasan, karena pintu dengan fitur canggih dapat memberikan keamanan yang lebih maksimal ketimbang menggunakan pintu tradisional.

Adapun mengenai salah satu fitur canggihnya yang berupa system keamanan kunci, dimana ia sudah terkoneksi langsung dengan berbagai gadget melalui sambungan nirkabel seperti WiFi. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir lagi saat lupa mengunci pintu karena ia bisa dikunci dari jarak yang jauh.

3. Amati Warna dan Motif Pintunya

Tips Memilih Pintu Rumah - amati warna dan motifnya

Selain tingkat keamanan, kamu juga jangan sampai lupa untuk mempertimbangkan warna pintu yang akan digunakan. Agar tidak bertabrakan dengan konsep rumah minimalis, tentu saja kamu harus memilih pintu yang warnanya sesuai dengan warna rumah secara keseluruhan.

Sebenarnya konsep rumah minimalis itu selalu identik dengan warna-warna netral, seperti putih, abu-abu, dan lain sebagainya. Namun, saat ini sudah tersedia pintu minimalis dengan beragam varian warna sehingga bisa kamu pilih sesuai selera. Begitu juga dalam pemilihan motif pintunya yang harus disesuaikan dengan konsep rumah minimalis.

4. Pahami Jenis-jenis Material Pintu yang Ada di Pasaran

Tak berbeda jauh dengan material konstruksi pada umumnya, yang mana material pintu juga terdiri dari beragam jenis.

Tentu saja pada masing-masing jenis material pintu tersebut menawarkan ciri khas yang berbeda-beda, mulai dari manfaat, fungsi, bentuk, tingkat kekuatan, tingkat keindahan, harga, dan lain sebagainya. Adapun mengenai berbagai jenis material pintu rumah yang dapat kamu temui seperti dibawah ini:

Pintu Kayu

jenis pintu kayu

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa kayu merupakan salah satu material yang paling banyak digunakan untuk pintu. Hal itu bukan tanpa alasan, karena material kayu sangat mudah dijumpai di pasaran.

Tak hanya dapat digunakan di berbagai ruangan, bahkan pintu kayu juga dapat meninkatkan nilai estetika pada sebuah hunian. Adapun mengenai pintu kayu yang akan dibedakan kedalam dua tipe berbeda, yakni pintu kayu solid dan pintu kayu engineering.

Biasanya pintu solid cocok diaplikasikan untuk pintu utama maupun eksterior, sedangkan pintu kayu engineering sering digunakan sebagai pintu dalam atau interior. Terdapat beberapa jenis kayu terbaik yang kerap digunakan untuk bahan pembuatan pintu rumah, seperti kayu jati, kayu merbau, kayu bengkirai, hingga kayu manglid.

Baca Juga : Mengenal Fungsi dan Jenis Kayu Kaso

Pintu Fiberglass

jenis pintu fiberglass

Dari namanya saja sudah sangat jelas, dimana Fiberglass ini merupakan anyaman dari bahan kaca yang mempunyai bobot ringan, aman, serta kokoh. Bukan hanya itu, jenis pintu yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan tingkat insulasi tinggi sehingga membuatnya kuat terhadap perubahan cuaca ekstrim sekalipun.

Guna mempertegas nuansa keindahannya, kamu dapat menggabungkan pintu Fiberglass dengan pintu panel. Tak hanya cocok dijadikan sebagai eksterior, bahkan pintu Fiberglass juga sangat ideal dijadikan untuk interior.

Pintu PVC

pintu PVC

Istilah PVC ini merupakan singkatan dari poly vinyl chloride yang terbuat dari bahan plastik. Pada umumnya, material yang satu ini kerap kita jumpai pada produk pipa paralon (pipa saluran air).

Tak hanya menawarkan harga yang relative terjangkau, pintu PVC pun memiliki daya tahan yang cukup mumpuni. Dari segi spesifikasinya, pintu PVC ini memang tidak terlalu tahan terhadap perubahan cuaca. Tak hanya itu, tampilan pintu PVC pun terkesan monoton sehingga kurang cocok digunakan sebagai pintu utama

Pintu uPVC

pintu uPVC

Material uPVC ini boleh dibilang merupakan bentuk pengembangan dari bahan PVC. Sehingga tak heran jika tingkat kekuatan pintu uPVC lebih bagus dari pintu PVC. Pasalnya, material uPVC yang memang lebih kaku dank keras.

Biasanya pintu uPVC sering diaplikasikan untuk pintu depan rumah, karena karakteristiknya yang tahan terhadap air dan perubahan cuaca.Tak hanya dijadikan sebagai pintu rumah, bahkan material uPVC juga kerap digunakan untuk bodi pesawat terbang.

Artikel Menarik Lainnya : Tips Memilih Sofa Agar Sesuai Dengan Hunian

Pintu Aluminium

pintu aluminium

Ngomong-ngomong soal material pintu yang tahan terhadap serangan rayap, maka bahan Aluminium ini adalah jawabannya. Selain tahan serangan rayap, jenis material pintu yang satu ini juga sudah terbukti tahan terhadap perubahan iklim di Indonesia.

Mengenai fungsinya, pintu Aluminium ini sering digunakan untuk pintu gudang atau kamar mandi. Hal itu bukan tanpa alasan, karena tampilan pada pintu Aluminium ini terkesan sangat sederhana sehingga dinilai kurang cocok dijadikan sebagai pintu utama (eksterior).

Pintu Kaca

pintu kaca

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa pemasangan pintu yang berbahan kaca mampu menghadirkan nuansa yang lebih mewah dan elegan. Itu sebabnya, mengapa pintu kaca sering kita jumpai pada perumahan-perumahan modern.

Agar orang dari luar tidak bisa melihat kedalam rumah, maka kamu bisa menambahkan sandblast sehingga tidak tembus pandang. Biasanya pintu kaca sering diaplikasikan untuk pintu utama maupun pintu menuju taman.

Nah, seperti itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan dalam memilih pintu untuk rumah minimalis.